Logo
Print this page

ESA The Series

Pengurus al Kahfi dan perwakilan dari Universitas Al Azhar Indonesia Pengurus al Kahfi dan perwakilan dari Universitas Al Azhar Indonesia

ESA di Jabodetabek

Bekerja sama dengan Universitas Al Azhar Indonesia, Yayasan Al Kahfi menyelenggarakan Emotional Spiritual Achievement (ESA).

Acara yangmengundang siswa/siswi dari SMA/SMK selama 2 hari ternyata mendapat respon positif. Sambutan masyarakatpun juga sangat antusias dengan kehadiran ESA. Hal ini dapat dilihat dari keikutsertaan peserta yang terus bertambah setiap kali penyelenggaraannya. Pada pelaksanaan ESA ke-1 bulan Mei 2011 diikuti 400 pelajar dari 26 SMAN/SMKN se Jabodetabek, sedangkan ESA ke-2 diadakan pada November 2011 telah diikuti 600 pelajar dari 29 sekolah. ESA angkatan ketiga pun tak kalah dari ESA sebelumnya. ESA ke-4 merupakan ESA terakbar dengan hampir 1000 peserta. Dalam acara ini hadir pula  Rektor UAI Prof DR Zuhal,  Dekan FISIP UAI  Prof DR H Yahya A Muhaimin dan Sekretaris Umum MUI DKI Jakarta dan Penasehat Yayasan Al Kahfi Jakarta  H Syamsul Ma’arif, MA. Selain itu, ESA angkatan keempat ini juga mendapat kehormatan dengan kehadiran Bapak M Nuh (Menteri Pendidikan Nasional).  

Sarat hikmah dan pelajaran, Pak Nuh menjelaskan pentingnya mempersiapkan generasi muda dibawah usia 25 tahun. Karena mereka yang akan nantinya mengantikan kita dan menyelesaikan masalah-masalah bangsa. Beliau juga menyampaikan, “Saya sangat berterima kasih kepada yayasan al Kahfi dan Universitas Al Azhar yang ikut mempersiapkan generasi usia dibawah 25 tahun melalui acara pelatihan ESA ini."

Dengan semakin banyaknya jangkauan ESA terhadap siswa/siswi SMA/SMK semoga bisa membentuk generasi bangsa yang cerdas, beriman dan bertakwa sejalan dengan cita-cita pendidikan bangsa.

ESA di Malang dan Surakarta

ESA yang diselenggarakan Al Kahfi di Malang juga mendapat sambutan yang cukup meriah. Bekerjasama dengan dosen sosiologi Unibraw  sebagai wujud pengabdian masyarakat, Sejak tahun 2011 Al Kahfi bekerjasama bersama Unibraw menyelenggarakan ESA 5 kali. Pada bulan April 2012 terselenggara ESA tingkat 2 dengan peserta dari SMA/SMK Malang, Lamongan, Kediri dan Mojokerto.

Emotional Spiritual Achievement (ESA) juga di selenggarakan di Surakarta dengan diikuti oleh sekolah SMA/SMK di Surakarta dan Klaten. ESA ini diselenggarakan pada tanggal 23 dan 25 November 2011 di Gedung Auditorium Mohamad Djasman Universitas Muhammadiyah Surakarta & Gedung Ruang Kuliah PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta. Acara ini juga disambut antusias oleh pelajar Surakarta. Dengan jumlah peserta 219 peserta.  

ESA kali ini dihadiri juga oleh Bapak Dr. Muh. Mu’inudillah,M.A, Lc., selaku ketua progdi Magister Pendidikan Islam dari Universitas Muhammadiyah Surakarta sertaBapak Kelik dari Dikpora Surakarta. Pada bulan April lalu juga terselenggara kembali ESA di STIE Swasta Mandiri dengan peserta yang tidak hanya dari Surakarta tetapi juga dari Tegal.

Bekerjasama dengan universitas

ESA yang merupakan program unggulan dari Al Kahfi senantiasa bekerjasama dengan universitas ataupun sekolah tinggi yang tersebar di berbagai kota. Sebagaimana kerjasama yang pernah terselenggara di Universitas Al Azhar Indonesia, dosen  Universitas Brawijaya Malang, Universitas Muhammadyah Surakarta, dan STIE Swasta Mandiri.

Al Kahfi juga bekerjasama dengan HIMA Politeknik Negeri Semarang. Berbeda dengan kegiatan ESA yang dihadiri oleh pelajar SMA/SMK, kegiatan di HIMA Polines ini diikuti oleh mahasiswa ekonomi syariah. Bahkan, rencanya akan dijadikan sebagai kegiatan tahunan di sana.

Kegiatan ini sebagai wujud dari upaya Al Kahfi berkontribusi pada pendidikan dan pembinaan moral beriringan bersama lembaga-lembaga pendidikan terkait. Tidak saja lingkungan sekolah menengah tetapi juga Universitas yang sangat berperan penting dalam melahirkan generasi intelektual bangsa.

Ke depan, Al Kahfi akan terus berupaya mengembangkan program kerjasama dengan berbagai universitas, dengan harapan bisa terus berjalan seiring dan saling membangun dalam melahirkan generasi muda yang berkarakter, cerdas dan bermoral.

Last modified onWednesday, 27 June 2012 04:47
Rate this item
(14 votes)
Template Design © yayasanalkahfi. All rights reserved.