Ramadhan SMAN 97 Jakarta Bersama Yayasan Al Kahfi

Salah satu kegiatan dalam Pesantren Ramadhan SMAN 97 Jakarta 1433 H Salah satu kegiatan dalam Pesantren Ramadhan SMAN 97 Jakarta 1433 H

Jakarta, 6-7 Juli 2012 - Yayasan Al Kahfi bermitra dengan SMAN 97 Jakarta Selatan menyelenggarakan “Pesantren Ramadhan 1433 H” bertajuk “Jadikan Ramadhan sebagai Momentum Islamic Character Building” di gedung sekolah SMAN 97, Jl. Brigif II Ciganjur Jaksel.

Sebelum pembukaan diadakan tadarus Al Quran bersama seluruh siswa SMAN 97 dan dilanjutkan dengan pembukaan. Acara dibuka oleh Kepala SMAN 97 Jaksel, Drs. Muzayyin yang menekankan Visi SMAN 97 yakni Meningkatkan prestasi dalam bidang akademik & non akademik dengan bertitik tolak pada Iman dan Taqwa. Salah satunya SMAN 97 mengembangkan program-program Character Building dengan basis nilai-nilai keIslaman yang nantinya diharapkan menjadi salah satu khas yang dikenal masyarakat dari SMAN 97 adalah siswa nya memiliki kepribadian Islami dan memiliki kecerdasan Emotional Spiritual Achievement. Beliau juga berpesan mengutip hadits Rasulullah SAW. beliau berterima kasih kepada seluruh panitia dan guru, serta Yayasan Al Kahfi yang telah ikut merancang dan membantu pelaksanaan program Character Building ini. Dilanjutkan dengan sholat Dhuha bersama-sama.

Kepala SMAN 97 Jaksel, Drs. Muzayyin Peserta mengikuti pembukaan Pesantren Ramadhan

Acara berikutnya dilanjutkan dengan pemberian materi tentang akidah dan akhlak dari bapak-ibu Guru SMAN 97. Alhamdulillah motivasi di pagi hari meningkatkan semangat siswa kelas X dalam menyongsong pesantren Ramadhan 1433 H ini. Tepat pukul 09.30 materi Pelatihan Emotional Spiritual Achievement (ESA) hari pertama, dengan team leader kak Dody Wijaya, tema: “Ma’rifatullah: Menghayati kebesaran Allah dengan Tinjauan Ilmu Pengetahuan”. Dengan Instruktur: Ustadz Nanang Qomaruzzaman, Ust Imron Hamzah, Ust Moch Hafidz, Ust Yudi A Harianto, Ust Johar Indra S, Ust Cahya Dika, Ust Ahmad Ridhoi, Ust Sutriono dan Ust Jamaludin Akbar Al Farisy. Acara berjalan begitu seru, antusias, dan mampu menggugah kesadaran siswa untuk menghayati kebesaran Allah.

Materi hari pertama oleh Ust. Yudi A Harianto Materi hari kedua oleh Ust. Andriansyah

Hari kedua, dilanjutkan dengan pembukaan tadarus bersama di masjid SMAN 97, kemudian Motivasi dari pembina Rohis serta penampilan Rohis SMAN 97, dan dilanjutkan dengan Sholat Dhuha bersama. Setelah tahajud bersama dilanjutkan dengan pemberian materi di hari kedua oleh bapak dan ibu guru tentang tema akhlak dan akidah, motivasi dan inspirasi yang luar biasa dari bapak ibu guru.

Kemudian tepat pukul 09.00 dilanjutkan dengan trainer/ instruktur dari Yayasan Al Kahfi yang menyampaikan materi “Ma’rifatul Islam: Mengenal Islam sebagai Dinnul Haq”. Dengan instruktur: Ustadz Teguh Prasetyo, Ust Rizaldi Fahrullah, Ust Dani Pradipta, Ust RH Andriansyah, Ust Chandra, Ust Agung Teguh P, Ust Ahmad Nizar, dan Ust Deni Setiawan. Penyampaian materi yang dilakukan dengan diskusi dan sosiodrama memancing curiositas siswa untuk mengenal dan menghayati lebih dalam Tuhan dan Islam. Alhamdulillah materi berjalan dengan lancar dengan kesimpulan agama Islam sebagai agama yang haq dan terbukti bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya secara Ilmiah baik konsep Ketuhanan, Kenabian, maupun Kitab Sucinya.

Setelah itu forum dilanjutkan dengan muhasabah peserta diajak untuk benar-benar menghayati kehidupan masa lalunya, misalnya, tentang dirinya dalam menghargai waktu, menuntut ilmu agama, sikapnya terhadap ajaran Allah, terhadap orang tua, ayah, ibu, saudara dan kawan-kawannya. Lalu mereka diajak untuk bersama-sama memohon ampunan kepada Allah tentang segala kekeliruannya dimasa lalu. Muhasabah semacam ini dapat membangkitkan kesadaran mereka untuk bertaubat dan berbuat baik. Berdasarkan pengalaman ada peserta yang selama renungan meneteskan air mata, ada yang menangis dengan air mata yang deras. Ditutup dengan pemberian award pelajar paling aktif dalam diskusi dan kelas teraktif dalam forum dan motivasi dari Pembina Rohis Bu Dewi dan Penutupan yang diwakili oleh Pembina OSIS Drs Hasan, mewakili bapak Kepala Sekolah.

REKAPITULASI UMUM ANGKET PESERTA KEGIATAN PESANTREN RAMADHAN 1433 H PELATIHAN EMOTIONAL SPIRITUAL ACHIEVEMENT (ESA)

"""""

Last modified onTuesday, 14 August 2012 16:10
Rate this item
(4 votes)
  • alfian

    Semangat Ya Mas Mas dan Mbak Mbak ku :D

    Saya Dari Surabaya Nyumbang Doa dan Finansial (doakan rejeki lancar . . Aminn :D ). Semangat rek dakwahnya. . Hebat! Saya iri sama kalian :D

    posted by alfian Monday, 13 August 2012 23:25 Comment Link
  • Farelin

    Ini kan sekolah yang beberapa oknum alumninya saya pernah baca membuat blog yang menjelek-jelekkan alkahfi.. Ternyata benar-benar hanya oknum ya.. syukurlah..

    posted by Farelin Monday, 13 August 2012 16:42 Comment Link

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel