Logo
Print this page

Qurban 1433 H - Kepedulian yang Nyata

Idul Adha, selalu menjadi momen yang ditunggu oleh masyarakat semua kalangan. Bukan hanya pembagian daging kurban, tetapi lebih tentang menguapnya kepedulian masyarakat.

Mereka yang lebih berlomba-lomba berkurban, dan bersama dengan masyarakat lainnya, beriringan mengumandangkan takbir dan mengelola hewan kurban. Ibadah idul adha bukan hanya tentang ibadah hablum minnallah, tetapi juga hablum minannas. Justru spirit utamanya adalah tentang empati sosial.

Dengan spirit tersebut, Yayasan Al Kahfi beserta dermawan masyarakat melaksanakan idul adha pada 10-11 Dzulhijah, serentak di seluruh cabang di Indonesia. Kegiatan ini melibatkan seluruh aktivis Al Kahfi, siswa-siswa binaan Al Kahfi, masyarakat sekitar dan dermawan muslim di seluruh lingkup Al Kahfi berada. Mereka tumpah ruah bersama-sama menyembelih, memotong dan membagikan daging kurban ke masyarakat sekitar yang membutuhkan. Sungguh suasana yang indah, kala perbedaan sosial melebur menjadi satu dalam jembatan Islam. Yayasan Al Kahfi di seluruh Indonesia menyembelih 22 sapi dan 163 Kambing berkat dukungan dari masyarakat Indonesia.

Idul Adha mengajarkan tak sekedar ketundukan ilahi, tetapi lebih-lebih adalah berempati pada sosial. Kita perlu berterima kasih pada Islam yang melalui idul adha ini, diingatkan tentang nilai empati sosial pada masyarakat tempat kita hidup. Empati sosial dalam idul adha ini tidak hanya mengajarkan tentang semangat solidaritas, tetapi juga kerelaan untuk berkorban yang disimbolkan dengan hewan kurban. Mental kita dilatih beberapa kali dalam Islam untuk menumbuhkan empati sosial dan sering ditegaskan dalam Al Quran. Sudah seharusnya, kita membalasnya dengan terus memupuk empati dan ‘berkurban’ untuk mengangkat masyarakat tidak berhenti hanya pada momen idul qurban saja.

Tak lupa, kami mengucapkan terima kasih pada dermawan masyarakat yang tak pernah berhenti memberikan dukungan pada Al Kahfi. Mereka semualah yang menjadikan kepedulian nyata.

Last modified onMonday, 29 October 2012 19:58
Rate this item
(1 Vote)
Template Design © yayasanalkahfi. All rights reserved.