Logo
Print this page

Akhirnya NII Crisis Center (NCC) Meminta Maaf Kepada Yayasan Al Kahfi

NII Crisis Center (NCC) Meminta Maaf Kepada Yayasan Al Kahfi Terkait Artikel Yang Diposting di Website NCC NII Crisis Center (NCC) Meminta Maaf Kepada Yayasan Al Kahfi Terkait Artikel Yang Diposting di Website NCC

NII Crisis Center (NCC) akhirnya meminta maaf kepada Yayasan al-Kahfi atas pemberitaan dan/atau pemuatan beberapa artikel melalui Website NII Crisis Center selama beberapa bulan pada tahun 2012, yang dapat menimbulkan kesan dan persepsi yang negative bahwa Yayasan al-Kahfi dipersamakan dengan gerakan NII.

Melalui beberapa artikel website NCC yang berjudul “Rohis diguncang al-Kahfi atau dikenal Islamic Center (al-Kahfi antara JIL dan NII), Nasib NII dan Modus Barunya Kini, dan Metode Perang NII Modern Menggunakan Gerakan al-Kahfi”, dimana isi/substansinya secara langsung atau tidak langsung telah menyerang nama baik dan kehormatan pribadi pengurus dan/atau Yayasan al-Kahfi dan Cabang-Cabang al-Kahfi di berbagai kota/kabupaten di Indonesia. Terbukti bahwa tulisan-tulisan artikel tersebut telah menimbulkan resistensi dan mispersepsi masyarakat terhadap Yayasan al-Kahfi di berbagai daerah. Sehingga tidaklah berlebihan serta sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, jika Yayasan al-Kahfi meminta penjelasan, klarifikasi atau hak jawab atas berbagai artikel yang dimuat dalam website NII Crisis Center yang tidak didasarkan pada fakta-fakta dan data-data yang obyektif dan valid, serta terkesan tanpa cover both side telah memposting ulang tulisan Danu Wijaya dan Atien Aishiteru yang berjudul “Rohis diguncang al-Kahfi atau dikenal Islamic Center” yang jelas-jelas menyerang nama baik Yayasan al-Kahfi dan 2 artikel lain terkait Yayasan Al Kahfi.

Terhadap pihak NII Crisis Center, sebenarnya Pengurus Yayasan al-Kahfi, khususnya Cabang Jakarta Selatan telah melakukan beberapa kali dialog dan tabayyun untuk mengklarifikasi muatan artikel website NCC yang berpotensi mendiskreditkan Yayasan al-Kahfi dengan fitnah sebagai NII. Muatan artikel di website NCC tersebut, dalam pandangan Pengurus Yayasan al-Kahfi cenderung dapat memperkeruh persoalan dan bahkan mengaburkan dari substansi pokok permasalahan, yaitu adanya kompetisi dakwah di tingkat pelajar/sekolah antara kelompok dakwah tertentu dengan Yayasan al-Kahfi di Jakarta, bukan masalah NII yang dituduhkan kepada Yayasan al-Kahfi.

Dialog pertama dilakukan pada saat al-Kahfi dan NCC diundang sebagai pembicara dalam seminar “Duta Perdamaian dan Anti Radikalisme”, pada tanggal 4 Oktober 2012, dimana NCC berjanji untuk menghapus artikel yang memfitnah al-Kahfi. Pada tanggal 22 November 2012, al-Kahfi menyampaikan protes kepada NCC terkait beredarnya isu bahwa al-Kahfi sama dengan NII, yang dilakukan oleh Ketua Ikatan Rohis Jabodetabek (salah seorang pelajar kelas XII SMUN di Bekasi) yang didasarkan pada informasi dari website NCC. Akhirnya disepakati untuk dilakukan tabayun antara al-Kahfi dengan NCC.

Tabayun pertama dilakukan pada tanggal 23 November 2013, bertempat di Masjid at-Taqwa Pasar Minggu Jakarta Selatan. Dimana Yayasan al-Kahfi meminta klarifikasi dan permintaan maaf dari pihak NCC serta menghapus semua artikel yang memfitnah al-Kahfi. Dalam tabayun pertama ini disepakati untuk menuangkan hasil tabayun dalam akta perdamaian. Pada Tabayun kedua, yang dilakukan pada tanggal 28 Desember 2012 bertempat di Masjid at-Taqwa Pasar Minggu, telah dicapai kesepakatan mengenai draf dan revisi draf akta perdamaian.

Baru kemudian pada tabayun ketiga, yang dilakukan pada tanggal 4 Januari 2013, pihak NCC dan Yayasan al-Kahfi (diwakili Cabang Jakarta Selatan) melakukan penandatanganan akta perdamaian dan klarifikasi NCC atas berbagai artikel/pemberitaan yang selama ini telah menyudutkan dan sekaligus memfitnah/mencemarkan nama baik Yayasan al-Kahfi. Akta perdamaian yang ditanda tangani langsung oleh Ketua NCC, Sukanto, S.IP., dan Wakil Ketua Yayasan al-Kahfi Jakarta Selatan, adalah sekaligus permintaan maaf NII Crisis Center (NCC) kepada Yayasan al-Kahfi, dan meminta kepada semua pihak untuk tidak menyebarkan artikel-artikel dari website NCC yang memfitnah al-Kahfi karena berpotensi menimbulkan salah persepsi dan konflik kepentingan (persaingan dakwah pelajar/sekolah) oleh pihak-pihak yang tidak sejalan dengan Yayasan al-Kahfi.

Dengan permintaan maaf dari NCC dan sekaligus kesepakatan serta penandatanganan Akta Perdamaian antara Yayasan al-Kahfi dengan NII Crisis Center, telah membuktikan bahwa: Pertama, Yayasan al-Kahfi adalah lembaga dakwah dan sosial-keagamaan yang sama sekali tidak terkait langsung atau tidak langsung dengan gerakan NII, sebagaimana yang pernah dimuat dalam website NII Crisis Center dan menjadikan NII Crisis Center sebagai alat kepentingan oleh pihak-pihak yang berkonflik dengan al-Kahfi. Kedua, bahwa pokok permaslahan yang terjadi antara Yayasan al-Kahfi, khususnya Cabang Jabodetabek dengan beberapa alumni Rohis di SMU di Jabodetabek adalah dilatarbelakangi adanya persaingan dakwah di tingkat pelajar/sekolah serta kecemburuan terhadap keberhasilan Yayasan al Kahfi mengadakan program dakwah di sekolah-sekolah, yang pada faktanya bahwa dakwah yang dilakukan oleh al-Kahfi lebih mendapatkan respon yang positif dari berbagai pihak, baik dari para pelajar, sekolah, kepala Dinas Pendidikan dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), khususnya di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor dan berbagai kota-kota lainnya.

Pada akhirnya, dengan permintaan maaf dan penandatanganan kesepakatan Akta Perdamaian antara Yayasan al-Kahfi dengan NII Crisis Center (NCC), dapat menjadi hikmah positip bagi peningkatan Ukhuwah Islamiyah dan sekaligus saling pemahaman antara Yayasan al-Kahfi dengan lembaga-lembaga dakwah dan ke-Islaman yang lainnya di waktu-waktu yang akan datang, dan semaksimal mungkin untuk mencegah penggunaan cara-cara fitnah yang melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berikut hasil tabayyun NII Crisis Center kepada Yayasan al Kahfi Jakarta Selatan yang di posting di website NII Crisis Center: http://www.nii-crisis-center.com/home/segmentasi/47-kesaksian/367-alkahfi.html pada tanggal 07 Januari 2013.

Last modified onSaturday, 16 February 2013 08:22
Rate this item
(17 votes)
Template Design © yayasanalkahfi. All rights reserved.