Pasar Murah Yayasan Al Kahfi Cabang Malang Dihadiri Ratusan Warga

PASAR MURAH: Pengurus, Anak Asuh dan Pejabat Setempat dalam Kegiatan Pasar Murah Yayasan Al Kahfi Malang PASAR MURAH: Pengurus, Anak Asuh dan Pejabat Setempat dalam Kegiatan Pasar Murah Yayasan Al Kahfi Malang

Malang, 26 Februari 2013 bertepatan dengan hari selasa terlihat banyak warga masyarakat dan anak-anak berkumpul Jl. Embong Brantas, Kelurahan Kidul Dalem, Kota Malang.

Pagi itu, tidak kurang 150 an bapak, ibu dan anak-anak berdatangan di kantor Sekretarian Yayasan Al Kahfi Cabang Malang. Mereka semua turut hadir dalam rangka memenuhi undangan dari Yayasan Al Kahfi dalam acara Bakti Sosial yang bertajuk “Indahnya berbagi dalam kegiatan Pasar Sembako Murah”. Kegiatan yang oleh warga Embong Brantas lebih dikenal dengan sebuta Pasar Murah ini merupakan program pasar murah pertama bagi Yayasan Al Kahfi Cab Malang.

Program semacam ini sejatinya diwujudkan sebagai bentuk partisipasi Yayasan Al Kahfi Cab Malang dalam berusaha untuk mensejahterakan lingkungan sekitarnya dengan melakukan bakti sosial pemberian subsidi harga bahan pokok kepada masyarakat Embong Brantas untuk meringankan beban kehidupan bagi masyarakat yang kurang mampu, yatim, dan piatu. Sekaligus membantu program pemerintah dalam rangka pengentasan kemiskinan sesuai dengan ajaran Islam melalui usaha-usaha yang halal dan tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Kepala Lurah Kidul Dalem Bpk. Dedy Tri Wahyudi Peserta Pasar Murah 2013 Al Kahfi Kota Malang

Kondisi masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Brantas bisa dikatakan memprihatinkan, karena banyak yang hidup digaris kemiskinan. Pendapatan masyarakat di daerah Embong Brantas dikatakan tidak menentu, banyak dari mereka yang bekerja serabutan. Rata-rata masyarakatnya banyak yang tidak dapat memenuhi kebutuhan primer dengan baik. Selain itu masyarakat yang tinggal di bantaran sungai juga memiliki pola hidup yang kurang bersih dan sehat, dimana susunan dari pemukiman mereka sangat rapat.

Acara yang rencananya akan dibuka oleh Wakil Walikota Malang Bpk. Drs. Bambang P. Utomo, Bsc. ini telah menyiapkan kurang lebih 150 paket. 110 paket untuk warga dhuafa’, dan 40 paket untuk siswa-siswi santunan dan binaan. Selain Paket Sembako Murah ini, Ketua Yayasan Al-Kahfi Kota Malang menyerahkan bantuan Beasiswa Pendidikan untuk 15 siswa kepada perwakilan SDN Kidul Dalem 2 serta Beasiswa Prestasi kepada adik Viska Fatmala dan Boby Penaloza yang masing-masing meraih rangking 1 dan 3 pada semester lalu.

Penampilan Tari Saman Aceh Oleh Adik-adik binaan Pemberian Beasiswa Prestasi oleh Ir. Bambang Suahariyadi

Dalam pelaksanaanya ternyata Bapak Wakil Walikota berhalangan hadir dan diwakili oleh Staf Ahli Walikota Bidang Koperasi Pemkot Malang Bapak Ir. Bambang Suhariyadi untuk memberikan kesan dan sambutan sebagai pembuka acara. Dalam sambutannya Beliau menyatakan dukungannya terhadap kegiatan ini, karena permasalahan pengentasan kemiskinan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan kedepannya akan terjalin kerjasama antara pemerintah dan lembaga masyarakat untuk bersama-sama dalam mencapai tujuan tersebut.

Acara yang diliput oleh Harian Radar Malang dan ulasannya terbit pada tanggal 27 Februari 2013 ini dihadiri pula oleh Bapak Dedy Tri Wahyudi selaku Lurah Kidul Dalem, Kasi Pembangunan Kecamatan Klojen, Bapak/Ibu Guru Undangan dan warga lingkungan RW 7 Embong Brantas.

Pemberian paket sembako oleh Ir. Bambang Suhariyadi
Pemberian cinderamata Al Kahfi Kota Malang

Mengiringi berjalannya acara Pasar Murah, banyak juga hiburan yang disuguhkan untuk memeriahkan suasana. Semua hiburan dipersembahkan oleh adik-adik siswa santunan dan binaan Yayasan Al-Kahfi Kota Malang. Selain menyanyi, juga ditampilkan Tari Saman Aceh serta Musikalisasi Puisi oleh adik Andin dan Viska. Yang istimewa, puisi ini dibacakan dalam 2 bahasa yakni Indonesia dan Inggris.

Dijumpai Secara Terpisah, Ketua Yayasan Al Kahfi Cab Malang Nova Kristianto menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga atas bantuan dari Bapak/ Ibu Dermawan karena program-program Yayasan Al Kahfi Cab Malang tidak akan dapat berjalan sukses tanpa adanya dukungan dari Bapak Ibu Dermawan sekalian. Semoga, dengan adanya kegiatan Pasar Murah ini, akan menjadi motivasi kita bersama untuk senantiasa terus meningkatkan amaliyah kita didunia untuk berjuang dan mendapatkan ridho Allah SWT. Di akhir sambutannya, Nova Kristianto menyampaikan harapannya kedepan akan semakin banyak masyarakat yang lebih mengenal Yayasan Al-kahfi Kota Malang sehingga nantinya diharapkan akan dapat terjalin silaturahmi dan dapat bersama-sama ikut berperan serta dalam membangun masyarakat khususnya Kota Malang.

Last modified onFriday, 21 June 2013 06:12
Rate this item
(6 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel