Ramadhan Super Camp Training (Pesanten Kilat) SMAN 28 Jakarta

Tempa Mental Religius: Ramadhan Super Camp Training SMAN 28 Jakarta Kerjasama dengan Yayasan Al Kahfi Tempa Mental Religius: Ramadhan Super Camp Training SMAN 28 Jakarta Kerjasama dengan Yayasan Al Kahfi

Jakarta – Kegiatan Pesantren Kilat yang diadakan SMAN 28 tahun ajaran 2013-2014 hari selasa-rabu tanggal 23-24 Juli 2013 bekerjasama dengan Yayasan Al Kahfi.

Program ini merupakan implementasi perencanaan dan konsep pesantren kilat yang dipadukan dengan training ESA (Emotional Spiritual Achievement) program unggulan Yayasan Al Kahfi yang telah mendapat rekomendasi Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Majelis Ulama Indonesia Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan ini diadakan 2 hari 1 malam, menginap di sekolah dengan memadukan konsep acara pemberian materi, peningkatan ibadah wajib dan sunnah, buka puasa bersama siswa dan guru, qiyamul lail, dan tarawih bersama. Alhamdulillah semua kegiatan berjalan dengan lancar dan memberikan kesan mendalam di peserta.

Kegiatan di hari Selasa (23/07) dimulai dengan acara pembukaan di Masjid Baiturrahman SMAN 28 Jakarta. Sebelum pembukaan acara diadakan acara diskusi dan paparan konsep kegiatan dari Yayasan Al Kahfi, DR Samsul Ma’arif, MA (Sekretaris Umum MUI DKI Jakarta dan Dewan Penasehat Yayasan Al Kahfi), Pembina Rohis, Guru Agama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Perwakilan Pengurus Rohis, serta Kepala Sekolah SMAN 28 Jakarta dengan hasil diskusi sebagai berikut:

Diawali dengan paparan terkait materi dan metode training ESA yang digunakan dalam acara sanlat ini, Dody Wijaya sebagai ketua pelaksana program dari Yayasan Al Kahfi menjawab harapan dari pihak sekolah (guru agama) agar materi diarahkan pada pembentukan akhlak mulia menjadi salah satu tujuan/ target materi yang disampaikan yakni: mengenal kebesaran Allah melalui tinjauan pengetahuan ilmiah dan mengenal kebesaran Islam.

  1. Metode pembentukan akhlak bisa dari berbagai pendekatan, dan berdasarkan penelitian metode pembentukan akhlak yang paling efektif adalah dari penghayatan Ketuhanan (SQ) dan penanaman nilai-nilai Islami, jika seorang hamba menghayati kebesaran dan keagungan Tuhan dan memposisikan sebagai hamba Allah maka segala perintah-Nya akan diikuti dan akan menjauhi segala larangannya, dengan demikian akan mudah mengarahkan pada pembentukan akhlak mulia karena sebagai hamba akan merasa diawasi Allah, segala perbuatannya dipertanggung jawabkan dihadapan Allah, sikap inilah yang membentuk sikap ihsan.
  2. Kemudian dari aspek metode kegiatan dengan pendekatan sosiodrama dan diskusi ilmiah siswa diharapkan interaktif dan dapat menyerap materi dengan baik, selama 10 tahun lebih pelaksanaan training ESA dilakukan oleh Yayasan Al Kahfi mampu meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Dengan metode dialog interaktif dan diskusi ilmiah sangat tepat untuk siswa SMAN 28 yang memiliki intelegensi diatas rata-rata dan merupakan SMAN favorite di DKI Jakarta.

Diskusi ini juga mendengarkan paparan dari bapak DR Samsul Ma’arif, MA selaku Sekum MUI DKI Jakarta. Beliau menyampaikan bahwa MUI DKI Jakarta telah melakukan kajian terhadap materi dan metodologi dakwah dan training Yayasan Al Kahfi dan menyimpulkan bahwa materi dan metode dakwah al Kahfi sesuai dengan syariat Islam. Menurut MUI metode kajian Islam yang terbaik menurut ulama adalah yang memadukan dalil naqli (teks Quran) dan dalil aqli (akal), kajian yang diselenggarakan Al Kahfi menggabungkan kedua nya sehingga mampu menghasilkan kajian keIslaman yang berkualitas dan MUI mendukung program-program Yayasan Al Kahfi diantaranya dengan memberikan rekomendasi kegiatan, memberikan informasi kepada Dinas Pendidikan DKI Jakarta (bapak Taufik Yudi Mulyanto) dan Kemendikbud RI (bapak Muhammad Nuh) untuk mendukung dan merekomendasikan menjadi training di sekolah-sekolah. Dari pihak MUI juga selalu mendampingi Yayasan Al Kahfi dalam melakukan training di sekolah-sekolah dan menerima laporan pelaksanaan kegiatan.

Menanggapi permintaan dari Rohis agar logo Rohis 28 tidak ditampilkan di spanduk, dari Pihak Yayasan al Kahfi sudah menyampaikan sejak awal (2 kali pertemuan sebelumnya dengan Rohis, Pembina Rohis, dan Wakil Kesiswaan) bahwa hal tersebut tidak menjadi masalah untuk mengganti spanduk. Akhirnya dari pihak Kepala Sekolah mengambil jalan tengah yang menjadi solusi bagi semua pihak yakni :

  1. Menanyakan kepada Pihak Rohis dan MUI apakah ada persoalan terkait materi dan metode, dari Pihak Rohis menyatakan tidak ada persoalan terhadap materi dan metode kegiatan
  2. Kepala sekolah melihat inti dari kegiatan Sanlat ini adalah dari acara dan materi kegiatan, sedangkan spanduk bukan menjadi hal yang prinsipil maka lebih baik dilepas saja karena tidak berpengaruh terhadap acara/ materi kegiatan.
  3. Point yang terpenting adalah tidak ada permasalahan terkait materi dan metode kegiatan baik dari Pihak Rohis khususnya informasi dari Majelis Ulama Indonesia.
Kepala Sekolah Hj Nani Kurniasih, MPd MUI DKI Jakarta DR Samsul Ma’arif, MA

Acara dilanjutkan dengan acara pembukaan pada pukul 08.30

  1. Sambutan yang pertama dari ibu Hj Drs Nani Kurniasih, MPd beliau menekankan pentingnya peningkatan Iman dan Taqwa di bulan suci Ramadhan, salah satunya melalui kegiatan Pesantren Kilat (Ramadhan Super Camp Training) ini, oleh karena itu beliau mengharapkan untuk mengikuti acara dengan sebaik-baiknya, sekaligus beliau membuka acara dengan penyematan tanda peserta.
  2. Sambutan yang kedua dari Yayasan al Kahfi diwakili Dewan Penasehat Yayasan al Kahfi DR Samsul Ma’arif, MA, beliau menyampaikan pentingnya generasi Islam mengkaji 3 hal: Iman, Islam, dan Ihsan. (1) Iman kepada Allah metode pembentukannnya bisa dari berbagai pendekatan, salah satunya dengan pendekatan pengetahuan ilmiah adalah termasuk penggunaan penggabungan metode dalil naqli dan dalil aqli yang sangat bagus, (2) Islam, mengenal kebesaran Islam akan meningkatkan kualitas keimanan dan keislaman, (3) Ihsan, dengan memahami kebesaran Allah dan kebesaran Islam akan menimbulkan sikap Ihsan, makna Ihsan berasal dari kata hasana yuhsinu, yang artinya adalah berbuat baik, sedangkan bentuk masdarnya adalah ihsanan, yang artinya kebaikan. Dengan menjadi pribadi Ihsan akan membentuk akhlak mulia. Ketiga target inilah yang akan dijadikan target kegiatan training ESA yang dilaksanakan pada program Pesantren Kilat di SMAN 28 Jakarta. Majelis Ulama Indonesia DKI Jakarta telah melakukan kajian dan penelitian terhadap materi dan metode dakwah Yayasan al Kahfi dan menyatakan tidak ada yang menyimpang dan sesuai dengan syariat Islam oleh karena itu ikutilah dengan baik dan sampai tuntas.
  3. Pembagian kelompok, trainer, dan tanda peserta dan dimulainya kegiatan
Peserta bertanya pada salah satu sesi diskusi Dialog interaktif dalam suasana bersahabat

Kegiatan Sanlat sesi diskusi pukul 09.30 – 11.30 berjalan seru, dengan metode dialog interaktif para peserta diajak berdiskusi dan memahami kebesaran Allah. Keaktifan peserta terlihat merata hampir di semua kelas dan memberikan hikmah yang mendalam bagi peserta. Kemudian dilanjutkan dengan sholat Dhuhur berjama’ah dan mendengarkan kultum tausiyah dari bapak Drs H Musta’in (guru PAI SMAN 28) tentang Peranan Ramadhan dalam membentuk karakter Islami. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan pembahasan materi mengenal kebesaran Allah dengan kesimpulan bukti-bukti keberadaan dan kebesaran Allah melalui tinjuan pengetahuan ilmiah modern dan al Quran. Istirahat Sholat Ashar dan dilanjutkan dengan pengisian angket kegiatan dan alhamdulillah 96% peserta puas terhadap materi kegiatan.

Selanjutnya mandi dan istirahat kemudian acara persiapan berbuka puasa diisi dengan tilawah bersama-sama. Setelah masuk adzan maghrib para peserta menikmati takjil kurma dan air minum kemudian dilanjutkan sholat maghrib berjamaa’ah dan buka puasa bersama di kelas masing-masing kemudian sholat Isya dan Tarawih berjamaah. Disambung dengan Tausiyah Ramadhan dari Bapak Surwanto selaku pembina rohis dengan tema “Hakikat Puasa Ramadhan”. Setelah selesei siswa mempersiapkan tempat tidur di ruang masing-masing untuk akhwat di ruang kelas lantai 2 sedangkan ikhwan di masjid. Tepat pukul 22.00 para peserta sudah beristirahat untuk bangun jam 03.00 Qiyamul Lail.

Kultum Ramadhan Guru Agama Drs H Musta’in Tausiyah Tarawih Ustadz Surwanto (Pembina Rohis)

Pukul 03.00 para peserta sudah bangun dan bergegas mengambil air wudhu, terlihat semangat dan keceriaan peserta meskipun bangun tidur lebih awal. Kemudian sholat qiyamul lail 8 rakaat dan ditutup witir. Kemudian Sahur bersama peserta dan panitia dan dilanjutkan sholat shubuh berjamaah. Setelah sholat shubuh berjamaah para peserta mencari tambahan pahala dan meningkatkan kualitas tilawah dengan belajar Tahsin bersama pembina rohis pak Surwanto. Kemudian dilanjutkan dengan mandi dan persiapan materi kembali.

Berwudhu persiapan melaksanakan Qiyamul Lail
Sahur di SMAN 28 Jakarta

Tepat pukul 07.00 materi Sanlat hari kedua dimulai dengan sesi dialog interaktif dengan tema mengenal kebesaran Islam. Sesi dialog interaktif disambut antusias oleh peserta dengan semangat yang tidak mau kalah dengan trainernya meskipun ada sebagian kecil peserta yang harus melawan rasa kantuk karena tidak terbiasa bangun Qiyamul Lail. Materi pembahasan harus jeda sejenak untuk istirahat dan sholat dhuhur. Kemudian dilanjutkan materi sesi pembahasan tentang kebesaran Islam dan Islam sebagai agama rahmatan lil alamin dan karakteristik akhlak Islami dari ketedanan nabi Muhammad SAW. Setelah materi selesei peserta mengisi angket dan alhamdulillah 95 % siswa merasa puas dan termotivasi dengan materi yang telah diberikan dan memiliki semangat untuk mengamalkan tentang keimanan terhadap Islam. Tepat pukul 15.00 siswa ke Masjid Baiturrahman dan mengikuti acara penutupan dengan pembagian reward the best person dan the best team dan ditutup oleh ibu Hj Nani Kurniasih selaku kepala sekolah SMAN 28 dan do’a dari bapak Drs Surwanto selaku pembina rohis.

Acara Pesantren Kilat telah selesei, tetapi semangat Ramadhan tahun ini akan terus menjadi semangat setiap hari untuk menjalani belajar ke depannya. Semoga kelak kita benar-benar menjadi generasi Rabbani dan berkumpul dengan Allah di Jannah-Nya kelak, amiin ya rabbal a’lamin.

Last modified onTuesday, 30 July 2013 06:16
Rate this item
(6 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel