Logo
Print this page

Al Kahfi Bogor Pelopor Remaja Muslim Berkarakter dan Visioner

ESA-2 di SMKN 3 Bogor: Membangun Generasi Muda Muslim Berkarakter dan Visioner ESA-2 di SMKN 3 Bogor: Membangun Generasi Muda Muslim Berkarakter dan Visioner

Remaja adalah peralihan dari fase anak anak ke fase awal dewasa.

Selain itu remaja juga sedang berproses untuk merubah kematangan mental, emosional sosial dan fisik mereka. Di masa lalu, generasi muda sudah berbicara banyak dalam perjuangan Islam. Zaid Bin Tsabit, Amr Bin Ash, Ali Bin Abi Thalib atau Sultan Muhammad Al Fatih contohnya.

Namun, bila kita melihat kondisi remaja muslim sekarang, mereka tidak hanya kehilangan semangat memajukan Islam, tetapi juga berperilaku tanpa tujuan hidup yang jelas. Tawuran, minum minuman keras, pergaulan bebas, narkoba sudah menjadi kebiasaan pergaulan sosial remaja, tak terkecuali remaja muslim. Sungguh miris, seharusnya remaja muslim itu memberi kontribusi, perubahan, dan membangun peradaban islam yang Rahmatan Lil Alamin, malah perilaku mereka merusak citra Islam.

Dari latar belakang itulah, Al Kahfi Bogor bekerja sama dengan SMK Negeri 3 Bogor mengadakan ESA 2 dengan memberikan bimbingan, pelatihan, dan motivasi. Deri Nuriyadi, Ketua Panitia mengatakan, “ESA 2 adalah kegiatan tahunan SMKN 3 Bogor bekerjasama dengan Al Kahfi, yang bertujuan untuk menggali dan mengenali potensi diri yang positif sebagai identitas yang positif, mengembangkan potensi intelektual, emosional, dan spritual, serta membangun mental tangguh dan bertanggung jawab dalam menghadi dinamika kehidupan”.

Kepala SMKN 3 Bogor, Uus Sukmara
Ketua MUI Bogor KH Adam Ibrahim
Bimbingan dari guru SMKN 3 Bogor

Kegiatan yang bertempat di SMKN 3 Bogor ini diselenggarakan pada tanggal 18-20 April. Kemudian ada beberapa tokoh yang sebagai pembicaranya seperti Bpk. KH. Adam Ibrahim selaku ketua MUI Bogor sekaligus Penasihat Al Kahfi Bogor, guru-guru dari SMKN 3 Bogor, dan para Trainer dari Islamic Student Center (ISC) Al Kahfi. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan beberapa sekolah diantaranya dari SMKN 3 Bogor, SMKN 4 Bogor dan beberapa sekolah lain di Bogor dengan total 85 peserta.

Hadir sebagai keynote speaker adalah KH. Adam Ibrahim, Ketua MUI Kota Bogor sekaligus Penasehat Yayasan Al Kahfi Bogor, serta para guru yang memberikan bimbingan dan arahan kepada seluruh pesertanya. Pada saat teknis acara pemberian materi bersifat diskusi dan memakai sistem klasikal yang dimana para peserta dituntut aktif dalam berdiskusi, menyampaikan gagasan, menanyakan yang dibingungkan, dan lain sebagainya yang sifatnya interaktif. Serta pelatihan dan pembimbingan dari para trainer yang mengarahkan berjalannya forum tersebut, dan tidak lupa juga peserta diajak untuk menghayati tentang kebesaran-kebesaran Tuhan melalui film Penciptaan Alam Semesta dan Pemberian Nikmat Allah Pada Manusia.

Dalam pidato kuncinya, KH. Adam Ibrahim menyampaikan pentingnya Emotional dan Spiritual untuk generasi muda muslim agar mampu bertahan dalam kehidupan yang serba materialis dan hedonis. “Kami Majelis Ulama sangat senang dan bangga terhadap Al Kahfi, yang senantiasa ada untuk menyuntikkan kepedulian pada Islam di kalangan remaja,” lanjutnya.

Suasana Forum ESA Hari Pertama
Suasana Forum ESA Hari Kedua Seluruh Peserta ESA 2 Bogor

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 3 Bogor, Uus Sukmara, MM, Pd. Mengetengahkan EQ dan SQ sebagai penyempurna IQ. “Dalam menjalani kehidupan tidak hanya IQ saja yg dipakai, EQ dan SQ juga untuk menunjang segala aktifitas,” ujarnya. Beliau juga menanamkan keyakinan pada ROHIS SMKN 3 Bogor untuk meningkatkan ESA dalam peserta lebih besar dan tersebar di sekolah-sekolah di Bogor.

Kegiatan ESA ini dibuka bimbingan dari guru agama dari SMKN 3 Bogor yang dilanjutkan dengan pembekalan materi oleh trainer dari Yayasan Al Kahfi. Materi dibagi beberapa sesi, yaitu sesi diskusi, sesi pemaparan, sesi penghayatan, serta ada sesi pemutaran film. Serangkaian kegiatan ini diupayakan untuk membangun motivasi diri melalui pengamatan potensi dalam diri manusia untuk menghidupkan potensi spritual melalui penghayatan terjadinya Alam Semesta dan melihat keagungan Tuhan. Kemudian peserta juga diberikan pelajaran bagaimana cara mengelola potensi emosional dan spiritual manusia melalui kegiatan ibadah qiyamul lail serta amalan membaca Al Quran, berzikir, beristighfar, berdoa dan bermuhasabah.

“Dari segi materinya sangat menarik yaitu bagaimana cara berpikir yang dapat mengoptimalkan kerja otak dalam berfikir, dari itu kita bisa menciptakan jalan-jalan kesuksesan bagi remaja muslim, dan menjadikan kepribadian kita baik, memiliki mental yang tangguh serta bisa meningkatkan keimanan kita dalam beragama,” ujar Farhan, salah satu peserta ESA.

“Dulu Islam adalah agama yang besar, agama yang mencintai ilmu pengetahuan, agama yang dapat memecahkan permasalahan, dan islam adalah Rahmatan Lil Alamin. Melihat itu, saya sangat bangga. Tapi bila saya melihat kondisi umat islam khususnya generasi muda sekarang, saya sedih. Setelah mengikuti ESA ini, saya berjanji menjadi pelopor remaja muslim yang memajukan islam,” tegas Fahmi, salah satu peserta ESA.

Dalam penutup kegiatan ESA, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guntaram menandaskan pentingnya ESA untuk membangun generasi muda muslim yang memiliki karakter juara dan visioner. “ESA yang diadakan oleh Al Kahfi ini sudah saya masukan sebagai agenda rutin dan sifatnya wajib. Kondisi remaja saat ini sudah sangat parah mulai dari pergaulan bebas, tawuran, dan kenakalan lainnya ini tidak boleh didiamkan. Alhamdulillah ESA bisa membentengi diri dan menjadi siswa-siswa menyebarkan kebaikan kebaikan terhadap lingkungannya,” pungkasnya.

Al Kahfi Bogor berharap generasi muda muslim ESA 2 ini menjadi pelopor remaja muslim berkarakter dan visioner memajukan Islam. Ayo Al Kahfi di Indonesia, suarkan semangat kemajuan Islam pada remaja muslim Indonesia!

Korespondensi: Muhammad Akong Aenzelo (SMKN 4 Bogor)

Last modified onSaturday, 26 April 2014 05:47
Rate this item
(12 votes)
Template Design © yayasanalkahfi. All rights reserved.