Logo
Print this page

Al Kahfi Cabang Kediri : Untukmu Saudaraku

AL – KAHFI Cabang KEDIRI : “UNTUKMU SAUDARAKU”


Duka Kelud Duka Bersama

            13 Februari 2014 adalah hari dimana Kelud memuntahkan lahar panasnya. Tepat pada hari Kamis malam, warga yang tinggal di area 15 km dari Kelud langsung di evakuasi. Pada saat itu juga, letusan Kelud berdampak hingga seluruh karesidenan Kediri, mulai dari abu, pasir dan batu hasil letusan. Hingga hari berikutnya, letusan Kelud melintasi area Jawa Timur. Bahkan Surabaya di pagi harinya, jalan-jalan protokol dan perkampungan tertutup abu Kelud hingga beberapa senti. Sang Walikota Surabaya pun sampai turun ke jalan untuk membagikan masker ke pengguna jalan. Tidak hanya di Jawa Timur, beberapa titik di Jakarta dan Bandung juga sempat merasakan hal yang sama akibat letusan Kelud.

            Bencana ini merusak hampir seluruh rumah di Kediri. Dampak paling buruk dirasakan oleh kecamatan sekitar Gunung Kelud, seperti Kecamatan Ngancar, Wates, Puncu, dan Plosoklaten. Disana tidak hanya rumah, melainkan jalan-jalan dan tempat-tempat di area tersebut rusak berat. Sekretariat Al Kahfi cabang Kediri pun tak luput dari musibah ini. Garasi dan atap teras rumah ambrol, rusak berat. Di desa Satak sampai terdapat korban jiwa saat lahar Kelud keluar.

Untukmu Saudaraku

            Kami sebagai Yayasan yang memiliki konsentrasi dibidang Sosial, menyegerakan diri untuk berkontribusi meringankan duka yang dialami oleh korban bencana Kelud. Kami melakukan pendataan kebutuhan korban Kelud. Kemudian, dari data yang kami dapatkan tersebut langsung kami proses pemenuhannya.  Mendengar saudaranya terkena musibah, tak pelak adik-adik binaan kami dari kalangan pelajar SMA/SMK yang memiliki kepedulian sosial tinggi, bertekad mengulurkan bantuannya berupa tenaga untuk mengumpulkan segala kebutuhan prioritas korban Kelud dan menyalurkannya secara langsung kepada korban.

Pemberian bantuan Yayasan Al Kahfi Cabang Kediri di Kantor Kecamatan Pare Pemberian bantuan Yayasan Al Kahfi Cabang Kediri di Posko Pranggan

            Karena dampak kerusakannya tersebar di beberapa titik, maka Kami pun mengadakan bakti sosial di beberapa tempat. Bakti sosial ini kami laksanakan tanggal 18 – 23 Februari 2014 setelah semua kebutuhan terkumpul. Kami memberikan bantuan langsung pada  posko bakti sosial di 5 titik diantaranya :

  1. Posko Masjid Agung An-Nur Pare : Jumlah pengungsi sekitar 3000 orang.
  2. Posko Kantor Kecamatan An-Nur : Jumlah pengungsi sekitar 1000 orang.
  3. Posko Kantor Desa: Jumlah Pengungsi sekitar 300 orang.
  4. Posko Kantor Desa: Jumlah pengungsi sekitar 600 orang.
  5. Warga Desa Satak Kec. Puncu : Langsung ke RT/RW setempat, sekembalinya warga yang mengungsi.

Bantuan yang kami berikan pada masing-masing posko antara lain :

  1. Beras @ 50 kg
  2. Mie @ 10 kardus
  3. @ 10 kardus
  4. Masker @ 2 pack
  5. Selimut 2 buah dan Karpet
  6. Pakaian layak pakai
  7. Perlengkapan mandi (sikat gigi, pasta gigi, sabun, shampoo)
  8. Pampers 1 kardus (12 Lusin)
  9. Pembalut 1 kardus (40 buah)
  10. Susu bayi dan dewasa @ 10 kardus
  11. Minyak goreng 1 kardus (isi 6x2 liter)
  12. Gula 1 dus (12 kg)

            Disamping memberikan bantuan fisiologis tersebut, kami juga meringankan beban psikologis mereka dengan menghibur anak-anak kecil yang turut menjadi korban Kelud. Kami mengadakan permainan layaknya lomba-lomba 17 Agustus secara sederhana dan mengajak anak-anak kecil itu turut serta dalam permainan. Kami juga membagikan coklat, snack, dll, langsung kepada anak-anak kecil tersebut. Timbullah keceriaan dari anak-anak kecil yang ada disana. Bahkan dari pihak Penanggung Jawab posko meminta kita untuk menghibur mereka setiap hari.

Terima kasih para Donatur

            Dari segala yang kami lakukan tersebut tak pernah lepas dari uluran tangan Donatur yang telah bersedia dengan ikhlas memberikan sebagian rezekinya kepada Yayasan Al-Kahfi Cabang Kediri, yang salah satu alokasinya kami salurkan kepada saudara kita yang amat membutuhkan, dalam hal ini Korban Kelud 2014. Sekali lagi terima kasih kami haturkan kepada seluruh Donatur, semoga segala amalan diterima oleh Allah dan menjadi amal jariyah yang tak pernah putus. Kami selaku pengurus Yayasan Al-Kahfi Cabang Kediri dan siswa binaan dari kalangan Pelajar SMA/SMK yang terjun langsung ke tempat terjadinya bencana alam tak akan bisa memenuhi kebutuhan para korban tanpa donasi dari para donatur selama ini. Semoga saudara kita korban Kelud bisa tetap survive dan diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Amin Yaa Robbal Alamin.

Last modified onThursday, 12 June 2014 06:59
Rate this item
(8 votes)
Template Design © yayasanalkahfi. All rights reserved.