Al Kahfi Bogor & RSIA As Salam Sambut Tahun Baru Islam 1436 H Dengan Pengobatan Gratis untuk 150 Dhuafa

dr. Mia Rahmawati yang memberi sambutan kepada para warga yang menghadiri kegiatan pengobatan gratis untuk Dhuafa dr. Mia Rahmawati yang memberi sambutan kepada para warga yang menghadiri kegiatan pengobatan gratis untuk Dhuafa

Minggu, 26 Oktober 2014 Yayasan Al Kahfi cabang Bogor bertempat di Jl. Padi No. 105 Ciheuleut Baranangsiang Bogor Timur telah melaksanakan kegiatan Pengobatan Gratis untuk Dhuafa dengan tema “Sahabat Sehat Masyarakat”. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan RSIA AS SALAM – Rumah Sakit Ibu Anak yang terletak di Jl. Raya Bogor Km. 46,7 Nanggewer Mekar-Cibinong, yang menyediakan tenaga medis maupun fasilitas obat-obatan, adapun tenaga medis yang terlibat sejumlah 7 orang yakni 2 dokter umum yaitu dr. Mia Rahmawati dan dr. Fitriandina, 1 dokter spesialis anak yaitu dr. Fajar Diah Tri K., SpA), 2 perawat dan 2 apoteker. Turut hadir pula sesepuh masyarakat dan perwakilan pengurus Warga.

Kegiatan ini bertujuan Menyambut Tahun Baru Islam 1436 Hijriyah dan Hari Kesehatan Nasional, juga untuk membantu masyarakat yang kekurangan akses kesehatan dan membutuhkan pengobatan, serta memotivasi masyarakat untuk lebih sadar kesehatan dan segera mendapatkan akses kesehatan dalam hal ini BPJS. Karena memang masalah kedua terpenting warga menengah bawah setelah ekonomi itu adalah kesehatan, sementara mereka tidak ataupun kurang memiliki biaya juga belum memiliki akses BPJS yang dapat meringankan biaya.

Warga yang tengah hadir dalam kegiatan pengobatan gratis untuk Dhuafa Para dhuafa yang sedang menunggu pemeriksaan dari dokter

Dimulai dengan Acara pembukaan singkat berupa sambutan-sambutan motivasi oleh Ketua Yayasan al-Kahfi cabang Bogor, Manajemen Rumah Sakit RSIA AS SALAM selaku pihak sponsor acara, dan Perwakilan Pengurus Masyarakat yang terhormat. Lalu pemberian cenderamata untuk pihak Rumah Sakit, foto bersama, dan penjelasan prosedur mengikuti pengobatan gratis ini.

Acara Pengobatan dimulai tepat sesuai rencana, yaitu jam 09.15 WIB. Masyarakat cukup antusias dalam kegiatan pengobatan gratis ini, sejak pukul 08.30 mereka sudah mulai memenuhi tempat acara. Mereka datang dari berbagai wilayah di kota Bogor walau sebanyak 75%nya memang berasal dari sekitar Bogor Timur, dan terdiri dari berbagai kelompok usia mulai bayi, anak-anak sampai dengan Lansia.

Berdasarkan jumlah kertas resep dokter di stand pengambilan obat, terdata sebanyak 151 pasien yang terlayani mendapatkan obat. Tak hanya berobat, masyarakat juga hadir untuk melakukan cek kesehatan berupa pengecekan gula darah ataupun konsultasi kesehatan bersama dokter. Yang hal ini bertujuan sebagai langkah mendeteksi penyakit sehingga bisa melakukan pencegahan sejak dini, juga meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan dan aksesnya.

Jenis Penyakit yang kebanyakan ditangani antara lain, penyakit Kulit, penyakit ISPA--seperti asma flek paru, penyakit saluran pencernaan dan malnutrisi, yang mana penyakit-penyakit ini seringkali memang dimiliki oleh warga menengah bawah yang berada dalam lingkungan kumuh, sanitasi yang buruk dan asupan gizi yang kurang mencukupi. Selain itu penyakit yang seringkali diidap oleh kaum lansia seperti darah tinggi, rematik, asam urat, kolesterol dsb.

dr. Mia Rahmawati (foto kiri) dan dr. Fitriandina (foto kanan) yang sedang melakukan proses pemeriksaan pada peserta

Setelah mendapatkan pengobatan gratis, pasien pun mendapat paket suplemen tambahan berupa susu, buah-buahan dan biskuit. Hal ini bertujuan meningkatkan asupan gizi untuk pasien.

Nining perwakilan masyarakat yang mengikuti kegiatan pengobatan gratis di Yayasan Al Kahfi menyampaikan rasa syukur karena telah mendapatkan pelayanan yang maksimal terkait pengobatan yang dilakukan. Mereka juga berterima kasih karena Yayasan Al Kahfi peduli akan kondisi kesehatan masyarakat.

Dalam acara pembukaan, Ketua Yayasan Al Kahfi Cabang Bogor, Mahar Septian mengatakan bahwa Yayasan Al Kahfi berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, baik di bidang pendidikan, kesehatan ataupun kesejahteraan lainnya. Dengan kegiatan ini diharapkan membantu kesehatan dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dari hal kecil seperti membersihkan air dan mengelola sampah. “Banyak masalah kesehatan disebabkan lalainya kita dari menjaga lingkungan kita, baik fisik maupun non fisik” ujarnya.

Dr. Mia Rahmawati, dokter RSIA As Salam, mengagumi kerja pemuda Al Kahfi Bogor dalam mendesain even sosial seperti ini. Menurutnya, aksi sosial yang digerakkan oleh pemuda ini, adalah hal yang luar biasa dan harus terus dihidupkan sehingga bisa menginspirasi lainnya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama bidang kesehatan. Ayo Pemuda Indonesia, bergabunglah dengan aksi berbakti membangun negeri, sekecil apapun itu.

Last modified onWednesday, 12 November 2014 10:01
Rate this item
(6 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel