Pasar Murah Yayasan Al Kahfi Bogor Untuk 500 Dhuafa

Lapangan MIPA Universitas Pakuan menjadi tempat perhelatan event Pasar Murah Sahabat Ekonomi Masyarakat pada 30 November 2014 lalu yang diadakan Yayasan Al Kahfi Bogor. “Sesuai dengan platform sosial Al Kahfi yang ingin berperan dalam mengentaskan kemiskinan, kami mengadakan kegiatan rutin ini untuk meringankan beban ekonomi masyarakat dengan memberi subsidi sehingga harga terjangkau kalangan bawah tanpa mengurangi kualitas. Satu paket sembako seharga Rp 80.000 kami jual seharga Rp 25.000.” tutur Nurfitri Citra, Sekretaris Al Kahfi Bogor.

Sebanyak 500 paket sembako yang setiap paketnya berisi 3 Kg beras, 5 bungkus mie, 1 Kg gula pasir, 1 liter minyak, 1 bungkus teh dan 1 botol kecap, telah habis terjual secara luas pada warga dhuafa dari 6 kecamatan Kota Bogor yang menghadiri acara.

Acara terlaksana dengan lancar hingga selesai ini disiapkan oleh relawan-relawan muda Al Kahfi Bogor terdiri dari siswa binaan Al Kahfi dari usia SD hingga SMA/SMK. “Ini sekaligus pembelajaran berorganisasi dan manajemen bagi anak-anak,” beber Yopan Sukmana, Koordinator Pendidikan Anak Yayasan Al Kahfi Bogor.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program sosial bulanan Al Kahfi Bogor yang konsentrasi dalam pembinaan kecerdasan moral dan pengentasan kemiskinan. “Bulan lalu pengobatan gratis 150 dhuafa, bulan ini temanya Pasar Murah 500 dhuafa. Kami memilih konsep pasar murah karena menggabungkan semangat berusaha dan kepedulian umat.” beber Mahar Septian, Ketua Al Kahfi Bogor. Harapannya adalah mendidik umat untuk tidak mengeluh pada keadaan dan terus berusaha, sekaligus mengajak umat yang mampu untuk peduli meringankan beban sesama, sehingga bisa tetap memelihara budaya kerja keras, kemandirian dan kepedulian.

Wakil Walikota Bogor Ir. Usmar Hariman yang hadir memberi sambutan yang menyuntikkan spirit pada segenap pengurus Al Kahfi. “Belum genap 1 tahun saya bersama Al Kahfi mengilhami Maulid Nabi dengan menyantuni 150 janda jompo, sekarang menjadi pasar murah 500 dhuafa. Ini berkali-kali lipat. Kita doakan Al Kahfi bisa menjadi besar dan terus bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat kota bogor,” kata Usmar. Menurut Wakil Walikota, pengentasan kemiskinan bukan hanya pemerintah saja yang melakukan, tetapi juga dukungan seperti Yayasan Al Kahfi. “Harapannya, Al Kahfi tidak hanya hadir di 6 kecamatan di Kota Bogor, tetapi juga sampai ke seluruh lapisan kelurahan di Kota Bogor,” tutupnya.

Turut hadir pula Kepala Bidang Pelayanan Sosial dari Dinsoskertrans Kota Bogor, Hj. Enong Maesaroh, S.Pd, M.M, Ketua Yayasan Al Kahfi Pusat Suwari, S.H., M.Kom.I, Ketua MUI Kota Bogor K.H. Adam Ibrahim yang memberikan tausiyah dan doá, serta Rafita’s Cake selaku sponsor dan Wakil Rektor 2 Universitas Pakuan, Hari Muharram, S.E., M.M yang mensupport kelengkapan acara.

Ketua Yayasan Al Kahfi Pusat dalam sambutannya menggarisbawahi bahwa langkah Al Kahfi ini untuk mendukung pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Secara khusus, Suwari menekankan event di Bogor ini menjadi inspirasi bagi kegiatan sosial lain di cabang Al Kahfi selainnya, agar berlomba dalam kebaikan.

K.H. Adam Ibrahim saat pembukaan Tausiyahnya, “Hari ini Yayasan Al Kahfi melaksanakan perintah Allah yaitu kalian harus dekat dengan nabi dan orang-orang yang lemah. Hari ini terwujudlah pasar murah yang merupakan bentuk kepedulian pada masyarakat.”

Alhamdulillah, segala puji syukur pada Allah SWT atas suksesnya acara ini. Tidak lupa kami juga berterima kasih pada seluruh dermawan dan sponsor yang menghadirkan kegiatan ini. Akhirnya, semoga kegiatan ini bisa menjadikan jembatan antara kaya dan miskin. Yang kaya meringankan beban ekonomi yang miskin, dan menjadi amal sholeh yang bermanfaat.

Last modified onTuesday, 24 March 2015 02:44
Rate this item
(3 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel