Menangkal Ajaran Radikal, Yayasan Al Kahfi kembangkan pembangunan Karakter Islam rahmatan lil’alamiin

Pembicara dari MUI, Kepolisian dan yayasan Al kahfi Pembicara dari MUI, Kepolisian dan yayasan Al kahfi

Berkembangnya ajaran Islam radikal dan ajaran menyimpang yang tidak sedikit menyasar pelajar di sekolah, membuat yayasan Al Kahfi dengan SMKN 1 Kota Bogor mengadakan seminar Character building. Bertempat di aula SMKN 1 Kota Bogor, seminar bertemakan “Menangkal ajaran radikalisme beragama terhadap generasi muda dengan membangun karakter Islam rahmatan lil’alamiin” terselenggara pada hari sabtu, 28 Februari 2015. Acara ini dihadiri sekitar 250 peserta dari elemen guru dan siswa SMA/SMK se-Kota Bogor.

Diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama, seminar ini dibuka mulai pukul 08.45.kemudian disusul dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMKN 1 kota Bogor, Bapak Drs. Charil Anwar MM. Seminar ini juga dihadiri oleh kepala dinas pendidikan kota Bogor, Bapak H. Edgar Suratman, SE.MM yang juga turut menyampaikan sambutan.

Perhatian Yayasan Al Kahfi dan SMKN 1 terhadap pembangunan karakter remaja mendapat apreasi pula dari wakil walikota Bogor, Bapak Ir. Usmar Hariman yang saat itu juga hadir sebagai keynote speaker. Beliau menyampaikan bahwa untuk membangun karakter tidak cukup dari pendidikan formal saja, dibutuhkan berbagai elemen yang mau bekerja bersama-sama membangun ke arah yang sama. Pak Usmar menyampaikan, “Pemerintah sangat berterimakasih kepada yayasan Al Kahfi yang juga difasilitasi oleh SMKN 1 untuk bersama-sama memberikan pencerahan kepada anak-anakku sebagai generasi emas. Kita pertahankan persatuan negara republik Indonesia dengan azas pancasila, NKRI harga mati”. Di akhir penyampaiannya, Pak Usmar berharap semoga ke depan Al Kahfi bisa semakin besar dan dapat mencerdaskan siswa sebanyak-banyaknya sehingga bisa menangkal segala bentuk ajaran radikal baik sosial maupun agama.

wakil walikota ir. usmar hariman menjadi keynote speaker

Wakil walikota, Ir. Usmar Hariman menjadi keynote speaker

Pembahasan mengenai wawasan bahaya, ciri-ciri dan bagaimana menangkal ajaran radikal kemudian diulas lebih dalam bersama para pembicara. Dipandu oleh moderator Finastri Annisa sebagai ketua bidang pembinaan moral yayasan Al Kahfi, materi pertama disampaikan oleh Bapak KH. Zainal Sukri, selaku ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) MUI.Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan dari bapak Saepudin, S.H selaku bidang intelkam polrestabes Kota Bogor. Beliau menyampaikan tentang pasar yang menjadi sasaran penyebaran ajaran radikal, salah satunya adalah remaja. Cara-cara rekrutmen kelompok radikal melalui pendekatan dan indoktrinasi juga dijelaskan cukup detail oleh pak Saepudin. Beliau juga mengapreasi adanya kalangan yang bergerak untuk menyelamatkan anak pelajar dari tantangan radikalisme, salah satunya adalah yayasan Al KahfiMateri terakhir tentang cara menangkal ajaran radikal dan pembagunan karakter remaja muslim yang rahmatan lil’alamiin disampaikan oleh Andriansyah selaku ketua bidang pembangunan karakter yayasan Al Kahfi.

Acara yang berlangsung sekitar tiga jam tersebut mendapat dukungan dan respon positif dari peserta seminar. Mereka menyambut positif ajakan untuk membentengi diri dari berbagai ajaran radikal.Ini memang bukan kali pertama Al kahfi bekerjasama dengan berbagai elemen dalam menyelenggarakan seminar bertemakan menangkal ajaran radikalisme. Sebelumnya, seminar dengan tema yang sama telah diadakan di beberapa kota lain di Indonesia. Hal ini sebagai wujud komitmen yayasan Al Kahfi menjadi mitra pemerintah, dinas pendidikan maupun MUI untuk menangkal ajaran radikal dan yang menyimpang. Al Kahfi memiliki semangat untuk mengembangkan Islam yang rahmatan lil’alamiin yang dibangun atas kesadaran, ilmu pengetahuan dan wawasan kebangsaaan.

antuasisme peserta seminar dsc 0003

Antusiasme peserta seminar

Semoga dengan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat membangun remaja muslim Indonesia yang berlomba-lomba memberikan rahmat bagi bangsa dan agama dengan cerdas, berprestasi dan berkarya.

pemberian cinderamata pengurus al kahfi bersama para guru

Pemberian cinderamata

Pengurus Al Kahfi bersama para guru

 

Last modified onTuesday, 24 March 2015 02:48
Rate this item
(4 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel