Logo
Print this page

Yayasan Al Kahfi Cabang Tangerang : Memberdayakan Masyarakat Lewat Hidroponik

Pengurus Yayasan Al Kahfi Tangerang bersama ibu – ibu KWT (Kelompok Wanita Tani) Pengurus Yayasan Al Kahfi Tangerang bersama ibu – ibu KWT (Kelompok Wanita Tani)

Tangerang – Setelah sebulan dalam penantian, akhirnya panen raya hasil tanam sayuran dengan sistem hidroponik Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar Berseri, Babakan, Tangerang pun telah tiba. Kegiatan panen raya ini juga dimeriahkan dengan simbolisasi pemberian bantuan dana dan pembinaan bertani hidroponik kepada KWT oleh Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang. Penyerahan simbolisasi bantuan untuk bertanam hidroponik ini menjadi langkah awal Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang untuk melakukan pembinaan tanaman hidroponik kepada Kelompok-kelompok Wanita Tani yang ada di seluruh kecamatan, Kota Tangerang.

“Program hidroponik merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang kami adakan untuk memberikan kemandirian ekonomi masyarakat, dimana kami memulainya dari lingkungan terdekat, yakni di kelurahan Babakan. Bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, kita bersama-sama membina KWT, dimana KWT adalah sekumpulan wanita tani yang domisilinya masih berada dalam satu wilayah dengan Yayasan Al Kahfi Cabang Tangerang, tutur Suci selaku ketua Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang dalam sambutannya.

“Program ini tidak hanya diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi saja, tetapi kami juga mengharapkan program pemberdayaan masyarakat ini bisa memiliki multiplyer effect, yakni bisa meningkatkan taraf pendidikan putra – putri warga di daerah Babakan tersebut. Karena dengan bertambahnya pendapatan masyarakat, akan sangat dimungkinkan para orangtua yang pada awalnya kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sekolah putra – putrinya, pada akhirnya bisa terbantu. Maka dari itu, kami mengharapkan manfaat dari “Program Hidroponik” ini bisa berkali – kali lipat dan mampu memberikan alternatif solusi untuk mengatasi problematika hidup masyarakat di wilayah Babakan khususnya dan masyarakat Kota Tangerang pada umumnya “, tambah Suci.

2

Ketua Yayasan Al Kahfi Tangerang memberikan sambutannya di awal acara

3

Pengurus Yayasan Al Kahfi Tangerang berbincang - bincang dengan Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian

 Kegiatan panen raya tersebut diadakan pada hari Minggu, 1 Maret 2015 lalu di RW 1, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang. Kegiatan dimulai dari pukul sembilan pagi sampai dengan pukul satu siang. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak H. Arief R. Wismansyah, B.Sc., M.Sc., dan Bapak Drs. H. Sachrudin, selaku Wali kota dan Wakil Wali kota, Kota Tangerang. Kemudian juga dihadiri oleh bapak – bapak pejabat dari Pemkot Kota Tangerang, Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian, kecamatan, kelurahan Tangerang, FKTS, dan perwakilan PKK Tangerang.

Acara pada hari itu diawali dengan sambutan-sambutan dari ketua KWT, ketua Yayasan Al Kahfi cabang Tangerang dan bapak Wali kota. Kemudian dilanjutkan dengan simbolisasi pemberian bantuan dana operasional bertani hidroponik, penjelasan simulasi cara bertanam hidroponik, dan kegiatan panen raya. Di samping memberikan bantuan dana untuk operasional bertani hidroponik, Yayasan Al-Kahfi juga mengadakan kurikulum pembelajaran hidroponik dan pemberian modul NFT (Nutrien Film Technique), yang direncanakan akan didiklatkan kepada para KWT selama enam bulan. Setelah kegiatan menuai hasil panen dan simulasi penanaman hidroponik, kegiatan diakhiri dengan acara makan bersama, ramah tamah, serta foto bersama para pengurus Yayasan Al-Kahfi dengan para KWT, dan wali kota, serta wakil wali kota.

4

Panitia acara menyambut kedatangan bapak Walikota & Wakil Walikota

5

Panitia acara sedang mendampingi bapak Walikota & Wakil Walikota

 Bertani hidroponik merupakan cara baru untuk bertanam sayuran tanpa menggunakan tanah. Benih-benih sayuran ditanam di pipa-pipa khusus, dan kemudian diberikan pengairan air beserta vitamin-vitamin yang dibutuhkan. Bertani hidroponik ini sangat cocok dengan kondisi kota Tangerang yang merupakan kota metropolitan, yang memiliki sedikit lahan pertanian. Selain hemat tempat, tanaman hidroponik juga memiliki kualitas yang tinggi, memiliki nilai jual yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi tambahan pendapatan ekonomi para petani “, jelas salah satu panitia.

6

Salah satu pengurus Yayasan Al Kahfi sedang menjelaskan simulasi penanaman hidroponik kepada peserta

Pemerintah Kota Tangerang sendiri melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, sangat mendukung program pertanian hidroponik ini. Cara bertani yang unik, kreatif, dan mampu memajukan sektor pertanian Kota Tangerang serta bisa menambah pendapatan ekonomi para petani. “Hidroponik merupakan cara yang inovatif, cocok dengan pertanian di Tangerang yang merupakan kota metropolitan dan memiliki sedikit lahan untuk pertanian, di samping itu saya cukup respek dengan kegiatan ini karena mengingat tujuan mulia di dalamnya, yakni keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan warga & taraf pendidikan putra putri dari warganya melalui hasil tanam hidroponik ini, ujar salah satu peserta acara dari KWT, ketika simulasi pertanian hidroponik dilangsungkan.

Melihat antuasiasme & respon positif dari berbagai pihak, mulai dari para ibu – ibu KWT, peserta acara, kemudian dari Bapak Walikota dan Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian, membuat Yayasan Al Kahfi semakin bersemangat untuk menjalankan program pemberdayaan masyarakat ini. Semoga ke depannya, tidak hanya KWT Mawar Berseri Babakan saja yang mendapat pembinaan hidroponik ini dari Yayasan Al Kahfi. Tapi, seluruh KWT di Kota Tangerang juga bisa merasakan manfaat dari pertanian hidroponik. Dengan begitu, tidak hanya di satu wilayah saja yang bisa terbantu terangkat kesejahteraan & taraf pendidikan putra – putri warganya, tetapi juga di seluruh wilayah yang ada di Tangerang. Amin… Allahumma amin…

7

Bersama bapak Walikota memanen kangkung

 9

Pengurus Yayasan Al Kahfi Tangerang bersama bapak Walikota & Wakil Walikota

Last modified onWednesday, 25 March 2015 08:00
Rate this item
(1 Vote)
Template Design © yayasanalkahfi. All rights reserved.