Al - Kahfi Cabang Jakarta Pusat : Pemeriksaan Kesehatan Gratis 125 Orang Anak Yatim Piatu, Dhuafa, Wali Siswa dan Warga Sekitar

Pengurus Al – Kahfi berfoto bersama ketua RW, perwakilan Camat & Lurah serta tim dokter (dari kiri ke kanan) Pengurus Al – Kahfi berfoto bersama ketua RW, perwakilan Camat & Lurah serta tim dokter (dari kiri ke kanan)

Beberapa bulan belakangan ini, cuaca di Indonesia begitu kurang mendukung. Hujan tak henti-hentinya turun di beberapa wilayah Indonesia, khususnya Jakarta. Padahal seperti yang kita ketahui, saat hujan deras turun, dalam jangka waktu yang tidak lama, akan terjadi banjir di beberapa wilayah Jakarta. Begitu pula di sekitar Johar Baru, tempat dimana kantor Al- Kahfi Jakarta Pusat berada. Namun alhamdulillah, di sekitar kantor Jakarta Pusat tersebut tidak terkena banjir. Meski demikian, Al – Kahfi Jakarta Pusat masih tetap merasa prihatin, sebab banyak diantara rumah siswa - siswa asuhnya terendam banjir. “Dalam situasi yang seperti ini, kami khawatir kesehatan adik-adik asuh kami terkena berbagai penyakit, yang bisa dengan mudahnya menular,” tutur Alfia Yuni Andari selalu ketua Yayasan Al – Kahfi Cabang Jakarta Pusat.

Berangkat dari problematika aktual yang terjadi di masyarakat sekitar tersebut, maka Yayasan Al-Kahfi Cabang Jakarta Pusat sesuai dengan misinya yakni melakukan “Pengabdian Masyarakat”, mengadakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi siswa asuh, wali siswa serta warga sekitar. Di samping itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk dedikasi Yayasan Al - Kahfi terhadap peran Ibu dalam membangun negara yang bertepatan dengan Hari Kartini 21 April.

pemeriksaan kesehatan 2
Suasana pendaftaran peserta

Kegiatan yang berlangsung pada hari Minggu, 26 April 2015 yang lalu ini mengambil tema “Hari Sehat Ibu dan Anak”, diadakan di kantor Yayasan Al - Kahfi Cabang Jakarta Pusat bertempat di Jalan Kramat Jaya Baru V No. 3, Johar Baru.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan cek kesehatan gratis bagi ibu dan anak. Program ini sendiri lebih fokus kepada tindakan preventif, daripada kuratif. Karena kami setuju dengan prinsip pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Karena tujuan tersebut, maka serangkaian kegiatan pada hari itu terdiri dari pemeriksaan, penyuluhan dan pembagian “bingkisan sehat”. Acara ini turut mengundang Bapak Camat Kecamatan Johar Baru dan Bapak Lurah Johar Baru yang mana beliau berhalangan hadir dalam acara sehingga harus diwakilkan. Dihadiri juga Ketua RW 01 Johar Baru dan RT setempat.

pemeriksaan kesehatan 3

Acara dimulai tepat pada pukul 08.00, dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan doa. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan Nasyid persembahan dari siswa-siswi Al Kahfi, yang membawakan sebuah lagu berjudul “Rumah Kita” yang menggambarkan bahwa apapun kondisi dan keterbatasan yang ada di dalam rumah kita bersama, kita harus tetap bersyukur dengan rezeki yang telah diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

Berikutnya disusul sambutan dari ketua Yayasan Al Kahfi Cabang Jakarta Pusat, kemudian sambutan dari Ketua RW 01 Johar Baru Bapak Uci Sanusi, sambutan dari perwakilan Bapak Lurah, dan sambutan perwakilan dari Bapak Camat. Para tokoh masyarakat dan pejabat tersebut mengungkapkan apresiasinya atas kegiatan pada hari minggu tersebut, yang telah peduli dengan keadaan kesehatan masyarakat.

pemeriksaan kesehatan 4

Setelah acara sambutan selesai oleh para tokoh masyarakat, dilanjutkan dengan simbolis pembagian bingkisan yang diberikan oleh perwakilan dari Kantor Kecamatan kepada adik-adik asuh Yayasan Al Kahfi. Dan sebelum acara inti dimulai, adik-adik asuh Yayasan Al - Kahfi dan wali murid diberikan penyuluhan tentang cara mencuci tangan dengan benar dan merawat kebersihan gigi yang dijelaskan oleh dr. Shinta.

pemeriksaan kesehatan 5

dr. Shinta menjelaskan kepada masyarakat terutama kepada anak-anak agar menjaga kebersihan tangan dan mulut agar kita tidak mudah terkena penyakit yang berasal dari kuman atau bakteri yang biasanya banyak terdapat di tangan kita. dr. Shinta juga menjelaskan tentang bagaimana cara merawat gigi yang benar, yakni dengan memperagakan menggosok gigi dengan alat peraga.

Setelah penyuluhan yang disampaikan oleh dr. Shinta selesai, maka acara berikutnya dilanjutkan dengan kegiatan pemeriksaan untuk 125 siswa beserta wali siswa dan juga Ibu-Ibu PKK Johar Baru.

 

Pemeriksaan untuk siswa meliputi :

  1. Pengecekan berat badan dan tinggi badan siswa untuk mengetahui terpenuhinya kebutuhan gizi siswa
  2. Pemeriksaan mulut dan gigi
  3. Pemeriksaan telinga

Pemeriksaan untuk wali siswa dan Ibu-ibu PKK, meliputi :

  1. Pengecekan tekanan darah
  2. Pemeriksaan Gula darah
  3. Pemeriksaan Asam Urat
  4. Pemeriksaan Kolesterol

pemeriksaan kesehatan 6
                                            Pemeriksaan tekanan darah   Pemeriksaan gigi & mulut

Di akhir pemeriksaan dan pengecekan siswa-siswi binaan, peserta kegiatan diberikan bingkisan sehat berupa vitamin, buah, susu dan makanan bergizi lainnya. Acara ini tampak memberikan kesan tersendiri, sebab acara ini merupakan pengalaman pertama dan baru bagi para siswa dan warga sekitar.

Seluruh pengurus Yayasan Al – Kahfi Cabang Jakarta Pusat setelah berlangsungnya kegiatan ini mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu jalannya acara cek kesehatan ini. Terutama kepada tokoh masyarakat, tim dari Puskesmas Johar Baru, masyarakat sekitar serta rekan-rekan dari Al - Kahfi. Semoga dengan adanya acara cek kesehatan ini, kita semua dapat lebih menjaga kesehatan kita agar kita tidak mudah terkena penyakit.

Last modified onSaturday, 04 July 2015 01:49
Rate this item
(3 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel