Seminar Parenting, Sebuah Langkah Membangun Insan Berkualitas

Pemberian cinderamata oleh Suci Watiningsih (Ketua Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang) kepada Kak Dhanang Sasongko, A.Md. S.Pd. sebagai pembicara acara Seminar Parenting. Pemberian cinderamata oleh Suci Watiningsih (Ketua Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang) kepada Kak Dhanang Sasongko, A.Md. S.Pd. sebagai pembicara acara Seminar Parenting.

Memiliki bekal wawasan dan keterampilan dalam mendidik anak adalah hal yang penting. Sebab mendidik anak tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Minimnya ilmu pengetahuan dan mindset yang keliru bisa berpengaruh besar nantinya pada tumbuh kembang anak. Kerisauan ini pulalah yang mendorong Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang untuk turut serta mengatasi problematika tersebut.

                Dengan mengambil tema “Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak”, program seminar parenting KERABAT (Keluarga Tangerang Hebat) diselenggarakan. Bertempat di gedung SMKN 2 Tangerang, jalan Veteran no. 2, kegiatan tersebut diadakan pada tanggal 6 November yang lalu. Pesertanya sendiri adalah para orang tua dari anak-anak yatim-piatu-dhuafa yang menjadi siswa binaan Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang.               

                Pengisi acara dipercayakan oleh pihak yayasan kepada narasumber yang mumpuni dalam bidang parenting, yaitu Dhanang Sasongko, A.Md., S.Pd. Sekjen Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Dalam pemaparan materi yang dibawakannya, Dhanang menyampaikan, “Pada dasarnya setiap anak adalah cerdas. Allah menganugerahkan manusia otak kanan dan kiri. Ada anak yang cerdas pada otak kanannya dan ada yang otak kirinya. Ada anak yang cerdas menggambar, menulis, matematika, kinestetis, musik, interpersonal, naturalis, dan ada pula yang cerdas mengontrol diri (intrapersonal).”

 3. Liputan Seminar Parenting Tangerang1 02"Orang tua bukanlah penentu masa depan anak. Harusnya kita (orang tua) tidak berfokus pada apa kelemahan anak dan memarahi anak habis-habisan karena dianggap bodoh tidak bisa. Melainkan orang tua harusnya membantu anak menemukan potensi yang sudah dititipkan Allah untuk anak kita. Kita terus gali potensi tersebut, terus asah, dan terus tumbuh kembangkan,” tegas Dhanang.

 

 

3. Liputan Seminar Parenting Tangerang1 03

 

Materi yang menarik dan sangat penting itupun tak ayal membuat 100 orang tua siswa asuh yayasan terkesima dan memperhatikannya dengan seksama.

 

 

 

3. Liputan Seminar Parenting Tangerang1 04

 

Di samping seminar parenting, acara yang berlangsung pada minggu pagi tersebut juga menyajikan berbagai penampilan yang menunjukkan potensi bakat yang dimiliki adik-adik binaan Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang. Beberapa pertunjukkan itu di antaranya: pembacaan puisi, dongeng, penampilan marawis, pameran lukis kreatif dan mading.

 

                  Menurut penuturan pengurus, program parenting ini tidak hanya diselenggarakan saat ini saja, melainkan akan diadakan secara reguler setiap 3 bulan sekali. Keputusan tersebut didasarkan pada pertimbangan bahwa ilmu parenting itu begitu kompleks dan pengetahuan mendidik anak adalah ilmu tersendiri yang harus dipahami oleh setiap orang tua. Di samping itu, pengurus juga berharap dengan adanya program seperti ini, pihak pengelola yayasan dan orang tua siswa binaan dapat saling bersinergi membangun generasi bangsa menjadi anak-anak yang unggul, bisa bermanfaat untuk orang lain dan kelak dapat membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia.

 

3. Liputan Seminar Parenting Tangerang1 05

Last modified onTuesday, 24 January 2017 07:13
Rate this item
(2 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel