MEMPERKENALKAN ASSET BASED COMMUNITY-DRIVEN DEVELOPMENT (ABCD) SEBAGAI METODE PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

Sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, STID Al-Hadid Yayasan Al-Kahfi terus berupaya meningkatkan kualitas pelaksanaan tri dharma yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dalam rangka meningkatkan wawasan dan kemampuan penelitian & pengabdian masyarakat, secara berkala diselenggarakan forum peningkatan wawasan, seminar, dan pelatihan metode penelitian & pengabdian masyarakat. Untuk itulah pada hari Kamis, tanggal 15 Juni 2017, bertempat di Hall Lantai IV Gedung STID Al-Hadid, diadakanlah seminar dengan tema Mengenal Metodologi Penelitian Asset Based Communities Development (ABCD) sebagai Strategi Pengembangan Masyarakat Berbasis Penelitian. Seminar dan workshop ini diikuti oleh para dosen, assisten dosen dan mahasiswa semester akhir selaku pelaksana kegiatan penelitian & pengabdian masyarakat, dengan pembicara Dr. Abdul Muhid, M.Si. praktisi penelitian & pengabdian masyarakat serta Ketua Program Studi S2 Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya.

Dr. Abdul Muhid, M.Si. berpengalman dalam beberapa proyek penelitian & pengabdian masyarakat yang bekerjasama dengan lembaga pemerintah. Dalam acara seminar tersebut, Beliau memperkenalkan salah satu metode baru yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yaitu Asset Based Community-Driven Development (ABCD). Metode ABCD berupaya memberdayakan masyarakat dengan mengenali aset-aset yang dimilikinya, baik yang bersifat materi maupun imateri, sebagai modal awal untuk mengembangkan masyarakat tersebut. Artinya strategi-strategi pemberdayaan dan pengembangan masyarakat didasarkan atas pemetaan aset-aset lokal yang dimiliki masyarakat, sehingga program-program penelitian & pengabdian masyarakat yang dikembangkan sivitas akademik dapat dengan mudah diterima dan sejalan dengan kebutuhan dan keadaan masyarakat setempat.

seminar abcd

Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.30 s.d. 13.30 terbagi dalam dua sesi, sesi pertama penyampaian materi, dan sesi kedua tanya jawab studi kasus. Sekalipun saat itu menjalankan ibadah puasa, namun sama sekali tidak mengurangi semangat dari pembicara untuk menularkan ilmunya kepada para peserta. Lebih-lebih para dosen, asisten dosen dan mahasiswa, sebagai peserta mereka juga antuasias untuk mengikuti penjelasan dan mendalami metode ABCD melalui tanya jawab studi kasus. Semoga dengan kegiatan ini dapat menjadi bekal bagi sivitas akademik STID Al-Hadid Yayasan Al-Kahfi untuk menghasilkan penelitian & pengabdian masyarakat yang berkualitas bagi bangsa.

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel