METODE DAKWAH SANTUN DAN ILMIAH KUNCI KEBERHASILAN DAKWAH DI KALANGAN PELAJAR

Metode dakwah santun dan ilmiah kunci keberhasilan dakwah di kalangan pelajar merupakan inti gagasan penyampaian K.H. Dr. Syamsul Ma’arif, M.A. dalam seminar yang bertajuk Metode Dakwah di Kalangan Pelajar, yang diselenggarakan STID Al-Hadid Yayasan Al-Kahfi pada hari Jumat, 21 Juli 2017, pukul 14.00 – 16.00. Seminar tersebut diselenggarakan sebagai medium untuk meningkatkan wawasan para dosen, asisten dosen dan mahasiswa mengenai lapangan kerja bidang dakwah, khususnya di kalangan pelajar dan remaja. K.H. Dr. Syamsul Ma’arif, M.A. sendiri selain sebagai seorang akademisi bidang dakwah, juga seorang praktisi yang kaya akan pengalaman dakwah di berbagai kalangan termasuk generasi muda. Hal tersebut salah satunya ditunjukkan dengan posisi Beliau saat ini sebagai Wakil Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Wakil Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Dalam seminar yang diselenggarakan di Hall Lantai IV Gedung STID Al-Hadid tersebut, K.H. Dr. Syamsul Ma’arif yang juga sebagai Penasehat Yayasan Al-Kahfi DKI Jakarta, tidak hanya memberikan ulasan secara teoritis, tetapi juga banyak memberikan contoh-contoh pengalaman praktis dalam dunia dakwah, dengan gaya komunikasi yang segar dan menarik. Beliau menjelaskan bahwa dakwah santun yang dimaksudkan tidak hanya terkait gaya komunikasi yang disajikan olah dai, tetapi juga bagaimana bisa merebut hati para pelajar dan guru sebagai mitra dakwah. Untuk itu pendekatan yang rasional, dialogis dan menghargai orang lain dalam dakwah perlu dikedepankan. Maka kunci sukses dakwah di kalangan pelajar adalah dengan penyampaian dakwah yang ilmiah, tanpa paksaan, tidak menjelek-jelekkan/menjatuhkan pemikiran yang berbeda, apalagi melakukan fitnah terhadap kelompok dakwah lain yang berbeda.

Dalam kesempatan tersebut, K.H. Dr. Syamsul Ma’arif juga mengapresiasi mahasiswa STID Al-Hadid Yayasan Al-Kahfi yang berani memilih pendidikan dakwah. Sebab menurut beliau profesi tersebut saat ini sangat langka, sementara kebutuhan masyarakat akan tenaga ahli bidang dakwah sangat tinggi. Beliau juga memuji semangat dakwah para lulusan STID Al-Hadid Yayasan Al-Kahfi yang saat ini telah sukses berprofesi dalam dunia dakwah. Seperti mereka yang mengemban tugas dakwah di Ibu kota, meskipun banyak hambatan tetapi akhirnya mampu mengembangkan dakwah di sana. Oleh karenanya beliau berpesan, agar para mahasiswa belajar dengan giat, sebab mereka sudah dinantikan kehadirannya di masyarakat. Seminar Ilmiah bersama K.H. Dr. Syamsul Ma’arif memberikan suatu wawasan baru dan memperkaya pemahaman lapangan dakwah para dosen, asisten dosen dan mahasiswa, sekaligus inspirasi bagi sivitas akademik STID Al-Hadid untuk terus concern dalam dunia dakwah.

seminar metode dakwah dsc08089

Rate this item
(2 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel