Tebar Paket Pendidikan Yayasan Al-Kahfi Cabang Bogor Menguatkan Kebersamaan dalam Kebhinekaan melalui Peran Pendidikan

KUATKAN PENDIDIKAN: Siswa-siswi yatim dan dhu’afa tingkat SMU penerima paket Pendidikan Pendidikan Yayasan Al-Kahfi Cabang Bogor. KUATKAN PENDIDIKAN: Siswa-siswi yatim dan dhu’afa tingkat SMU penerima paket Pendidikan Pendidikan Yayasan Al-Kahfi Cabang Bogor.

Dengan didasari semangat mengisi kemerdekaan, Yayasan Al-Kahfi Cabang Bogor membagikan sedikitnya 250 paket bantuan peralatan sekolah kepada siswa-siswi kurang mampu dalam Program Tebar Paket Pendidikan ke Pelosok Bogor pada hari minggu, 27 Agustus 2017.

Dalam sambutan acara yang didukung oleh banyak tokoh pendidikan dan agama ini, Bapak Aris Kristiono, MHI, mewakili Yayasan Al-Kahfi Pusat, menyampaikan bahwa Yayasan Al-kahfi adalah yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan, dakwah, dan kesejahteraan sosial. Kinerja rekan-rekan Yayasan Al-Kahfi Cabang Bogor yang berupaya untuk turun langsung ke masyarakat, khususnya bidang pendidikan anak-anak tidak mampu, layak diapresiasi dan diharapkan dapat memberikan sumbangsih pada kehidupan di masyarakat Indonesia.

Sejalan dengan tema kegiatan yaitu “Dengan Semangat Kemerdekaan, Kita Kuatkan Kebersamaan dalam Kebhinekaan melalui Peran Pendidikan Penuh Prestasi”, dalam rangkaian acara disuguhkan pula penampilan Al-Kahfinita. Grup musik dari surabaya ini dengan apik membawakan komposisi-komposisinya dengan tema Islam Kebangsaan yang mengajak masyarakat untuk membangun Indonesia berdasarkan Pancasila, mengisi kemerdekaan dengan persatuan dan persaudaraan . Tidak kurang dari lima lagu yang dibawakan oleh duo vokal Rere dan Efrida tersebut, yaitu yang berjudul Indonesia Kehormatanku, Bhineka Tunggal Ika, Islam Kebangsaan, Tanah Air serta Merah Putih. Hasilnya, gelora nuansa kebangsaan dapat terasa di gedung aula SMKN 3 Kota Bogor.

Menanggapi kegiatan ini, K.H. Fuad Fithrie Fachrurrozie selaku Ketua Bidang Dakwah Majelis Ulama Indonesia Kota Bogor mengapresiasi acara ini. “Saya mengapresiasi program tebar paket pendidikan ke Pelosok Bogor ini karena berarti juga menebar berkah. Dan ini sinkron dengan sabda Rasulullah, “saling memberilah kalian maka akan tumbuh cinta”. Semoga ini bisa menautkan semua pihak untuk saling menebar kasih sayang.” tutur beliau.

Selain hadirnya tokoh MUI dalam serangkaian acara tersebut, beberapa elemen masyarakat lainnya juga turut hadir dan memberikan sambutan pada acara ini, di antaranya Bapak Dr. H. I’ie Naseri M.M dan H. Ujang Supriyatna, S.Ag. serta Ibu Masayu Nurcahya dari kementrian Agama Kota Bogor; Hj. Iis Ustiyah, S.E., M.Si. dari Dinsosnakertrans Kota Bogor; Drs. Jana Sugiana, M.Pd. dari Dinas Pendidikan Kota Bogor; dan Aiptu Sujadi dari Polsek Bogor Tengah.

Dalam wawancara terpisah, perwakilan kementrian agama, Bapak DR. H. I’ie Naseri, berharap agar Yayasan Al-Kahfi, yang merupakan salah satu komponen dan elemen masyarakat agar dapat terus bersinergi dengan pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Apresiasi positif yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Pendidikan Kota Bogor, Bapak Jana Sugiana, dalam sambutannya. Beliau berharap program ini harus berlanjut dan diikuti oleh instansi atau yayasan lain. “Sekarang pendidikan membutuhkan bantuan dari semua institusi dan semua yayasan, dan Al-Kahfi ini yang memulai membantu pendidikan langsung kepada siswa-siswi dari mulai SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/K atau MA se kota Bogor yang kurang mampu. Semoga dari tahun ke tahun terus menerus diikuti oleh institusi-institusi atau yayasan-yayasan yang lainnya juga.”

Dengan perspektif berbeda, Aiptu Sujadi, menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan akan sangat membantu para orang tua penerima bantuan sehingga mereka tidak terjerumus dalam kriminalitas karena himpitan biaya pendidikan. “Sangat bagus, kegiatan ini akan mengurangi kriminalitas, saya dari Kepolisian Republik Indonesia khususnya Polsek Bogor Tengah mengapresiasi kegiatan ini karena akan mengurang kriminalitas. Bantuan ini akan meringankan para orang tua anak-anak yang menerima bantuan sehingga tidak melakukan kriminalitas karena masalah pendidikan.” Ungkap Aiptu Sujadi.

Kesan positif terhadap kegiatan ini bukan hanya dari aspek manfaat semata melainkan juga dari acara seremonial yang diselenggarakan. Ujang Supriyatna selaku Kasi Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama Kota Bogor selain mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini, juga menilai kegiatan ini sebagai kegiatan yang istimewa karena selain ada unsur sosial, kegiatan seremonial ini juga mampu memadukan antara kebangsaan dengan nuansa islami. “Kegiatan ini istimewa, amazing ya, karena ada sentuhan lain. Saya biasa menghadiri acara santunan dan kegiatan sosial keagamaan lainnya itu biasa, namun hal ini berbeda, ternyata satu sisi kebangsaannya muncul sisi keagamannya juga muncul. Ke depan saya ingin ada combine program antara Kementerian Agama dengan Yayasan Al-Kahfi.” ujarnya.

bgr4
GELORAKAN ISLAM KEBANGSAAN: Grup Musik Al-Kahfinita membawakan komposisi bertema Islam Kebangsaan yang mengajak menjaga persatuan kesatuan untuk membangun bangsa.

bgr2
Ketua Yayasan Al-Kahfi Cabang Bogor, Sofyan Hadi (ujung kiri) dan tamu Undangan beserta KH. Fuad Fithrie Fachrurrozie, Ketua Komisi Dakwah MUI Bogor dan Bpk. Aris Krintaianto, M.HI, perwakilan Yayasan Al-Kahfi Pusat.

bgr3
Sambutan oleh KH. Fuad Fithrie Fachrurrozie, Ketua Komisi Dakwah MUI Bogor.

bgr3
Penyerahan vandel kepada pendukung kegiatan tebar paket pendidikan Yayasan Al-Kahfi Cabang Bogor.

Last modified onSaturday, 23 September 2017 06:02
Rate this item
(1 Vote)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel