Yayasan Al-Kahfi Cabang Pekalongan: Tebar Paket Bantuan Kurban di Wilayah Terdampak Musibah Rob

BERBAGI: Pengurus Yayasan Al-Kahfi Cabang Pekalongan bersama siswa binaan membagikan kantong paket kurban dan sembako di wilayah terdampak musibah rob Pekalongan. BERBAGI: Pengurus Yayasan Al-Kahfi Cabang Pekalongan bersama siswa binaan membagikan kantong paket kurban dan sembako di wilayah terdampak musibah rob Pekalongan.

Idul Adha 1438 H di Yayasan Al-Kahfi Cabang Pekalongan tahun ini terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya yang hanya membagikan daging Qurban kepada warga di area sekitar Sekretariat. Dengan tajuk “Berqurban dengan Ikhlas dan Menebar Kebaikan untuk Sesama”, tahun ini Yayasan Al-Kahfi Cabang Pekalongan melebarkan wilayah sasaran hingga ke Bandengan, yaitu salah satu daerah yang terkena musibah Rob. Sejumlah 820 paket daging Qurban dibagikan kepada warga yang membutuhkan di wilayah lingkungan yayasan yakni, Panjang Wetan, Kandang Panjang, Bugisan, dan juga termasuk di lingkungan musibah rob, Bandengan.

Sedikitnya 230 paket bantuan berupa daging qurban dan beras dibagikan kepada warga RW 04 Kelurahan Bandengan, Kecamatan Pekalongan Utara. “Nilainya mungkin tidak seberapa, namun itulah upaya dan langkah awal kami membantu meringankan beban mereka dalam pemenuhan kebutuhan pokok yang terhambat karena hilangnya mata pencaharian dari sawah-sawah yang kini tergenang air rob dan menjadi tidak produktif”, ujar M. Nur Gunarso, Ketua Yayasan Al-Kahfi Cabang Pekalongan.

“Dulu ini adalah hamparan sawah yang hijau, sekarang seperti yang mbak lihat, tidak bisa lagi di tanami karena tergenang air rob”, cerita Pak Mulyanto selaku Ketua RW 04. “Saat ada angin kencang dan air naik mungkin mbak-mbak ini tidak sampai kerumah ini karena tidak berani, sebab tidak bisa membedakan mana jalan mana sawah yang terendam air, karena sama semua, bahkan airpun masuk kerumah-rumah”, imbuh Pak RW menceritakan kondisi yang di alaminya.

Tak berbeda dengan apa yang di ceritakan Pak Dakim, “Tidak ada hujan, tidak ada angin, air pun sudah setinggi lutut” ungkap Pak Dakim selaku Ketua RT 4 kepada tim distribusi. “Apalagi kalau ada angin sedikit saja, masuk semua air kerumah-rumah” imbuhnya.Benar rupanya saat terjadi angin kencang, jalanan akan dipenuhi air hingga masuk ke rumah warga, meskipun rumah sudah ditinggikan hingga menjadi sekitar 1,5 - 2 meter tingginya dari kebanyakan rumah yang ada. Saat pembagian kupon paket kurban, mau tak mau tim distribusi pun harus memarkir sepeda motor di jalan yang kering kemudian jalan kaki melewati jalanan banjir untuk sampai di lokasi RW 04 yang kondisinya paling parah dibanding dengan RW lain di Kelurahan Bandengan.

Alhamdulillah, saat hari Idul Adha, 1 September 2017, kondisi air surut dan jalanan kering, sehingga proses distribusi paket bantuan pun bisa berjalan lancar tanpa hambatan air rob yang menggenang. Mobil yang mengangkut paket bantuanpun disambut senyuman hangat oleh warga RW 04.

Titik distribusi paket bantuan ditempatkan di depan rumah salah satu warga yang lumayan luas. Satu persatu paket bantuan berupa daging dan beras di bagikan panitia Qurban Al-Kahfi dengan di bantu Pak Dakim dan Pak Jamiil selaku Ketua RT 04 dan RT 05.

“Terima Kasih banyak Kepada Al-Kahfi yang sudah peduli dan perhatian kepada warga saya di RW 04. Ini sangat membantu sekali meringankan beban kami yang kesulitan memenuhi kebutuhan pokok, alhamdulillah hari ini ada Al-Kahfi yang membantu, sekali lagi saya berterima kasih atas kepedulian Al-Kahfi” ungkap Pak Mulyanto, Ketua RW 04, setelah semua paket bantuan di bagikan ke warganya.

Senyuman dan ucapan terima kasih dari para wargapun menghujani Panitia Qurban Al-Kahfi sepanjang perjalanan pulang menuju Sekretariat. Semoga apa yang telah Yayasan Al-Kahfi Cabang Pekalongan bagikan bisa meringankan sedikit beban mereka yang terkena musibah rob, dan di tahun mendatang mampu menjangkau lebih luas pada masyarakat yang membutuhkan di lingkungan lainnya.

kurbanpekalongan2
Antusiasme warga Bandengan menukarkan kupon paket qurban dan sembako Yayasan Al-Kahfi Cabang Pekalongan.

kurbanpekalongan3
Genangan air di pemukiman warga Pekalongan terdampak rob di saat air sedang surut.

Last modified onSaturday, 23 September 2017 09:54
Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel