IDUL ADHA: YAYASAN AL-KAHFI BAGIKAN 26.600 PAKET DAGING KURBAN

RAYAKAN IDUL KURBAN: Pengurus Yayasan Al-Kahfi memperingati Hari Raya Idul Adha 1438 H dengan pemotongan hewan kurban dan pembagian paket daging kurban. RAYAKAN IDUL KURBAN: Pengurus Yayasan Al-Kahfi memperingati Hari Raya Idul Adha 1438 H dengan pemotongan hewan kurban dan pembagian paket daging kurban.

 

Idul Adha adalah momen agung dimana umat Islam di seluruh dunia mengingat kembali peristiwa Nabi Ibrahim AS dengan putranya Ismail AS. Sebuah momen, dimana kecintaan kepada Allah serta rasionalitas pengorbanan ditampilkan untuk menjadi tauladan. Penyembelihan hewan kurban yang menggantikan Ismail as, diabadikan Allah dalam perayaan Idul Adha ini.

 

Pada hari jum’at, 1 September 2017, dalam rangka perayaan Idul Adha, di kantor pusat Yayasan Al-Kahfi terlihat lalu lalang kesibukan kegiatan pemotongan kurban. Tahun ini terkumpul hewan kurban sebanyak 5 sapi dan 16 kambing yang diperoleh dari donatur dan pengurus yayasan. 1 ekor sapi dan 5 ekor kambing diantaranya, diserahkan dalam bentuk kurban hidup kepada Takmir Masjid “Al-Jihad”, yakni masjid di dekat lingkungan Yayasan Al-Kahfi, pengurus musholla dan pengurus kampung. Sisanya, 4 ekor sapi dan 11 ekor kambing dikelola oleh pengurus yayasan untuk kemudian dipotong dan dikemas dalam paket-paket daging kurban.

Bapak Suwari, Ketua Yayasan Al-Kahfi yang ikut serta juga dalam kegiatan idul kurban ini menyatakan, “Pemotongan hewan kurban adalah agenda rutin tahunan Yayasan Al-Kahfi pusat ataupun di daerah. Tiap-tiap cabang Yayasan Al-Kahfi di seluruh Indonesia dihimbau untuk melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban, baik dengan menyelenggarakan kepanitian sendiri ataupun bersama dengan warga sekitar yayasan. Selain untuk bisa mengingat ketajaman rasional pengorbanan keluarga Nabi Ibrahim dalam melaksanakan perintah Allah, perayaannya dapat pula memberi manfaat sosial bagi lingkungan.”

Mengenai hewan kurban di kantor pusat, Achmad Syarifudin, ketua panitia kegiatan Idul Adha di Al-Kahfi Pusat menyatakan bahwa, “Sapi kurban Al-Kahfi tahun ini didapat dari peternakan di Nganjuk. Paling besar, peranakan jenis simental, beratnya 838 kilogram, pemberian dari Bpk. Ir. Kristiono. Sedang yang diberikan pada pengurus Masjid “Al-Jihad”, adalah sapi jenis brangus dengan bobot 730 kilogram.” ucapnya.

Meski dilaksanakan pada hari jum’at, pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Yayasan Al-Kahfi Pusat berlangsung dengan baik dan efektif. Kemudahan itu karena adanya persiapan yang matang dari panitia di jauh hari sebelum hari idul adha. Dengan mengerahkan sedikitnya 150 tenaga pengurus, kegiatan pemotongan dan pengemasan daging kurban yang dimulai sejak pukul 07.30 dapat selesai pukul 11.00, sebelum sholat jum’at.

“Alhamdulillah, 17 divisi panitia yang bekerja berjalan efektif. Meski sempat mulanya merasa was-was karena di tahun ini bertambah 1 sapi kurban dan pelaksanaannya di hari jum’at. Tapi berkat kerjasama semua rekan-rekan, ternyata mampu selesai lebih cepat dibanding tahun lalu. Bersyukur, jumlah paket yang didistribusikan di warga juga bisa lebih banyak. Tahun ini bisa terkumpul 1.020 kilogram daging kurban yang nantinya akan di distribusikan kepada warga di lingkungan Kejawan Putih Tambak” jelas Achmad Syarifuddin yang akrab dipanggil Amin.

Pada kesempatan terpisah di salah satu cabang, Rohmatul Laily, Ketua Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang Selatan, menyatakan kabar gembira juga berkaitan dengan kenaikan hewan kurban yang disembelih di tahun ini. Cabang Tangerang Selatan, menyembelih 11 sapi dan 14 kambing. Pelaksanaannya di hari jum’at juga berjalan lancar dan efektif dengan dibantu oleh siswa asuh dan binaan Al-Kahfi. Lebih dari 900 paket berisi daging 2,5 kilogram di bagikan kepada warga lingkungan yayasan dan warga yang membutuhkan.

Tak kalah menarik, kegiatan perayaan Idul Adha di Yayasan Al-Kahfi Cabang Medan bukan hanya menyasar warga di sekitar lingkungan Yayasan, tetapi juga mengirimkan hewan kurban hidup di desa-desa pelosok yang warga muslimnya minoritas. Karena keadaan ekonomi yang tidak mampu, salah satu desa yang menjadi sasaran distribusi, Desa Bintang Meriah Kecamatan Pancur Batu, menceritakan bahwa di desanya sudah 15 tahun lamanya tidak melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Ucapan terima kasih dan doa kepada Yayasan dan para donatur, secara tulus disampaikan oleh warga atas pemberian hewan kurban.

Berikut adalah sebagian testimonial dan ucapan terima kasih berkaitan dengan dengan pembagian paket kurban oleh cabang-cabang Yayasan Al-Kahfi

“Alhamdulillah sudah mendapat daging kurban. Setahun sekali soalnya diberi daging. Setiap hari makannya seadanya. Untuk program Idul Adha di Yayasan Al-Kahfi harapannya berlanjut tiap tahun karena banyak manfaat dan bisa menjaga silaturrahmi.” (Mbah Dasiyem, 85 tahun, janda dhuafa di sekitar Yayasan Al-Kahfi Cabang Magetan)

“Saya mewakili BKM Masjid at-Taqwa mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Al-Kahfi Cabang Medan yang telah menyumbangkan 1 sapi kepada desa kami. Semoga niat baik ini diterima Allah SWT, mengingat kami sudah lama tidak pernah mendapatkan bantuan 1 ekor sapi dan baru tahun ini kami bisa menyembelih 1 ekor sapi untuk warga desa. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih.” (Perwakilan BKM (Takmir) masjid At-Taqwa, desa beranti Siguci Kec. STM Hilir Kota Medan)

“Alhamdulillah, ada Yayasan Al-Kahfi yang menyelenggarakan program qurban di desa kami. Ini untuk pertama kalinya kami menyembelih qurban sapi di desa ini. Kami terkesan dengan anak-anak muda yang memperhatikan kami, yang jauh-jauh naik ke atas (dataran tinggi). Dengan bantuan ini, alhamdulillah 250 KK kebagian dagung kurban. Ada banyak papuk-papuk tua (kakek-nenek), orang lumpuh, jompo, janda anak yatim dan siswa putus sekolah disini. Jarang yang mau datang kesini kecuali waktu pemilu. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi mereka. Kami berharap Al-Kahfi dapat menjadi saudara kami dan datang ke desa kami untuk membantu dengan tulus. (Bapak Mahdi, Kepala Dusun Batu Butir, Kecamatan Gunung Sari, Kab, Lombok Barat, NTB)

“Alhamdulillah, program Idul Adha Yayasan Al-Kahi berjalan lancar dan pembagiannya merata. Sudah saya cek, semua warga dari RT 01 sampai RT 08 di RW 05, semua sudah mendapatkan. Sudah 4 tahun Yayasan Al-Kahfi ada di wilayah Blok RT.05 RW 05 Kelurahan Gandaria Utara, Jakarta Selatan. Saya sebagai ketua RT, berharap Yayasan Al-Kahfi dapat terus ada di tengah masyarakat. Karena kehadiran Yayasan Al-Kahfi sangat membantu orang tua yang tidak mampun untuk mendapatkan bimbingan pelajaran dan akhlak mulia di Yayasan Al-Kahfi” (Bapak Gatot, Ketua RT.05 RW.05 Kelurahan Gandaria Utara, Jakarta Selatan)

Alhamdulillah, secara nasional, dari hasil pendataan yang dilakukan oleh Yayasan Al-Kahfi Pusat, sedikitnya di tahun ini terkumpul 26.600 paket daging yang didistribusikan kepada warga sekitar lingkungan Yayasan Al-Kahfi serta warga yang membutuhkan. Hewan kurban yang disembelih tersebut, baik berupa sapi atau kambing, adalah pemberian dari donatur-donatur dan juga berasal dari pengurus yayasan. Semoga di tahun-tahun mendatang, kegiatan Idul Adha Yayasan Al-Kahfi mampu memberikan kebermanfaatan yang lebih luas pada masyarakat.

kurban2017pusat2
Sapi dari peternakan Nganjuk berbobot 838 kilogram yang disembelih dalam perayaan Idul Adha 1438 H di kantor Yayasan Al-Kahfi Pusat.

kurban2017pusat3
Penyerahan hewan kurban hidup kepada Takmir Masjid Al-Jihad, Kejawan Putih Tambak, Surabaya.

kurban2017pusat4
Pembagian paket daging kurban oleh Yayasan Al-Kahfi Cabang Medan pada masyarakat desa pelosok di Desa Bintang Meriah Kec. Pancur Batu dan Desa Namu Batang Kec. Namorambe Medan.

kurban2017pusat5
Pembagian paket daging kurban oleh Yayasan Al-Kahfi Cabang Medan pada anak Yatim dan Dhu’afa.

kurban2017pusat6
Kebahagiaan ibu-ibu penerima paket daging kurban di Yayasan Al-Kahfi Cabang Jakarta Timur.

kurban2017pusat7
Kegiatan pemotongan hewan kurban di Yayasan Al-Kahfi Cabang Karawang dengan dibantu oleh warga berserta adik-adik binaan Yayasan Al-Kahfi.

kurban2017pusat8
Suasana antrian pembagian tebar 1000 paket daging kurban di Yayasan Al-Kahfi Cabang Cilegon.

kurban2017pusat9
Ijab kabul penerimaan sodaqoh hewan kurban dari Yayasan Al-Kahfi Cabang Mataram kepada masyarakat Dusun Batu Butir, Lombok Barat.

kurban2017pusat10
Kegiatan distribusi paket kurban di lingkungan Dusun Batu Butir oleh Yayasan Al-Kahfi Cabang Mataram dengan dibantu oleh penduduk setempat.

kurban2017pusat11
Kebahagiaan adik-adik binaan Yayasan Al-Kahfi Cabang Batam dalam perayaan Idul Adha di sekertariat bersama warga.

kurban2017pusat12
Meski hingga menjelang malam, semangat panitia untuk membagikan paket daging kurban di Yayasan Al-Kahfi Cabang Jakarta Selatan tidak surut.

Rate this item
(9 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel