Perwakilan BEM STID Al-Hadid menghadiri Undangan Upacara Bendera Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89

Bersama Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Surabaya, delegasi peserta mahasiswa STID Al Hadid menghadiri Upacara Bendera di Halaman Gedung Negara “Grahadi” Surabaya Bersama Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Surabaya, delegasi peserta mahasiswa STID Al Hadid menghadiri Upacara Bendera di Halaman Gedung Negara “Grahadi” Surabaya

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017, STID Al-Hadid Yayasan Al-Kahfi mendapat undangan dari Gubernur Jawa Timur untuk menghadiri Upacara Bendera yang pelaksanaannya dilakukan pada Jum’at, 27 Oktober 2017 di Halaman Gedung Negara “Grahadi”, Jl. Gubernur Suryo No. 7 Surabaya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Gedung Negara Grahadi diikuti oleh sejumlah anggota DPRD, para pimpinan TNI dan Polri serta perwakilan dari beberapa Konsulat Jenderal di Jawa Timur. Dalam acara tersebut tampak pula Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf dan sejumlah peserta undangan dari beberapa unsur kepemudaan antara lain Kader Bela Negara Jatim, kadet Taruna AAL, Tagana, Pemuda Panca Marga Jatim, Resimen Mahasiswa Mahasurya Jatim, perwakilan perguruan Tinggi PTN/PTS, Pelajar SMU, dan unsur kepemudaan lain se-Surabaya. STID Al Hadid Yayasan Al Kahfi sebagai perwakilan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) sebagaimana isi undangan yang diterima sejak tanggal 18 Oktober 2017 mengirim delegasi peserta dari unsur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) berjumlah 5 orang, terdiri dari 2 mahasiswa dan 3 mahasiswi. Keikutsertaan BEM STID Al Hadid dalam kegiatan tersebut dipilih berdasarkan kemampuan sosial dan perannya masing-masing dalam organisasi kemahasiswaan kampus. Mahasiswa STID Al Hadid bersama BEM Se-Surabaya tampak berseragam jas almamater memenuhi Pintu Timur Sektor C dan B yang diperkirakan berjumlah kurang lebih 3 peleton mewakili Perguruan Tinggi PTN/PTS Se-Surabaya.

Bertindak sebagai inspektur upacara bendera dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo. Kegiatan upacara bendera yang di mulai pada pukul 08.00 WIB itu berlangsung dengan khidmat, khususnya saat pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda hasil keputusan kongres Pemuda 28 Oktober 1928. Gubernur Jawa Timur berdiri dihadapan puluhan pemuda berpakaian adat mewakili berbagai daerah di Indonesia.

Dalam pidatonya, Gubernur mengajak seluruh elemen untuk meneladani dan merenungi nilai kejuangan yang terkandung dalam Sumpah Pemuda, yaitu semangat berani bersatu di tengah situasi penjajahan tahun 1928 dan mampu membuahkan hasil yang luar biasa. Meskipun gelombang liberalisasi mendorong berubahnya gaya hidup pemuda zaman sekarang, kegiatan kejuangan harus terus dilaksanakan agar menjadi benteng bagi generasi penerus bangsa, demikian tandas beliau.

Pak De Karwo, panggilan akrab Gubernur Jatim ini juga berpesan, bahwa pembangunan rasa nasionalisme di iklim demokrasi harus dibangun dengan contoh, bukan pidato atau instruksi. Beliau juga menekankan masalah mentalitas, budaya, spiritual dan keIndonesiaan, agar terus dilaksanakan dibentuk karakter dan budi pekertinya, diantaranya seperti hormat kepada orang tua, guru dan rasa cinta pada negara dan bangsa. Diakhir pidatonya, Gubernur Jatim juga menegaskan agar generasi muda tidak larut dengan nilai-nilai yang tidak cocok dengan karakter budaya bangsa.

Hal menarik lainnya, dalam rangkaian kegiatan peringatan sumpah pemuda ini, Gubernur Jatim juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Bupati/Walikota serta para pemuda-pemudi berprestasi asal Jatim. Adapun penghargaan tersebut diantaranya, sepuluh kategori Warisan Budaya Tak Benda, Lima orang kategori Pemuda pelopor Provinsi Jatim, Empat orang kategori Penghargaan Tingkat Nasional dan Internasional, ketegori pemenang drum band Tingkat Provinsi Jatim serta tiga orang pemenang karya tulis ilmiah.

Sebuah kebanggaan bagi STID Al Hadid Yayasan Al Kahfi untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan Peringatan Hari Besar Bersejarah, Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017 di Gedung Negara Grahadi. Semoga dengan adanya peringatan ini akan menjadi motivasi bagi para pemuda untuk berkarya dan bersatu dalam mengisi kemerdekaan.

acaraaksikebangsaandigrahadi2
Perwakilan mahasiswa STID al-Hadid Yayasan Al-Kahfi saat mengikuti Upacara Bendera Memperingati Sumpah Pemuda di Halaman Gedung Negara “Grahadi” Surabaya.

Last modified onFriday, 17 November 2017 06:52
Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel