STID Al Hadid kirimkan delegasi pada Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Se-Jawa Timur di Gelora Pancasila

Menindaklanjuti Deklarasi Pimpinan Perguruan Tinggi se-Indonesia di hadapan Presiden Joko Widodo pada tanggal 25-26 September 2017 di Bali, pada momentum peringatan hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2017, semua Perguruan Tinggi diharapkan menyelenggarakan Kuliah Kebangsaan baik dilingkungan kampus masing-masing atau dalam lingkup kabupaten/Kota. Kuliah kebangsaan ini membahas permasalahan kebangsaan terkait ancaman dan tantangan paham radikalisme dan intoleransi yang hendak merubah Pancasila, merusak kebinekaan, dan mengancam keutuhan NKRI.

Di Jawa Timur, aksi tersebut digelar melalui acara Aksi Kebangsaan Melawan Radikalisme dalam bentuk Kuliah Kebangsaan pada tanggal 28 Oktober 2017 di pusatkan di Gelora Pancasila Jl. Patmosusastro No. 12 Surabaya. Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Se-Jawa Timur secara serempak di mulai pukul 13.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.00 WIB. STID Al Hadid sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, turut serta berpartisipasi dan mengirimkan perwakilannya.

Menurut panitia penyelenggara, acara ini dihadiri oleh kurang lebih 5.000 peserta dari 50 Perguruan Tinggi se-Jawa Timur yang mewakili unsur pimpinan dan delegasi mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Peserta Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme (Kuliah Akbar Perguruan Tinggi Se-Jawa Timur) difokuskan untuk mahasiswa.

Adapun acara inti dalam Kuliah kebangsaan dari siang sampai sore mengenai penguatan faham kebangsaan dan antiradikalisme, yaitu meliputi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lagu nasional Satu Nusa Satu Bangsa, pembacaan sumpah pemuda oleh Mahasiswa, Pembacaan Deklarasi Bali oleh Pimpinan Perguruan Tinggi, serta Sambutan serta Kuliah Kebangsaan.

Pada peringatan sumpah pemuda ini, bertindak sebagai moderator acara mewakili sekretaris Streering Commitee yang juga Rektor Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya, DR. Bachrul Amiq, S.H, M.H, membacakan Deklarasi Pimpinan Perguruan Tinggi se-Jawa Timur sebagaimana isi deklarasi Bali yang isinya menyatakan:

  1. Satu Ideologi, Pancasila.
  2. Satu Konstitusi, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  3. Satu Negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  4. Satu Semboyan, Bhineka Tunggal Ika.
  5. Satu Tekad, Melawan Radikalisme dan Intoleransi.

Pada pukul 15.00 WIB acara sambutan Aksi Kebangsaan disampaikan oleh Kapolda Jawa Timur, Irjen. Pol. Drs. Machfud Arifin, S.H. Dalam kesempatan ini Kapolda Jawa Timur menyampaikan pesan kepada generasi muda, khususnya di wilayah Jawa Timur agar tidak mudah terpengaruh oleh gerakan radikalisme yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Dalam memeriahkan acara Aksi Kebangsaan ini, Kapolda Jatim memberikan hadiah sepeda untuk tiga peserta delegasi mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan.

Selanjutnya Orasi Ilmiah Kebangsaan salah satunya disampaikan oleh Dr. H. Hammis Syafaq, M.Fil.I mewakili pembicara dari Kopertais IV. Dalam acara tersebut Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya ini secara interaktif melibatkan partisipasi mahasiswa untuk saling memberikan kasih sayang, rasa aman, dan persaudaraan antar sesama manusia walaupun berbeda suku, agama dan budaya. Selain itu menilai bahwa tindakan radikalisme dan terorisme merupakan pemahaman sempit yang tidak sejalan dengan ajaran Islam.

Setelah acara Orasi Ilmiah Kebangsaan, di akhir, moderator juga meminta kesediaan peserta delegasi mahasiswa Perguruan Tinggi mewakili suara generasi muda untuk tampil di atas panggung dan memaknai acara Hari Sumpah Pemuda.

kegiatangelorapancasila2
Delegasi dari STID al-Hadid saat berswafoto dalam Kuliah Akbar Aksi Kebangsaan Melawan Radikalisme Se-Jawa Timur.

Last modified onFriday, 17 November 2017 07:36
Rate this item
(1 Vote)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel