AKSI SOLIDARITAS YAYASAN AL-KAHFI UNTUK ROHINGYA (2)

  • Published in Berita
  • Written by
  • Monday, 05 February 2018 09:05
  • 0

Tanpa terasa, momen penggalangan bantuan untuk warga muslim Rohingya yang dilaksanakan oleh Yayasan Al-Kahfi telah usai. Tepat pada tanggal 22 Oktober 2017 yang lalu, secara resmi pelayanan posko bantuan yang telah berjalan semenjak 12 September lalu itu telah ditutup.

Mengenai akumulasi total bantuan, berdasarkan pelansiran dari laporan bendahara kantor pusat, jumlahnya diketahui sebagai berikut:

reportaserohingya2

Bantuan dana sebesar Rp. 712.629.267 tersebut berhasil dihimpun dari kalangan internal Yayasan Al-Kahfi sebanyak kurang lebih 2.464 orang. Nominal bantuan yang tertera di atas sudah termasuk bantuan dana yang disalurkan baik melalui kantor cabang maupun kantor perwakilan Yayasan Al-Kahfi di berbagai kota.

 

Proses dan Dinamika Penggalangan Dana Rohingya

Melihat pencapaian yang demikian besar, membuat segenap panitia merasa sangat bersyukur. Namun patut diakui, bahwa hasil tersebut tidak dapat terwujud bila tidak ada peran serta pengurus, staf karyawan, mahasiswa STID, dan pelajar maupun alumni yang mengikuti kegiatan Yayasan Al-Kahfi. Di samping itu, kerja keras dan kinerja panitia penyelenggara baik itu di kantor pusat maupun kantor cabang/perwakilan, tidak dapat dielakkan sebagai salah satu faktor yang berkontribusi pula. Mengenai segala proses kerja panitia beserta dinamikanya itu, kami rangkum dalam ulasan berikut ini :

 

Koordinasi perdana panitia

Awal kali panitia terbentuk adalah tepat pada hari Selasa, 11 September 2017. Dalam rapat perdana tersebut juga dijelaskan oleh pihak manajemen yayasan Al-Kahfi mengenai latarbelakang, tujuan serta sasaran dari pengadaan aksi solidaritas Rohingya. Di samping itu juga dibahas mengenai teknis pendirian posko baik di kantor pusat maupun di kantor cabang/perwakilan.

 

Sosialisasi program kepada kantor cabang/perwakilan dan kalangan internal Yayasan Al-Kahfi

Tak butuh waktu lama, tiap-tiap divisi pun segera bergerak menjalankan tugas yang diberikan oleh pihak manajemen yayasan pada hari itu juga. Seperti misalnya divisi yang mengkoordinasi posko di kantor cabang, tim segera mensosialisasikan program tersebut kepada kantor-kantor cabang maupun perwakilan. Pertanyaan-pertanyaan dari kantor cabang/perwakilan pun dijawab satu per satu dengan penuh kesabaran.

Kemudian, kesibukan yang sama pun terjadi pada divisi posko pusat. Di waktu yang sama, divisi tersebut bersiap melakukan rekrutmen sdm yang akan bertugas sebagai penjaga posko di kantor pusat. Di samping itu, divisi posko pusat juga mengatur jadwal jaga petugas dan juga menyiapkan bahan briefing tugas-tugas penjaga beserta teknis pelayanan di posko.

Untuk divisi penyiapan desain posko juga tak kalah sibuknya pasca rapat perdana itu. Divisi ini bahkan bisa dikatakan merupakan ujung tombak dimulainya operasional posko. Betapa tidak, jika segala perangkat posko bergantung pada divisi ini, mulai dari membuat banner, standing banner, arsip data tentang perkembangan kondisi Rohingya, penyiapan meja dan kursi tamu, serta buku tamu. Namun alhamdulillah, semua perangkat tersebut dapat diselesaikan tepat pada tanggal 12 September keesokan harinya.

 

Penyiapan posko bantuan

Pada pagi hari tanggal 12 September, seluruh perangkat posko semuanya telah tersedia. Panitia yang berada di kantor pusat pun segera bergegas menata kelengkapan posko tersebut di lantai dasar gedung STID Al-Hadid. Hal ini dilakukan karena pada pukul 12.00, operasional posko di kantor pusat secara resmi harus dibuka.

Standing banner bertuliskan “Posko Bantuan Rohingya” tampak berdiri tegak di samping kursi penjaga. Di sebelahnya tertata rapi 2 kursi yang disediakan untuk tamu, 1 meja, dan 2 kursi untuk petugas jaga. Kemudian di atas meja, tersusun rapi buku tamu, tempelan info grafik perkembangan Rohingya, dokumentasi pengungsi Rohingya dan juga seperangkat peralatan tulis beserta kuitansi sebagai bukti pembayaran. Setelah semua itu tertata, petugas posko pun datang dan siap berjaga melayani pengunjung yang akan tiba.

Tak lama dari itu, seluruh file perangkat posko juga dikirimkan kepada seluruh kantor cabang/perwakilan. Di antaranya seperti standing banner, spanduk, dan juga segala dokumentasi terkait Rohingya.

reportaserohingya3 reportaserohingya4
reportaserohingya5 reportaserohingya6
(Proses Penyiapan Posko Bantuan Oleh Panitia Aksi Solidaritas Untuk Rohingya di kantor pusat Yayasan Al-Kahfi)

 

Posko mulai beroperasi

Tak butuh waktu yang lama, posko di kantor pusat itupun kemudian mulai didatangi oleh para pendonasi. Mulanya 1, 2 orang, dan berikutnya datanglah berbondong-bondong para karyawan Al-Kahfi serta para mahasiswa STID. Di antara mereka ada yang masih sekedar bertanya mengenai beberapa informasi, namun tak jarang pula beberapa dari mereka yang langsung memberikan sejumlah uang sebagai bentuk donasinya.

Untuk posko yang berada di kantor cabang/perwakilan sendiri, keramaian pengunjung rata-rata mulai terlihat pada tanggal 14 September. Ya, hal ini patut diwajari, karena kantor cabang membutuhkan tambahan waktu untuk mencetak banner dan juga spanduk terlebih dahulu.

Di setiap posko, begitu pengunjung datang, maka petugas jaga akan menyambut dan mempersilakan duduk serta menanyakan keperluan kedatangan. Di samping itu, untuk keperluan administrasi, petugas juga akan mengarahkan pengunjung posko untuk mengisi buku tamu yang sudah disediakan. Kemudian, bila maksud kedatangan pengunjung adalah untuk mencari informasi seputar program, maka petugas dengan senang hati memberi penjelasan. Sedangkan bila pengunjung bermaksud untuk menyerahkan bantuan donasi, maka petugas bergegas untuk menuliskan pada lembaran kuitansi, sebagai bukti resmi pembayaran.

reportaserohingya7
reportaserohingya8 reportaserohingya9
(Keramaian Pengunjung di Posko Kantor Pusat Yayasan Al-Kahfi & STID Al-Hadid)

 

Dinamika selama pembukaan posko

Selama pembukaan posko bantuan untuk Rohingya, alhamdulillah tidak banyak kendala yang dialami oleh panitia. Sebaliknya justru panitia amat berbahagia melihat antusiasme para pengurus, staf karyawan, mahasiswa STID, pelajar dan juga alumni dalam menyambut aksi solidaritas ini. Antusiasme tersebut dapat dilihat dari kesungguhan dan keikhlasan mereka dalam memberikan bantuan untuk sesama muslim di Rohingya. Secuil cerita yang terjadi selama pembukaan posko di bawah ini, barangkali bisa memberikan gambaran betapa sungguh-sungguh dan ikhlasnya kalangan internal Yayasan Al-Kahfi dalam menyisihkan sebagian rejekinya untuk warga muslim Rohingya.

 

1) Mahasiswa yang tidak mau diketahui nominal bantuannya

Pada suatu siang, datang seorang mahasiswa dengan membawa sebuah amplop. Mahasiswa tersebut kemudian menyampaikan bahwa dirinya ingin memberi bantuan. Seperti biasanya, petugas pun bergegas membuatkan kuitansi. Namun saat berniat mencatat namanya, mahasiswa ini menolak untuk diberi kuitansi dan memilih memasukkan uangnya di drop box (red: kotak infaq). Saat ditanya mengapa demikian? Mahasiswa ini menjawab bahwa ia malu karena nominalnya tidak seberapa. Namun karena melihat uang dalam amplop tersebut terlihat tebal, maka petugas pun menyarankan agar tetap dibuatkan kuitansi saja, karena susah jika dimasukkan ke dalam drop box. Oke, mahasiswa itupun mengiyakan. Dan betapa kagetnya, ketika dihitung, nominal bantuannya ternyata mencapai angka jutaan.

 

2) Sepasang suami-istri yang memanjatkan syukur atas nikmat yang diperolehnya dengan beramal untuk Rohingya

Pada suatu hari, salah seorang panitia mendapat sms dari seorang staf karyawan yang memberitahukan bahwa dirinya telah mentransfer sejumlah uang untuk Rohingya. Panitia itupun sempat tercengang melihat angka nominal yang cukup besar. Usut punya usut dari perbincangan dengan karyawan itu, diketahui bahwa bantuan tersebut sebagai wujud syukurnya atas kepindahan kerja sang suami yang sebelumnya bekerja nun jauh di pulau lain. Pikir mereka, daripada uang tersebut digunakan untuk mentraktir teman-teman yang sudah berkecukupan, lebih baik disalurkan untuk anak-anak dan pengungsi Rohingya yang tentunya lebih membutuhkan.

 

3) Alumni yatim piatu yang memberi bantuan di tengah keterbatasan

Aksi solidaritas untuk Rohingya, nampaknya tidak hanya sanggup mengetuk hati rekan-rekan internal Yayasan Al-Kahfi yang memiliki kemampuan dana saja, tetapi juga mereka yang hidup dengan kemampuan terbatas. Hal ini seperti yang dicontohkan oleh alumni dari salah satu cabang di Jawa Timur.

Alumni yang memberi donasi tersebut adalah seorang teman yang sudah yatim piatu. Sehari-hari, alumni ini tinggal dengan nenek dan budhenya. Alumni tersebut sudah bekerja, dan dengan kemuliaan hatinya itu, sebagian penghasilannya ia berikan untuk membantu nenek dan budhenya tersebut. Selebihnya, uang yang tersisa, biasanya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Namun ketika mendengar ada pengumpulan bantuan untuk Rohingya, ia pun bersemangat untuk turut membantu. Bantuannya memang tidak terlampau besar, namun jika melihat kondisi sehari-harinya tersebut, bantuan yang diberikannya itu tidaklah kecil.

 

Menuju Tahap Akhir: Pengiriman Bantuan ke Rohingya

Mengingat dana bantuan untuk Rohingya adalah amanah besar dari seluruh pendonasi, maka dalam langkah lanjutan yakni pengiriman bantuan ke Rohingya, panitia melakukannya dengan penuh persiapan pula. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan, agar dana yang diberikan benar-benar tepat sasaran dan membawa kemaslahatan bagi warga muslim Rohingya. Salah satunya adalah dalam hal pemilihan lembaga penyalur bantuan. Yayasan Al-Kahfi berharap, agar dana bantuan Rohingya bisa disalurkan lewat lembaga yang kredibel.

Maka dari itu, pada tahap akhir aksi solidaritas ini, panitia tengah melakukan serangkaian proses penjajakan ke sejumlah pihak yang salah satunya nanti dipercaya untuk menjadi perantara penyalur bantuan. Beberapa pihak tersebut di antaranya seperti Kedubes Bangladesh yang berada di Indonesia, stasiun televisi nasional, dan juga beberapa lembaga yang ditunjuk Pemerintah sebagai pengelola bantuan. Proses penjajakan di antaranya dilakukan dengan cara menghubungi melalui saluran telepon, berkirim surat via electronic mail (email) dan juga membuat appointment untuk bertemu langsung dengan pihak terkait.

Setelah nantinya diputuskan lembaga manakah yang akan diberi kepercayaan untuk menyalurkan dana bantuan tersebut, Yayasan Al-Kahfi akan menyerahkan seluruh bantuan yang berjumlah Rp. 712.629.267 tersebut kepada lembaga yang bersangkutan untuk disalurkan kepada warga muslim Rohingya. Kemudian untuk biaya operasional seperti biaya transport dan lain-lain, sepenuhnya akan ditanggung oleh Yayasan Al-Kahfi. Sehingga dana sebesar Rp. 712.629.267 tadi, benar-benar utuh seluruhnya untuk membantu umat muslim Rohingya.

Bagaimanakah detil ulasan tentang tahap akhir pengiriman bantuan ke Rohingya? Melalui pihak manakah bantuan “Aksi Solidaritas Untuk Rohingya” akan disalurkan? Ikuti ulasannya, pada reportase berikutnya.

 

Read more...

Yayasan Al-Kahfi Cabang Bogor Meriahkan Hari Santri dan Pahlawan

  • Published in Berita
  • Written by
  • Wednesday, 10 January 2018 03:15
  • 0

 

Perayaan Hari Santri Nasional dan Hari Pahlawan memang sudah lewat. Namun, kemeriahannya tetap terlihat di Kantor Sekretariat Yayasan Al-Kahfi Cabang Kota Bogor, di Jalan padi, Kelurahan Baranangsiang, Bogor Timur, Minggu (12/11/17). Tak kurang dari 100 paket bantuan diberikan kepada para santri, marbot dan guru ngaji.

Sekretaris Yayasan Al-Kahfi Cabang Bogor, Riyami, S.Kom.I menuturkan, Program Peduli Santri, Marbot dan Guru Ngaji Jilid II ini merupakan wujud penghargaan bagi para santri pejuang kemerdekaan. “Seratus paket bantuan yang kami berikan untuk para santri, marbot dan guru ngaji yang tersebar di lima kecamatan di Kota Bogor,” ujarnya di sela-sela sambutan.

Terlihat beberapa tokoh masyarakat dan muspida turut hadir antara lain, KH. Fuad Fithrie Fachrurozie dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor; H. Ujang Supriyatna S.Ag., M.Pd.I dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor; Iis Ustiyah, S.E., M.Si dari Dinas Sosial Kota Bogor; Toni Nairan dari Koramil Bogor Timur; Feri Ferdiana dari Polsek Bogor Timur; Suburudin dari Kelurahan Baranangsiang, serta RT dan RW setempat.

Read more...

Pengajian Akbar dan Pasar Murah Yayasan Al-Kahfi Cabang Klaten

  • Published in Berita
  • Written by
  • Saturday, 06 January 2018 09:20
  • 0

Minggu, 24 Desember 2017, merupakan hari yang luar biasa bagi Yayasan Al-Kahfi Cabang Klaten. Adanya dukungan dari masyarakat Bareng, Klaten Tengah, Klaten dan para Dermawan, telah mendukung kelancaran kegiatan Pengajian Akbar dan Pasar Murah di aula Masjid Raya Kabupaten Klaten. Kegiatan ini diadakan dalam rangka mengajak masyarakat Klaten untuk bersama-sama membangun masyarakat yang lebih sejahtera.

Read more...

Yayasan Al-Kahfi Cabang Surakarta: Mengadakan Pengajian Akbar, Berbagi Sembako & Pengobatan Gratis

  • Published in Berita
  • Written by
  • Saturday, 06 January 2018 09:18
  • 0

Minggu 17 Desember di penghujung akhir tahun 2017, suasana di dekat kantor Yayasan Al-Kahfi Cabang Surakarta, yaitu di halaman Masjid Baiturrahman, begitu ramai oleh warga Kelurahan Purwodiningratan dan sekitarnya.

Tampak warga Kelurahan Purwodiningratan dan sekitarnya, mulai dari anak-anak, ibu-ibu, dan bapak-bapak, serta para lansia, terlihat antusias hadir bersama-sama menyemarakkan acara yang meliputi: pengajian akbar, pembagian bingkisan sembako gratis dan pengobatan gratis. Acara akbar ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana yang diteladankan oleh Nabi Muhammad SAW yang merupakan salah satu nabi yang diberikan amanah oleh Allah SWT untuk memberikan kabar gembira kepada umat manusia bahwa Islam merupakan rahmatan lil alamin. Dimana makna dari rahmatan lil alamin ini sendiri adalah membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, termasuk kepada sesama manusia. Namun jika melihat kondisi saat ini, dimana banyak realitas masyarakat Islam masih mengalami kemiskinan, terkendala dalam kesehatan, bahkan kurangnya pengetahuan agama seperti kondisi yang ada di daerah kecamatan Jebres, Surakarta ini, maka sangat dibutuhkan kepedulian dari kita bersama.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel