“Beberapa obat-obatan yang akan kami gunakan untuk bhakti sosial ini harus kami datangkan dari Surabaya. Karena di Balikpapan sudah tidak ada, sudah langka. Kalaupun ada, itu yang jenisnya mahal banget dan tidak realistis untuk bakssos ini” (Pengurus Yayasan al-kahfi cabang balikpapan)

Tersiarnya kabar mengenai penyebaran virus corona yang dari hari ke hari semakin meningkat, menjadikan Yayasan Al-Kahfi merespon cepat terhadap kondisi lingkungan masyarakat sekitar salah satunya adalah mengadakan bakti sosial dan turut membantu mencegah penyebaran covid 19. Hal ini juga dilakukan oleh teman-teman pengurus dan relawan Yayasan Al-Kahfi Cabang Balikpapan. 

Teman-teman pengurus menyadari sejak awal bahwa memang tidak mudah mengadakan bhakti sosial di Kota Balikpapan. Namun menyerah juga bukan pilihan. Kota Balikpapan bukanlah kota besar layaknya kota-kota di pulau Jawa.  Oleh karena itu, pengurus dan para relawan bertekad melakukan semaksimal apa yang bisa dilakukan dalam rangka meringankan beban pemerintah dan masyarakat. 

Beberapa bahan, misal: vitamin dan suplemen makanan, obat-obatan disinfectan harus mendatangkan dari Surabaya. Hal ini dilakukan karena beberapa barang tersebut sudah langka dan bahkan tidak ada di Kota Balikpapan. Misalnya saja vitamin, pengurus dan relawan sudah melakukan penyisiran di banyak apotek namun stok vitamin tidak ada. Kalaupun ada, namun itu adalah jenis vitamin dengan harga yang sangat mahal yaitu lebih dari Rp. 250.000. Padahal vitamin ini penting bagi upaya menjaga imun tubuh. Dan secara target vitamin ini akan dibagikan secara massal dan gratis kepada adik-adik santunan dan warga sekitar. Namun alhamdulillah bisa teratasi setelah pengurus Yayasan Al-Kahfi  Cabang Balikpapan berkoordinasi dengan Pengurus Pusat. Sebenarnya pelaksanaan progam bhakti sosial ini ini beragam, diantaranya:

Penyemprotan Disinfectan Dan Sosialisasi Jaga Diri Dari Virus Corona

Untuk mencegah penyebaran covid-19, Yayasan Al-Kahfi Cabang Balikpapan melakukan penyemprotan disinfectan di daerah sekitar kantor Yayasan. Dalam pelaksanaannya, penyemprotan disinfectan ini menggunakan SOP yang telah ditentukan oleh Pengurus Pusat Yayasan Al-Kahfi, dimana salah satunya harus menggunakan cairan disinfectan yang aman dan telah telah terstandarisasi. Tidak dipungkiri banyak kasus kejadian penggunaan cairan diisfectan yang tidak aman yang berakibat fatal bagi manusia. Untuk cairan disinfectan ini kami harus memesan dari surabaya

Penyemprotan yang dilakukan meliputi 4 RT di 3 kelurahan. Yaitu RT 10 dan RT 12 Kelurahan Gunung Bahagia, dilanjutkan di RT 33 Jumpi, Kelurahan Kampung Baru Ulu dan terakhir RT 56 Puri Mandastana Kelurahan Batu Ampar. Kedatangan tim penyemprotan disambut dengan antusias oleh warga sekitar, mulai dari foto bersama sebelum penyemprotan, membantu pengurus dalam mempersiapkan peralatan disinfeksi, membantu tenaga dalam proses penyemprotan ke rumah-rumah warga dan bahkan ada yang membantu menyediakan makanan bagi relawan atau sekedar memberi minum sebagai bentuk rasa terima kasih mereka karena telah mau peduli untuk menjaga lingkungan sekitar. 

Alhamdulillah proses penyemprotan berjalan lancar dan dapat terselesaikan secara gotong royong antara pengurus Yayasan Al-Kahfi dengan wagra sekitar. Adapun jumlah rumah yang berhasil dilakukan disinfeksi antara lain: RT 10 Kelurahan Gunung Bahagia (60 rumah warga); RT 12 Kelurahan Gunung Bahagia (53 rumah warga); RT 33 Kelurahan Kampung Baru Ulu (113 rumah warga); RT 56 Kelurahan Batu Ampar (80 rumah warga)

Ditambah dengan fasilitas umum dan tempat-tempat yang mudah diakses oleh orang banyak seperti masjid, musala, balai serbaguna RT dan pertokoan sekitar tempat hunian.

Sembari melakukan penyemprotan kami juga melakukan edukasi kepada warga sekitar secara door to door dari rumah satu ke rumah selainnya. Edukasi yang kami lakukan adalah dengan memberikan sticker “Jaga Diri Yuk” gratis yang bisa di tempel di rumah masing-masing, untuk saling mengingatkan kiat-kiat sederhana yang mudah dilakukan setiap hari dalam rangka menjaga kekebalan imunitas agar tidak mudah terserang virus. Seperti cuci tangan, pakai masker, olahraga rutin, berjemur dls. 

Bahkan sempat terjadi hal lucu saat sosialisasi, dimana ketika pengurus mendatangi salah satu rumah warga untuk mensosialisasikan “Jaga DiriYuk” sembari memberikan stiker untuk ditempel dirumah. Warga tersebut awalnya ragu untuk menerima karena menyangka jika pemberian tersebut berbayar, namun setelah dijelaskan jika sosialisasi tersebut tidak berbayar dan stiker yang diberi juga tidak berbayar maka saat itu juga warga tersebut tanpa ragu menerima, bahkan meminta lagi untuk ditempel di dalam rumahnya dan untuk rekan-rekannya agar dapat selalu mengingat langkah-langkah pencegahan penularan covid-19. 

Selain sosialisasi pada warga sekitar yang dijadikan sasaran penyemprotan disinfectan, kami juga melakukan sosialisasi ke adik-adik santunan pendidikan sebanyak 61 anak dan warga santunan sembako sebanyak 80 orang.

Semoga langkah sosialisasi tersebut benar-benar bisa diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Dan alhamdulillah kini kami lihat beberapa warga sekitar yayasan melakukan pembiasaan “Jaga Diri Yuk” seperti Berjemur di halaman dengan tetap jaga jarak di sekitar jam 10 pagi dan tentunya senantiasa membiasakan untuk cuci tangan pake sabun sesering mungkin. Lelah yang dirasa terbayarkan sudah, karena masyarakat menyambut dengan antusias upaya Al-Kahfi dalam mencegah penularan Covid-19 ini.

Pemasangan flyer sosialisasi himbauan hidup sehat lawan covid-19. Flyer ini sengaja di pasang di depan kantor Yayasan agar warga sekitar juga dapat mengetahuinya. Hal ini dilakukan dalam rangka edukasi kepada warga agar hidup sehat dalam menghadapi covid-19
Pemuda Al-Kahfi: Selain itu pengurus dan relawan terjun langsung dalam melakukan edukasi ke warga
Selain ke rumah-rumah warga, penyemprotan desinfectan juga dilakukan pada fasilitas-fasilitas public seperti balai RT dan masjid di lingkungan RT 10 Kelurahan Gunung Bahagia
Dari kampung ke kampung : Penyemprotan desinfectan dan edukasi warga di lingkungan RT 56, Puri Mandastana Batu Ampar

Pemasangan Wastafel Tempat Cuci Tangan Di Sekretariat Al-Kahfi Dan Balai Serbaguna RT

Salah satu upaya pencegahan terhadap virus corona adalah menjaga kebersihan dengan sesering mungkin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Inilah yang kemudian menginspirasi kami untuk membuat wastafel atau tempat cuci tangan di tempat yang mudah diakses oleh orang banyak. Adapun pemasangan wastafel tersebut dilakukan di teras sekretariat yayasan dan balai serbaguna RT 10. Pemasangan di RT 10 di bantu beberapa warga. Pembuatan wastafel ini memiliki tujuan untuk membiasakan pengurus dan warga setempat agar sesering mungkin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Dan alhamdulillah kini adik-adik Yayasan sudah mulai terbiasa dengan budaya cuci tangan. Hal ini terlihat dari aktifitas mereka sebelum memasuki Yayasan untuk mengambil bantuan, mereka menyempatkan diri untuk cuci tangan diteras terlebih dahulu.

Pemasangan wesatfel di ruang publik yang dibantu oleh warga, salah satunya di balai RT 10 Kelurahan Gunung Bahagia

Bantuan Suplemen Untuk Tenaga Medis

Tenaga medis menjadi orang yang rentan terkena virus. Butuh asupan nutrisi agar imunitas menjadi kuat dan tahan terhadap serangan virus. Oleh sebab itu Yayasan Al-Kahfi Cabang Balikpapan  berinisiatif untuk memberikan suport bantuan suplemen untuk tenaga medis di 3 Rumah Sakit yang menjadi rujukan penanganan covid 19 di Balikpapan yaitu RSUD Dr. Kanudjoso Djatiwibowo, RSUD Beriman Balikpapan, serta RS Pertamina Balikpapan. Dengan harapan semoga tenaga medis senantiasa mendapatkan kesehatan serta dukungan moral. Adapun total bantuan suplemen yang diberikan untuk 3 Rumah Sakit berupa: susu bear brand 9 box; sari kacang hijau ABC 12 karton; herbalife 36 toples; madu 90 botol kecil; permen pelega tenggorokan Fisherman 60 Pcs; 3 keranjang buah.

Paket bantuan yang nantinya akan dikirimkan untuk tim medis yang berjuang di garda depan perlawanan terhadap covid-19

Bantuan Suplemen Untuk Adik-Adik Santunan

Ditengah kondisi pandemi seperti saat ini, hal terpenting yang perlu untuk dijaga adalah imunitas. Namun tidak semua orang mampu menjaga imunitasnya dengan nutrisi yang cukup. Begitu pula dengan adik-adik santunan kami yang berada dalam ekonomi menengah ke bawah, sulit bagi mereka untuk memberikan asupan nutrisi yang cukup. Maka dari itu kami mengadakan program pembagian paket suplemen berupa susu ultra, sari kacang hijaudan susu fermentasi kepada adik-adik santunan sebanyak jumlah adik santunan yang dibantu yaitu 61 paket. Dan pemberian paket suplemen ini akan dilanjutkan seminggu sekali selama bulan Ramadhan. Juga tak lupa kita memberikan edukasi kepada keluarga adik-adik tentang pola hidup supaya terhindar dari serangan virus covid 19.

Penyerahan Paket bantuan untuk adik-adik santunan. Semoga yang kecil ini dapat meringankan sedikit beban keluarga mereka
 Save as PDF

cheap mlb jerseyscheap nfl jerseyscheap mlb jerseyscheap nhl jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseys