Bisa jadi tahun ini adalah tahun terberat bagi masyarakat. Di tengah bulan Ramadan saat ini sepertinya ujian semakin berat: ujian menjaga kesehatan, ujian ekonomi, bahkan mungkin juga ujian psikologis. Jumlah orang yang terinfeksi COVID-19 terus bertambah. Berdasarkan data hingga 29 April 2020 Jumlah pasien terkonfirmasi untuk seluruh Indonesia menjadi 9.771 Pasien. DKI Jakarta sebagai kawasan epicenter (titik teratas) terus meningkat jumlah pasien positif COVID-19 menjadi 4.002 Pasien. Bukan menjadi perkara mudah menghadapi situasi yang serba makin sulit di DKI Jakarta. Demikian pula pengurus dan teman-teman Yayasan Al-Kahfi Cabang Jakarta Selatan.

Namun hal ini bukan berarti membuat kepedulian sosial kita meredup atau bahkan hilang. Sebaliknya di tengah situasi yang serba tak menentu, bahkan bagi sebagian kelompok masyarakat yang mana situasi ini berarti bertaruh nyawa, haruslah ada sebagian kelompok bergerak untuk mengulurkan tangan dengan semampu daya. Apapun bentuk usaha yang dilakukan, Allah akan membalasnya tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat.

Allah pernah menjanjikan bagi siapapun yang sabar dan tetap istiqomah di jalan Allah akan mendapatkan ganjaran baik di dunia maupun di akhirat sebagaiamana dalam surat Al-Baqarah ayat 155, “Sungguh Kami benar-benar akan menguji kalian dengan aneka musibah. Yakni dengan sedikit rasa takut kepada musuh, rasa lapar karena kekurangan makanan, kekurangan harta benda karena hilang atau sulit mendapatkannya, berkurangnya jiwa akibat bencana yang menelan korban jiwa atau gugur di medan jihad fi sabilillah, dan berkurangnya buah-buahan yang tumbuh di muka bumi. Dan berikanlah -wahai Nabi- kabar gembira kepada orang-orang yang sabar menghadapi musibah tersebut, bahwa mereka akan mendapatkan sesuatu yang menyenangkan hati mereka di dunia dan di akhirat.”

Situasi yang semakin sulit menjadikan kami semakin bersemangat menjaga komitmen untuk terus memberikan pengabdian kepada Masyarakat. Mengingat situasi seperti ini sangat dibutuhkan kepedulian sosial dan kebersamaan agar bisa menghadapi Pandemi Virus COVID-19 dengan baik. Beberapa upaya telah ditunjukkan oleh pengurus dan teman-teman Yayasan Al-Kahfi Cabang Jakarta Selatan. Beragam kegiatan melawan COVID-19 telah dijalankan. Sejak awal April hingga hari ini telah berjalan program di antaranya penyemprotan disinfektan ke pemukiman warga, fasum dan tempat ibadah, serta memberikan edukasi ke masyarakat tentang pencegahan penularan COVID-19 melalui pola hidup bersih dan sehat, memberikan alat penyemprotan disinfektan dan cairan disinfektan untuk RT dan RW di Kelurahan Lenteng Agung dan Cilandak Barat dan Kecamatan Jagakarsa, memberikan bantuan multivitamin untuk tenaga medis, memberikan bantuan untuk adik-adik yatim dhuafa Yayasan Al-Kahfi Cabang Jakarta Selatan beserta orang-orang yang telah lanjut usia sekitar Asrama Prestasi.

Penyemprotan Disinfektan

Dengan terus bertambah luasnya wilayah penyebaran COVID-19 di DKI Jakarta khususnya Jakarta Selatan. Tidak Bisa kami bayangkan dengan kondisi ekonomi yang terbatas, rumah yang padat penduduk, maka sekali ada korban bisa menularkan COVID-19 dengan cepat ke banyak warga lainnya.

Karena itulah Yayasan Al-Kahfi Cabang Jakarta Selatan senantiasa bersinergi dengan pihak Kelurahan, RW, dan RT untuk melakukan bakti sosial penyemprotan disinfektan untuk fasilitas umum dan rumah warga guna mencegah meluasnya daerah terdampak COVID-19. Ruang lingkup kegiatan ini kami laksanakan di daerah Lenteng Agung dan Cilandak Barat untuk area Jakarta Selatan. Untuk penyemprotan kami disarankan oleh pihak Kelurahan, RW, dan RT untuk masuk di gang-gang sempit dan rumah warga terutama yang tidak bisa dijangkau pihak kelurahan. Berdasarkan Proses penyemprotan oleh tim, ternyata tidak sedikit area yang kita semprot ketika masuk di pemukiman padat penduduk area Lenteng Agung dan Cilandak Barat.

Syukur alhamdulillah, dalam proses penyemprotan yang dilakukan oleh pengurus, mahasiswa STID Al-Hadid, PPSU, Perangkat RT serta warga sekitar menjadikan proses penyemprotan berjalan dengan lancar dan optimal.

Mengucapkan beribu-ribu terima kasih atas bantuan dari Yayasan Al-Kahfi”, demikian salah satu kalimat sambutan Ketua RT 8 RW 7 Kelurahan Lenteng Agung.

Respons salah satu warga Lenteng Agung ketika kami lakukan Penyemprotan di lingkungan rumahnya “Saya sangat senang sekali, karena bisa terhindar dari virus COVID-19

Penerima Manfaat Penyemprotan Desinfectan Yayasan Al-Kahfi Cabang Jakarta Selatan

Para relawan melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan rumah warga
Sosialisasi dan penyuluhan pada warga sekitar
Siap bertugas melakukan penyemprotan disinfektan dan sosialisasi ke warga

Bantuan Alat Semprot Disinfektan

Tenaga yang diberikan oleh tim penyemprotan dilingkungan masyarakat sekitar tidak cukup memenuhi semua kebutuhan penyemprotan disinfektan secara berkala di Kelurahan Lenteng Agung. Agar manfaat yang diberikan bisa terus dilakukan dan penyemprotan tidak hanya dilaksanakan sekali saja, kami berkordinasi dengan pihak Kecamatan dan Kelurahan untuk memberikan bantuan berupa alat semprot disinfektan.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Yayasan Al-Kahfi dan Mahasiswa Al-Kahfi (STID Al-Hadid) sudah membantu kami kelurahan Lenteng Agung dan membantu warga kami”, kata Pak Roni selaku Bhabinkamtibmas Kelurahan Lenteng Agung.

Beberapa Hari kemudian setelah Alat Penyemprotan dari Pusat tiba, langsung kami serahkan kepada pihak Kecamatan yang saat itu diterima oleh Ibu Nani selaku Sekda Kecamatan Jagakarsa. “Pastinya kita surprise sekali kepada Yayasan Al-Kahfi atas bantuannya, berarti masyarakat sudah ikut peduli di wabah penyakit corona Ini”, ujar beliau.

Terhitung ada 3 alat semprot untuk Kelurahan Lenteng Agung, 1 alat semprot untuk Kecamatan Jagakarsa, dan 1 alat untuk Kelurahan Cilandak Barat yang kami berikan.

Bantuan Kepada Tenaga Medis

Mendengar kabar beberapa tim medis meninggal dunia membuat kami semakin tergerak untuk memberikan kepedulian kepada mereka pahlawan yang berjuang di garda depan. Pada tanggal 30 Maret 2020 kita memberikan dukungan bagi mereka yang berada di garda terdepan, yang berupa bantuan suplemen dan buah disertai Doa dan Motivasi bertuliskan “Doa kami menyertaimu pahlawan. Engkaulah Cahaya Diujung Gelap”.

Total Kami Berbagi 200 Paket Suplemen dan Buah buahan terdiri dari:

Bantuan ditujukan untuk:

  • RSUP Fatmawati, 100 paket
  • RSUD Pasar Minggu, 100 paket

Pertama kami lakukan pembagian menuju RSUP Fatmawati yang langsung disambut oleh Dr. Mochammad Syafak Hanung, SP.A, MPH. (Dirut RSUP Fatmawati). Beliau bercerita, “Pernah ada kondisi kekosongan APD hingga harus nekat beli APD dengan harga 20 kali lipat dari biasanya. Tiap hari kebutuhan bisa sampai 1000 untuk masker bedah. Kami terima kasih kepada Al-Kahfi, ya pemuda (masih muda muda semua ini), yang insyaAllah berjuang untuk membantu kami, sudah memberikan support, buah dan suplemen untuk meningkatkan imunitas, kalau bagi kami berarti Al-Kahfi menyehatkan kami juga bisa melawan COVID dengan baik. Terima kasih, jazakumullah Khairan Katsiron

Dalam hari yang sama kami juga menuju RSUD Pasar Minggu. “Kami mengucapkan terima kasih atas segala bantuan dan perhatiannya kepada tenaga medis maupun non medis, semoga segenap pengurus dari Yayasan Al-Kahfi diberikan kesehatan dan perlindungan oleh Allah SWT dan kami bisa memberikan pelayanan yang terbaik.”, demikian sambutan ibu Sherly (bagian HUMAS RSUD Pasar Minggu).

Ya Allah, Dzat Yang Maha Melindungi

Lindungilah kami dari pandemik COVID-19 yang sedang terjadi.

Jauhkanlah virus ini dari rumah kami, keluarga kami, istri kami, suami kami, anak dan cucu kami serta orang yang kami sayangi.

Hilangkanlah Virus ini dari negeri kami. Agar Kami dapat merasakan nikmatnya ibadah di Bulan Suci Ramadhan.

Andaikan virus ini masih menerpa kami hingga merayakan hari kemenangan

Berikanlah kami kekuatan dan keselamatan. Amiien.

Pengiriman paket bantuan untuk tim medis di RSUP Fatmawati

Bantuan untuk Adik Asuh Yayasan Al-Kahfi Cabang Jakarta Selatan dan Lansia

Ditengah pandemi saat ini, ada banyak masyarakat dhuafa yang mengalami kesulitan untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari. Seperti yang disampaikan adik Lintang, “pernah, waktu itu sampe makan pakai garam, kadang juga nggak makan atau cuma makan nasi putih saja begitu”. Senada dengan itu adik Aldi bercerita, “Makan pakai kecap dan garam pun jadi, gak ada lauk, nggak apa yang penting bisa makan”. Sementara adik Shatilla bertutur, “Saya selalu bikin nasi liwet saja” Hingga adik Nizam. Pernah ada nasi kemarin kan, masih bisa diangetin kan, terus ada 1 indomie, gimana ya, ya apa boleh buat, ya dicampur begitu”.

Situasi inilah yang memberikan motivasi bagi kami untuk berbagi di tengah serba keterbatasan. Selasa 21 April 2020 Pengurus Yayasan Al-Kahfi Cabang Jakarta Selatan membagikan paket bantuan sembako, multivitamin, masker dan hand sanitizer, kepada 586 keluarga anak yatim, dhuafa dan lansia.

Nilai Sembako Rp 150.000,- Dengan Rincian Tiap Orang:

Alhamdulillah kita dapat bantuan dari Yayasan Al-Kahfi sangat terbantu banget, apalagi sekarang musim seperti ini berarti sekali buat saya”, ujar ibunda Ramadhan.

Proses packing bahan paket baksos untuk lansia dan warga sekitar kantor Yayasan
Pembagian paket bantuan untuk orang tua anak asuh dan warga sekitar
 Save as PDF

cheap mlb jerseyscheap nfl jerseyscheap mlb jerseyscheap nhl jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseys