Dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, wilayah Provinsi DKI Jakarta merupakan wilayah yang paling banyak terdampak dengan jumlah penderita yang terinfeksi per tanggal 05 September 2020 sudah mencapai 44.604 orang (https://corona.jakarta.go.id/id/data-pemantauan, akses 5 September) 2020). Sedangkan Yayasan Al-Kahfi Cabang Jakarta Timur Kantor Perwakilan Pondok Bambu berada di wilayah Jakarta Timur khususnya Kecamatan Duren Sawit, yang merupakan wilayah zona merah dengan jumlah kasus positif aktif Covid-19 per tanggal 5 Sepmtember 2020 sebanyak 79 kasus (https://corona.jakarta.go.id/id/peta-kasus, akses 5 September 2020).

Pemerintah DKI Jakarta melakukan beberapa upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, diantaranya memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), mendengungkan slogan #TetapDiRumahSaja, mewajibkan penggunaan masker di setiap keadaan apabila keluar dari lingkungan rumah tempat tinggal, membudayakan cuci tangan, serta upaya-upaya yang selainnya.

Yayasan Al-Kahfi Cabang  Jakarta Timur Kantor Perwakilan Pondok Bambu tentunya berusaha mendukung menyukseskan program pemerintah dalam menanggulangi wabah virus Covid-19 sekaligus membantu masyarakat yang terdampak wabah virus corona.

Beragam kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh pengurus dan teman-teman relawan Yayasan Al-Kahfi Cabang  Jakarta Timur Perwakilan Pondok Bambu, di antaranya :

A. Program Support Tim Medis di Rumah Sakit yang Menangani Pasien Covid-19 di wilayah Jakarta Timur.

Yayasan Al-Kahfi Pondok Bambu turut serta dalam memberikan support terhadap tim medis yang bertugas di RS yang menangani Covid-19, khususnya di wilayah Jakarta Timur. Kami mendapatkan informasi ada 5 RS yang terdekat dengan Yayasan kami di Pondok Bambu dan menangani Covid-19 yaitu RS Persahabatan, RS Duren Sawit dan juga RS Bhayangkara TK I R. Said (RS Polri), RSAU dr. Esnawan Antariksa serta RS TK.II Moh. Ridwan Meuraksa. Kami pun menghubungi pihak RS untuk mendata kebutuhan tim medis disana untuk kemudian mengirimkan bantuan sesuai dengan kebutuhan tim medis di lapangan.

1) RSUD Duren Sawit (29 Maret 2020)

Ketika kami hubungi pihak RS Duren Sawit, mereka menyampaikan bahwa disana sangat kekurangan suplemen untuk para tim medis. Padahal suplemen merupakan hal utama yang dibutuhkan oleh para tim medis untuk menguatkan imunitas mereka. Karena mereka adalah pihak yang berkontak langsung dengan pasien-pasien Covid-19. Dimana virus Covid-19 memiliki tingkat penyebaran yang cepat dan hanya bisa dihalau dengan imunitas tubuh seseorang. Menjawab hal itu akhirnya kami menyiapkan suplemen dan buah untuk para tim medis di RS Duren Sawit, lalu kemudian pada tanggal 29 Maret 2020 kami kirimkan ke RS Duren Sawit. Kami memberikan 30 Paket Suplemen dan 30 Paket Parcel Buah.

Adapun isi dari paket parcel suplemen dan buah yang kami siapkan antara lain:

Support tim medis: Bantuan di terima oleh Ibu Endang (bag humas) Medis RSUD Duren Saweit

2)   RSUP Persahabatan (1 April 2020)

Sementara ketika kami mengontak RS Persahabatan, pihak mereka mengatakan bahwa kebutuhan utama para tim medis disana adalah APD dan konsumsi makan siang. Menjawab hal itu akhirnya kami memesan masker medis dan juga makanan siang untuk para tim medis di RS Persahabatan. Setelah semua telah siap maka  pada tanggal 1 April 2020 kami kirimkan bantuan dari kami, antara lain: 100 Nasi Box; 2 Box Masker Medis.

3) RSU BHAYANGKARA TK I R.SAID SOEKANTO (POLRI)

Selain itu kami juga mengontak RSU Bhayangkara TK I R. Said atau yang biasa disebut RS Polri untuk kembali mendata apa kebutuhan tim medis disana. Beradasrkan pendataan di lapangan, ada beberapa hal yang paling dibutuhkan disana yaitu APD dan juga konsumsi untuk para tim medis. 

Adapun bantuan untuk RS Polri kami bagikan dalam 3 waktu, antara lain:

a.) Pada tanggal 2 April 2020 kami mengirimkan 170 nasi box untuk makan siang tim medis dan 7 box masker medis.

Support tim medis: Pengiriman paket bantuan untuk Tim Medis RSU Bhayangkara Tk I R.Said Soekanto (Polri). Bantuan diterima langsung oleh Ibu Yanti selaku Humas Rumah Sakit.

b.) Saat kunjungan pertama ke RS Polri mereka menyampaikan bahwa mereka sangat membutuhkan APD untuk para tim medis. Karena persediaan mulai terbatas sementara pasien Covid-19 terus bertambah. Dari sana akhirnya kami mencoba mencari kebutuhan APD untuk RS Polri. Dan Alhamdulillah kami mendapatkan beberapa APD yang dibutuhkan. Setelah barang sudah tiba barulah pada tanggal 7 April 2020 kami kirimkan APD tersebut ke RS Polri. Adapun APD yang kita berikan ke RS Polri, antara lain: 10 box nurse cap; 2 box masker medis; 2 pcs APD; 7 box handscon; 10 pcs gogle (kacamata medis); 2 box Nitril L; 7 pack Apton Plastic.

Seperti sebelumnya, bantuan kami diterima oleh Ibu Mujayanti, SE., beliau mengungkapkan terima kasih dengan mata yang berkaca-kaca, “Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Yayasan Al-Kahfi yang sudah mensupport kami yang berada di garda terdepan. Kita berdoa bersama supaya pandemi ini segera usai, aamiin”. “Dan Saya terharu harusnya kita yang membantu Yayasan, tetapi justru saat ini pihak Yayasan yang membantu kita, bagi kami ini merupakan suntikan motivasi untuk bekerja lebih keras menghadapi pandemic ini, mengingat banyak juga rekan-rekan seprofesi kami yang juga terpapar.”

Support tim medis: Pengiriman paket bantuan ke-2 untuk Tim Medis RSU Bhayangkara Tk I R.Said Soekanto (Polri).

c.) Mengingat kebutuhan APD yang masih tinggi di RS Polri maka pada tanggal 21 April 2020 kami kembali mengirimkan APD ke RS Polri. Adapun APD yang dikirimkan, antara lain: 30 baju hazmat (APD); 2 box masker medis.

Support tim medis: Pengiriman paket bantuan ke-3 untuk Tim Medis RSU Bhayangkara Tk I R.Said Soekanto (Polri).

4) RUMAH SAKIT ANGKATAN UDARA DR. ESNAWAN ANTARIKSA (4 SEPTEMBER 2020)

Sudah 6 bulan sejak virus covid-19 pertama kali memasuki wilayah Indonesia. Kian hari jumlah kasus covid-19 semakin bertambah apalagi di wilayah DKI Jakarta. Dikutip dari CNBC Indonesia per tanggal 02 September 2020 menyebutkan bahwa, “Sepanjang Agustus kasus Corona di Jakarta bertambah 18.687 orang, dan beberapa kali memecahkan rekor dengan penambahan per hari di atas 1.000 pasien baru” (https://www.cnbcindonesia.com/investment/20200902160116-21-183911/tambah-1054-kasus-baru-covid-19-di-jakarta-dekati-rekor, diakses 4 September 2020). Hal ini menandakan para tim medis kita sampai dengan saat ini masih terus berjuang melawan covid-19. 

Untuk itu, Yayasan Al Kahfi Kantor Perwakilan Pondok Bambu ingin kembali memberikan support kepada tim medis yang berjuang di garda depan. Kami pun mencoba menghubungi beberapa rumah sakit yang menangani pasien covid-19. Salah satunya adalah RSAU dr. Esnawan Antariksa. Kami menghubungi pihak humas RSAU dr. Esnawan Antariksa untuk mendata kebutuhan tim medis yang menangani pasien covid-19. Diketahui bahwa yang dibutuhkan adalah vitamin dan suplemen. Akhirnya kami memutuskan untuk memberikan bantuan berupa vitamin dan suplemen, dengan rincian: 200 botol YouC 1000; 2 box Vitacimin; apel 100 buah; pir 100 buah; jeruk 100 buah; nasi box 100 kotak.

Bantuan kami diterima oleh Mayor Kes. Debi selaku Kepala Humas RSAU dr. Esnawan Antariksa. Beliau mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Al-Kahfi yang telah memberikan bantuan berupa nasi box, buah-buahan dan vitamin untuk tim medis yang bekerja di ruang isolasi, yang sedang menangani pasien covid-19.

5) RS TK.II MOH. RIDWAN MEURAKSA (4 SEPTEMBER 2020)

Kami juga menghubungi RS TK.II Moh. Ridwan Meuraksa untuk menanyakan apa kebutuhan tim medis disana. Dari hasil dialog dengan tim humas RS TK.II Moh. Ridwan Meuraksa, diketahui bahwa tim medis membutuhkan suplemen, baik dalam bentuk tablet ataupun cair seperti YouC 1000 dan juga susu. Sesuai dengan kebutuhan tim medis di RS TK.II Moh. Ridwan Meuraksa, kami pun mengirimkan beberapa suplemen dengan rincian: 100 botol YouC 1000; 2 box Vitacimin; 120 kaleng susu Bear Brand; apel 100 buah; pir 100 buah; jeruk 100 buah; nasi box 100 kotak.

Bantuan yang kami berikan diterima oleh Bapak Abdul Ghofur selaku Penanggung Jawab Posko Bantuan Covid-19 di RS TK.II Moh. Ridwan Meuraksa. Beliau mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Al Kahfi atas bantuan yang diberikan dan mengungkapkan bahwa bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk tim medis yang menangani pasien covid-19 disana.

Support tim medis: Pengiriman paket bantuan untuk Tim Medis RS TK.II Moh. Ridwan Meuraksa

B. Program Pemberian Bantuan Sembako dan Suplemen kepada Adik Binaan Yatim Piatu Duafa Yayasan Al-Kahfi Jaktim Kantor Perwakilan Pondok Bambu 

Wabah virus corona ini telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap perekonomian rakyat Indonesia. Hal ini juga sangat dirasakan oleh keluarga adik-adik yatim piatu duafa binaan Yayasan Al-Kahfi Pondok Bambu. Rata-rata orang tua mereka yang merupakan pekerja harian seperti supir bajaj, driver online, warung kopi, pemulung, dll pun semakin sulit mendapatkan penghasilan. Untuk meringankan beban keluarga mereka di situasi Covid-19 ini, maka kamipun membantu memberikan bantuan sembako untuk adik-adik binaan Yayasan Al-Kahfi Pondok Bambu. Sembako kami bagikan dalam 3 waktu. Adapun sembako-sembako yang dibagikan, antara lain:

1. Membagikan beras dan mie (19 Maret 2020)

Mula-mula kami membantu adik-adik dengan cara membagikan persediaan sembako yang masih ada di Yayasan. Di tanggal 19 Maret 2020 kami memberikan beras dan mie kepada adik-adik. 

2. Membagikan beras dan mie (03 April 2020)

Di tanggal 3 April 2020 kami kembali melakukan pembagian beras serta mie instan untuk persediaan makanan bagi adik-adik. 

3. Membagikan paket sembako dan suplemen gratis kepada adik-adik yatim piatu duafa pada tanggal 18 April 2020. 

Alhamdulillah pada tanggal 18 April 2020 kami dapat memberikan paket sembako dan suplemen untuk 130 adik-adik yatim piatu duafa binaan Yayasan Al-Kahfi Pondok Bambu. Adapun setiap paket berisi: beras 3 kg; gula 1 kg; minyak 1 liter; mie 5 bungkus; teh 1 kotak; kopi 1 pack; sarden 2 kaleng; kecap 225 ml; susu Bubuk Indomilk/Dancow 250 gr.

Sembako: Paket bantuan sembako yang nantinya akan di bagikan kepada adik binaan yatim piatu duafa Yayasan Al Kahfi Jaktim Kantor Perwakilan Pondok Bambu

Alhamdulillah adik-adik dan keluarga merasa sangat terbantu dengan sembako yang diberikan oleh Yayasan Al Kahfi. “Alhamdulillah, saya mengucapkan terima kasih sama kakak-kakak Al Kahfi, sama Al-Kahfi karena ada bantuan sembako”, ungkap ibu dari Bambang (salah satu adik binaan Yayasan Al-Kahfi Pondok Bambu).

Selain itu, disadari bahwa pertahanan utama dalam menghadapi virus corona adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun bagi keluarga adik-adik yang kurang mampu tentu sulit untuk memenuhi kebutuhan suplemen, mengingat saat ini harga bahan-bahan suplemen sudah sangat mahal. Untuk itu kami berusaha membantu adik-adik dalam pemenuhan kebutuhan suplemen dengan membagikan madu hitam untuk mereka dan keluarga pada tanggal 25 Maret 2020.

Madu: Pembagian madu untuk adik binaan yatim piatu duafa Yayasan Al Kahfi Jaktim Kantor Perwakilan Pondok Bambu

C. Program Pemberian Bantuan Sembako dan Suplemen kepada Pelajar SMK 10 dan SMA 51

Yayasan Al-Kahfi Pondok Bambu juga membagikan sembako dan suplemen gratis kepada pelajar-pelajar kurang mampu di SMK 10 dan SMA 51. Kami berkoordinasi dengan guru-guru untuk mendata siapa saja siswa yang membutuhkan bantuan. Hasil koordinasi dengan guru, ada 70 anak yang kurang mampu di SMK 10 dan 8 anak yang kurang mampu di SMA 51 yang akan dijadikan objek penerima sembako dan suplemen gratis dari Yayasan Al-Kahfi Pondok Bambu. 

Adapun isi dari paket sembako dan suplemen yang kami berikan, antara lain: beras 2,5 kg; gula 1 kg; minyak 1 L; susu Bubuk Indomilk 250 gr; teh Sariwangi 1 kardus; mie Indomie 1 buah; madurasa 1 kardus; sarden 2 kaleng.

Pelajar: Pemberian Bantuan Sembako dan Suplemen kepada Pelajar kurang mampu

D. Program Pencegahan Corona bagi Adik-adik binaan Yayasan Al-Kahfi Perwakilan Pondok Bambu

Yayasan Al-Kahfi Pondok Bambu melakukan sosialisasi tentang upaya pencegahan Covid-19 kepada adik-adik binaan mulai dari mengenalkan virus Covid-19, menunjukkan gejala orang-orang yang terkena virus Covid-19, memberikan hand sanitizer, masker kain gratis, mengajak untuk membudayakan cuci tangan rutin, menerapkan sosial distancing atau jaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, mengurangi kontak fisik, serta himbauan untuk senantiasa memakai masker ketika diluar lingkungan rumah.

SUplemen: Pemberian Bantuan Sembako dan Suplemen kepada adik-adik binaan Yayasan Al-Kahfi

E. Program Pemberian 1000 Masker Kain Gratis kepada warga sekitar lingkungan Yayasan Al Kahfi

Yayasan Al-Kahfi Cabang Jakarta Timur Perwakilan Pondok Bambu berada di lingkungan RW 01 kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Adapun RW 01 mengadakan program 1.000 masker kain gratis untuk warganya dan mengajak kerjasama dari pihak Yayasan Al-Kahfi Pondok Bambu. Sebagai bentuk dukungan terhadap program 1.000 masker kain yang digadang oleh RW 01, maka kami menyediakan 1.000 pcs masker kain gratis untuk diberikan kepada warga yang berada di lingkungan sekitar Yayasan Al-Kahfi Pondok Bambu yakni lingkungan RW 01.

1. 11 April 2020 memberikan 400 pcs masker kepada RW 01 Pondok Bambu

2. 17 April 2020 memberikan 600 pcs masker kain kepada RW 01 Pondok Bambu

F. Program Penyediaan Tempat dan Sabun Cuci Tangan di Lingkungan Sekitar Yayasan Al Kahfi

Untuk mendukung terbentuknya kebiasaan cuci tangan di warga lingkungan sekitar yayasan, maka Yayasan Al-Kahfi Pondok Bambu menyediakan beberapa tempat cuci tangan umum beserta sabun cuci tangannya. Adapun tempat cuci tangan tersebut kami serahkan ke RW dan juga RT untuk kemudian diletakkan di beberapa lokasi yang strategis seperti jalan umum yang sering dilalui, di depan tempat yang biasanya ramai seperti di depan pos ronda, tempat majelis, dll.

Kami berharap dengan menyebarkan tempat cuci tangan beserta sabunnya ke lingkungan sekitar dapat membuat warga lebih mudah untuk terbiasa cuci tangan karena fasilitasnya sudah tersedia. 

Adapun untuk saat ini jumlah tempat cuci tangan sudah kita salurkan sejumlah 15 tempat cuci tangan yang kemudian disebarkan di seluruh wilayah RW 01 Pondok Bambu. Dan Insya Allah jumlahnya akan terus kami sediakan apabila ada permintaan dari warga atau RT dan RW setempat.

G. Program Penyemprotan Disinfektan Gratis ke lingkungan sekitar Yayasan Al-Kahfi (khususnya RW 01), Sekolah, rumah adik-adik binaan, dan rumah para donatur Yayasan Al Kahfi.

1.) RUMAH ADIK-ADIK BINAAN DAN LINGKUNGAN SEKITAR YAYASAN AL-KAHFI PONDOK BAMBU

Yayasan Al-Kahfi melakukan penyemprotan di sekitar lingkungan yayasan dimulai dari lingkungan terdekat (RT tempat Yayasan Al-Kahfi Pondok Bambu berada) yaitu RT 11. Kemudian di lanjutkan ke lingkungan RT yang lain seperti RT 02, RT 06, RT 03, dan seterusnya hingga hampir seluruh lingkungan RT yang berada di RW 01. Objek penyemprotan meliputi badan jalan umum, gang-gang kecil, rumah warga dan juga fasilitas umum di sekitar lingkungan RT, seperti masjid, musala, pos ronda, toko dan juga warung milik warga. Dalam melakukan penyemprotan kami juga didampingi oleh RT dan RW setempat. Dalam beberapa kesempatan juga kami melakukan penyemprotan disinfektan bersama dengan PPSU Pondok Bambu.

Jika dirinci maka penerima manfaat program penyemprotan disinfektan gratis dari Yayasan Al-Kahfi Pondok Bambu, adalah:

Sambil melakukan penyemprotan, petugas juga memberikan sosialisasi kepada warga tentang Covid-19, bagaimana penyebarannya, dan juga cara menjaga diri dari persebaran virus Covid-19. Kami mengajak warga untuk rajin cuci tangan, tidak sering menyentuh area wajah, memakai masker ketika bepergian, menerapkan sosial distancing, dan menjaga kesehatan dan kebugaran agar imunitas tetap terjaga.

Penyemprotan: Penyemprotan Disinfektan ke lingkungan sekitar Yayasan Al Kahfi

2.) RUMAH DERMAWAN

Ketika berkomunikasi dengan dermawan kami juga menawarkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara gratis kerumahnya. Ada beberapa dermawan yang tertarik rumahnya disemprot disinfektan oleh petugas dari Yayasan Al-Kahfi Pondok Bambu. Selama proses penyemprotan, kami juga menghimbau para dermawan agar membuat cairan disinfektan sendiri untuk dirumah. Tujuannya agar setiap barang yang hendak masuk kerumah bisa menstreilkan terlebih dahulu dengan cairan disinfektan tersebut. Hal ini bisa memutus rantai persebaran virus corona.

Penyemprotan: Penyemprotan Disinfektan di salah satu rumah donator Yayasan Al-Kahfi

3.) SMAN 51 JAKARTA

Kami menawarkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan gratis di lingkungan sekolah SMAN 51 Jakarta. Setelah berkomunikasi dengan pihak kepala sekolah dan juga wakil sarana prasarana akhirnya disepakati tanggal 07 April 2020 dilaksanakan penyemprotan disinfektan di SMAN 51 Jakarta. Adapun area yang disemprot adalah seluruh ruangan kelas yang berada di lantai 1, 2, dan 3, ruang guru, toilet, laboratorium, masjid SMAN 51 Jakarta, kantin, parkiran dan juga pos satpam. 

Demikian serangkaian program bakti sosial yang diselenggarakan oleh Yayasan Al-Kahfi Jakarta Timur Kantor Perwakilan Pondok Bambu. Semoga gerakan-gerakan kecil yang telah dan akan terus dilakukan mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat. Menjadi inspirasi semua pihak untuk berkolaborasi mengatasi pandemic. Bersama kita lawan corona

 Save as PDF

cheap mlb jerseyscheap nfl jerseyscheap mlb jerseyscheap nhl jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseys