Sebelumnya terima kasih atas bantuan yang sudah diberikan selama ini sudah banyak banget. Kami bersyukur karena sebenarnya kami butuh ini dan dari Yayasan Al-Kahfi dengan susah payah sudah memberikan bantuan. Terim kasih banyak.” -Ibu Rensi, perwakilan dr PPNI RSUD Kab Kediri-

Kabupaten Kediri merupakan daerah urutan ke 6 terkait jumlah pasien positif covid-19 di Jawa Timur. Hingga 8 Juli 2020 kemarin, tercatat 261 kasus positif covid-19. Berdasarakan data yang di rilis oleh pihak Pemerintah, korban pertama covid-19 yang meninggal terjadi pada tanggal 24 maret 2020. KOrban yang meninggal ini merupakan pemilik salah satu lembaga kursus di Kampong Inggris  Kecamatan Pare. Hal inilah yang  membuat seluruh lembaga kursus di Kampong Inggris  tersebut dihentikan atas himbauan dari pemerintah. 

Yayasan Al-Kahfi cabang Kabupaten Kediri yang bertempat di Kecamatan Pare berada satu desa dengan Kampong Inggris ini. Jarak kantor Yayasan dengan rumah penduduk yang menjadi korban covid-19 ini sebenarnya tidak terlalu jauh, hanya 1.5 km. 

Kami berikhtiar untuk mencegah penyebaran virus ini di Kabupaten Kediri, khususnya di Kecamatan Pare. Untuk itulah kami melakukan berbagai upaya pencegahan. Mulai dari penyemprotan disinfektan dilingkungan Yayasan, pemasangan wastafel, sosialisasi ke rumah adik-adik, serta support warga, siswa asuh dan para tenaga medis. 

Berikut ini laporan detail bakti sosial melawan covid-19 di Kabupaten Kediri.

Support Tenaga Medis

Tenaga medis adalah ujung tombak penanganan virus corona. Ditangan merekalah pasien dalam pengawasan maupun pasien positif covid dapat sembuh atau tidak. Bahkan mereka rela mengorbankan nyawanya, telah banyak tenaga medis baik dokter maupun perawat yang berguguran. 

Maka dari itu kami perlu untuk mensupport para tenaga medis agar mereka tetap bisa bertahan, tetap sehat sehingga bisa terus merawat pasien covid hingga sembuh. Bentuk support kami dengan memberikan suplemen, APD dan makanan sehat untuk mereka setiap minggu. 

Berikut kegiatan kami dalam rangka memberika support kepada tim medis : 

a.     Tanggal 24 Maret 2020: Bear brand 1 kardus (isi 30) dan susu rempah 38 botol ke RSUD Kab Kediri

b.     Tanggal 27 Maret 2020: Bear brand 1 kardus (isi 30) dan susu rempah 50 botol ke RSUD Kab Kediri

c.      Tanggal 3 April 2020: Susu rempah 50 botol 

d.     Tanggal 10 April 2020: 60 paket sehat ( @Isi yakult, susu ultra, sari kacang hijau, bear brand, apel, pir, vitacimin, biscuit marie) dan 5 box masker bedah ke RSUD Kab Kediri dan RSUD SLG 

e.     Tanggal 18 April 2020: 60 paket sehat ( @Isi yakult, susu ultra, sari kacang hijau, bear brand, apel, pir, vitacimin, biscuit marie) dan 5 box masker bedah ke RSUD Gambiran dan RS Ahmad Dahlan

Perlu diketahui bahwa di Kabupaten Kediri pada saat pelaksanaan Baksos ini ada 12 positif covid dan 21 PDP dirawat di RSUD Kabupaten Kediri dan RSUD SLG. Sedangkan untuk kota Kediri ada 6 positif covid dirawat di RSUD Gambiran dan RS Ahmad Dahlan. 

Healthy: Paket bantuan yang nantinya akan diserahkan untuk tim medis RSUD Kab Kediri
Support: Penyerahan paket bantuan untuk tim medis di RSUD Kab Kediri
TIM: Bantuan diterima secara langsung oleh tim medis.Menjaga agar para garda terdepan ini tetap bisa bertahan ditengah usaha mereka menyelamatkan banyak jiwa.

Penyemprotan Disinfektan Di Lingkungan RW

Selain tenaga medis, yang tidak kalah pentingnya perannya untuk penghentian persebaran virus ini adalah warga. Ketika pemerintah menghimbau untuk menggunakan masker, mencuci tangan, menghindari kerumuman, berjemur, olahraga dan lain sebagainya. Namun tidak semua warga menerapkannya. Buktinya masih banyak yang tidak pakai masker, masih ada area kerumunan dan seterusnya. Padahal desa Tulungrejo ini memiliki 6 pasien positif covid. 

Untuk itulah kami berinisiatif melakukan upaya pencegahan yakni dengan penyemprotan Disinfektan ke lingkungan sekitar. Berawal dari penyemprotan dilingkungan sekretariat utama Yayasan Al-Kahfi Kabupaten Kediri yang berada di Jl. Matahari desa Tulungrejo ini. Kemudian kami share kegiatan ini ke group RT dan menawarkan untuk membantu penyemprotan karena saat itu belum ada penyemprotan. Dan akhirnya oleh bapak ketua RT dan RW diminta untuk menyemprot ke seluruh RW bahkan diminggu setelahnya dilingkungan RW sebelah. Alhamdulillah bermanfaat bagi sekitar, dan kegiatan ini dilakukan secara berkala. Sebagai berikut : 

a.     Tanggal 25 Maret 2020: Penyemprotan di RW 19 Dusun Puhrejo 

b.     Tanggal 29 Maret 2020: Penyemprotan di RW 18 Dusun Puhrejo 

c.      Tanggal 31 Maret 2020: Penyemprotan di Masjid Darunnajah 

d.     Tanggal 2 April 2020: Penyemprotan di Masjid Darunnajah

e.     Tanggal 8 April 2020: Penyemprotan di Masjid Darunnajah

f.      Tanggal 12 April 2020: Penyemprotan di RW 19 Dusun Puhrejo

Penyemprotan ini dilakukan secara berkala disetiap minggu ke wilayah RW dan 3 hari sekali di Masjid sebelah sekretariat Yayasan Al-Kahfi. 

BERHARAP: Perlibatan warga bersama Ketua RW untuk melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan warga. Sebelum dilakasanakan penyemprotan, relawan dari Yayasan Al Kahfi Cabang Kab. Kediri bersama warga berdoa bersama.
Persiapan: Tim relawan yang bersiap untuk melakukan penyemprotan disinfektan
SUCI: Penyemprotan disinfektan di masjid yang menjadi salah satu tempat berkumpulnya warga dalam jumlah yang banyak.

Wastafel Cuci Tangan Untuk Umum

Pada tanggal 25 Maret, kami membuat wastafel cuci tangan di depan sekretariat Yayasan Al-Kahfi Pare yang menjadi jalur utama keramaian di desa ini. Selain wastafel dan sabun cuci tangan, kami juga membuat banner sosialisasi tentang pentingnya cuci tangan. Dan sejak adanya wastafel itupun, anak2 yang mau ke Masjid sebelah selalu menyempatkan untuk cuci tangan. Warga yang mau ke kantor JNE depan sekretariat pun ikut mencuci tangan di Yayasan Al-Kahfi termasuk pegawainya. Bahkan para bapak dan ibu warga sekitar jadi rajin cuci tangan kalau lewat kantor Yayasan Al Kahfi. Alhamdulillah bermanfaat 

BERSIH: westafel portable yang bisa diakses oleh masyarakat umum demi memutus rantai penyebaran covid-19

Support Warga Dan Siswa Asuh 

Warga sekitar sekretariat khususnya di Kecamatan Pare dan Plemahan walaupun disebut perkotaan namun mata pencaharian utama mereka masih pertanian dan perdagangan. Disituasi pandemic seperti ini banyak dari warga yang berkeluh kesah tentang penghasilan yang mereka dapatkan sangat menurun. Petani banyak yang tidak dipekerjakan, pedagang banyak yang tidak ada pembeli akhirnya tidak jual dan sebagainya. 

Anak-anak pun banyak yang mulai jenuh dirumah. Akhirnya kami membantu support mereka dengan beberapa program sebagai berikut:

a.     Tanggal 4 April 2020: 90 paket sehat anak (masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan, susu rempah)

b.     Tanggal 11 April 2020: 90 Paket sehat anak (minuman rempah) dan pembagian santunan anak 

c.      Tanggal 22 April 2020: 104 Paket sembako warga dhuafa (beras 5kg, gula 1kg, minyak 1L, telor 1kg, mie 10pc)

Pemberian support warga dan anak ini akan dilakukan secara berkala yakni setiap hari sabtu dengan memberikan makanan sehat, suplemen, santunan hingga sembako. 

Generasi: Salah satu yang harus diperhatikan adalah kondisi kesehatan anak-anak. Untuk Yayasan Al Kahfi cabang Kab. Kediri membagikan paket bantuan serta sosialisasi hidup sehat kepada anak-anak, khususnya anak asuh Yayasan.
SEHAT: Selain pembagian paket bantuan untuk anak asuh, paket bantuan juga diberikan kepada warga sekitar Yayasan AL Kahfi Kab. Kediri.
 Save as PDF

cheap mlb jerseyscheap nfl jerseyscheap mlb jerseyscheap nhl jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseys