Sejak akhir Maret setelah ditetapkannya tanggap darurat penanganan virus ini oleh Pemerintah, pengurus Yayasan Al-Akhfi Cabang Kediri telah berinisitaif untuk terlibat secara aktif membantu Pemerintah. Ketua Yayasan Al-Kahfi Cabang Kediri dalam penjelasannya hingga akhir Maret 2020 belum banyak LSM yang turun untuk mengadakan penyemprotan disinfectan. Padahal penyemprotan ini penting sebagai bagian untuk menghentikan penyebaran virusnya. Berdasarkan arahan dari Yayasan Al-Kahfi Pusat, pengurus Yayasan Al-Kahfi Cabang Kota Kediri berusaha seoptimal mungkin untuk melawan corona dengan 2 jalan, yaitu memutus rantai penyebaran covid-19 dan meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh yang kuat.

Setelah berkoordinasi baik secara internal maupun dengan pengurus Pusat, pada 19 Maret kami adakan penyemprotan mulai dari kantor sendiri, rumah-rumah warga, sekolah, pondok pesantren, dan fasilitas umum lainnya” dalam keterangannya.

Tidak dipungkiri bahwa covid-19 sangat mematikan, terutama kepada individu yang memiliki penyakit penyerta atau kepada orang-orang yang lanjut usia. Namun ada titik kelamahan dari virus ini yaitu akan inaktif jika terkena sinar ultraviolet dan suhu tinggi serta disinfektan yang bersifat lipofil (larut lemak). Oleh karenanya salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memutus mata rantai penularannya adalah melakukan disinfektan pada benda-benda yang berpotensi di sentuh oleh manusia.

Penyemprotan disinfectan bisa jadi bukanlah hal yang susah untuk dilakukan namun situasinya akan berbeda jika dilakukan di daerah yang bukan kota besar. Beberapa faktor diantaranya: kesadaran masyarakat untuk melawan wabah ini juga masih kurang, selain itu juga ada kendala sumber daya: SDM hingga bahan-bahan yang digunakan untuk disinfeksi. Namun upaya pengurus Yayasan Al-Kahfi Cabang Kota Kediri untuk mengawali kegiatan baksos dilingkungan LSM-LSM di Kota Kediri membuahkan hasil.

Pasca kegiatan itu, publik juga memberikan respons yang positif.

Setelah beberapa kali kami melakukan penyemprotan, 3 kali, alhamdulillah teman-teman LSM yang lainnya juga bergerak melakukan penyemprotan. Sebenarnya warga sangat mengharapkan akan dilakukannya penyemprotan ini, tapi ya memang di lapangan yang kami dengar teman-teman LSM kesulitan dalam pengadaannya. Ya alhamdulillah setelah Al-Kahfi mengadakan beberapa kali penyemprotan disinfectan ini ada donatur yang support salah satunya menitipkan 600 masker untuk dibagikan ke warga. 600 itu diluar yang kita progamkan, kita sendiri juga memprogamkan pengadaan 600 masker” pungkasnya.

Berbagai upaya besar telah dilakukan oleh Walikota Kediri untuk mencegah dan menanggulangi dampak dari wabah covid-19 ini.

Di Kota Kediri, dampak dari pandemi corona bisa kita rasakan, pendidikan terhenti, kegiatan ekonomi terhenti, terutama masyarakat kecil, banyak yang kehilangan lapangan pekerjaan, dan kajian keagamaan libur untuk sementara, begitu pula sektor-sektor yang lainnya.

Usaha melawan pandemi covid-19 ini kami wujudkan melalui beberapa program bakti sosial diantaranya: (1) memutus penyebaran covid-19 dengan penyemprotan desinfektan, program edukasi pencegahan corona, pembinaan #belajardirumah untuk siswa-siswa Yayasan Al-Kahfi, pemasangan wastafel umum, serta pemberian antiseptik dan masker (2) menjaga imunitas melalui pemberian paket sehat untuk tenaga medis, vitamin dan sembako yang diperuntukkan siswa-siswi Yayasan Al-Kahfi

Menjaga Kebersihan Masyarakat Melalui Progam Pemasangan Wastafel Umum Di Depan Sekretariat

Yayasan Al-Kahfi memasang 4 wastafel umum di depan sekretariat jl. Penanggungan, Banjaran dan Banaran. Supaya bisa digunakan untuk masyarakat umum, donatur yang hendak berkunjung ke yayasan, serta siswa santunan yang mengambil buka puasa di yayasan. Semoga dengan adanya wastafel cuci tangan di depan sekretariat ini, semakin memudahkan masyarakat untuk rajin mencuci tangan.

Pemasangan wastafel portable di depan kantor Yayasan
Pemasangan westafel juga dilakukan di dalam ruang kantor Yayasan

Penyemprotan Desinfektan: Upaya Menginsiasi Kegiatan Baksos Untuk Bersama Melawaan Covid-19 Di Kota Kediri

Salah satu cara untuk mencegah penyebaran covid-19 ini adalah dengan cara rutin melakukan penyemprotan desinfektan terutama di areal-areal yang sering digunakan oleh orang. Penyemprotan ini bertujuan untuk mematikan virus. Program penyemprotan desinfektan ini sendiri dimulai dari penyemprotan kantor Yayasan dan 3 sekretariat Yayasan Al-Kahfi Cabang Kota Kediri. Kemudian dilanjutkan pada warga sekitar sesuai dengan kebutuhan, yaitu warga sekitar yayasan yang berada di jalan Penanggungan, RT 33 RW 07 sebanyak 2 kali penyemprotan. Dan warga sekitar sekretariat Banjaran, tepatnya di RT 02 RW 09 sebanyak 1 kali penyemprotan. Titik penyemprotan berikutnya untuk area publik terutama fasilitas umum meliputi: kantor sekitar sekretariat Penanggungan, sekolah- sekolah (3 sekolah), masjid dan tempat TPQ di sekitar sekretariat Penanggungan sebanyak 2 kali penyemprotan. Selanjutnya penyemprotan di areal pondok pesantren sebanyak 3 kali. Area yang disemprot, mulai dari jalan yang sering dilalui kemudian masuk ke area dalam (ruangan-ruangan). Kegiatan ini kami lakukan secara bertahap dimulai sejak 29 Maret 2020 hingga 19 April 2020.

Alhamdulillah, kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. Bahkan ada salah satu warga RT di sekitar sekretariat Bandar Lor yang sampai menunggu di depan rumah untuk mendapatkan giliran penyemprotan desinfektan.

“Terima kasih kepada ketua dan pengurus Yayasan Al-Kahfi atas bantuannya yang telah mengorbankan tenaga, pikiran, waktu, dan biaya demi mencegah terjangkitnya covid-19 di wilayah RT 33, semoga amal baik ini dilipatgandakan oleh Allah SWT” . Tulis Ketua RT 33 di group warga RT, disusul dari beberapa warga “terima kasih atas kebaikan Yayasan Al-Kahfi, semoga amal baiknya dibalas oleh Allah SWT”. Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Kediri, KH. Abu Bakar Abdul Jalil (Gus Ab) juga menyampaikan “matur suwun atas segalanya, mudah- mudahan berkah”. Dan terakhir dari salah stau Kepala Madrasah di Kota Kediri juga menyampaikan “matur suwun Yayasan Al-Kahfi, mugi barokah untuk semua”. Kami pun dari Yayasan Al-Kahfi berharap semoga ikhtiar bersama ini bisa mencegah kita dari bahaya covid-19

Penyemprotan disinefectandi di rumah-rumah warga dan fasilitas umum yang berada di sekitaran kantor Yayasan

Bakti Sosial Untuk RSUD Rujukan Pasien Covid-19: Dukungan Kepada Tim Medis Yang Bertugas Di Garda Depan

Bakti sosial disalurkan kepada 4 rumah sakit, dimana rumah sakit tersebut adalah rumah sakit rujukan pasien covid-19 di Kota dan Kabupaten Kediri, yaitu RSUD Kab. Kediri, RSUD Simpang Lima Gumul Kab. Kediri, RSUD Gambiran Kota Kediri dan RS Muhammadiyah Kota Kediri. Bakti sosial yang diberikan berupa:

Alhamdulillah, bantuan antiseptik yang kami salurkan termasuk salah satu yang dibutuhkan oleh pihak rumah sakit, dikarenakan di rumah sakit tersebut sering mengalami kehabisan stok.

Alhamdulillah, untuk paket suplemen sehat langsung di distribusikan oleh pihak rumah sakit ke bapak/ibu tenaga medis. Ada perasaan haru yang tak terkira manakala kami mendapatkan video ucapan terima kasih kepada Yayasan Al-Kahfi dari pihak rumah sakit. Kami mendapatkan foto dokumentasi para tenaga medis yang mengekspresikan kebahagiaan mendapatkan paket makanan sehat. Terharu rasanya, apa yang kami berikan tidak sebanding dengan perjuangan bapak dan ibu tenaga medis yang sangat dekat dengan covid-19.

Terima kasih juga dari kami kepada para tenaga medis atas perjuangan dan pengorbanannya. Semoga menjadi amal sholeh yang tiada terputus pahalanya.

Pengemasan paket bingkisan untuk Tim Tenaga Medis
Pengiriman paket bingkisan untuk Tim Tenaga Medis.di RSUD Kab. Kediri
Pengiriman paket bingkisan untuk Tim Tenaga Medis.di RSUD Simpang Lima Gumul, Kediri

Edukasi Belajar Di Rumah: Meskipun Harus Physical Distancing, Tetap Produktif

Untuk memutus penyebaran covid-19, sementara ini kegiatan pembinaan dan belajar di Yayasan Al-Kahfi Cabang Kota Kediri di liburkan. Namun bukan berarti kita membiarkan adik-adik, dalam kondisi ini, kami membina adik adik melalui online dengan kegiatan edukasi cara cuci tangan yang benar dan bimbingan belajar di rumah secara online untuk adik-adik yatim dhuafa Yayasan Al-Kahfi. Sedangkan untuk siswa pembinaan kecerdasan dan moral remaja Yayasan Al-Kahfi ada program kajian IES-Q online.

Pembagian Sembako, Vitamin, Masker Dan Handsanitizer Kepada Keluarga Siswa Yatim Dhuafa Yayasan Al-Kahfi

Dampak pandemi covid-19 sangat dirasakan oleh berbagai kalangan, termasuk salah satunya adalah keluarga siswa yatim dhuafa Yayasan Al-Kahfi Cabang Kota Kediri. Ada salah satu keluarga yang bekerja sebagai penjual tahu di bus, bercerita kepada pengurus Yayasan Al-Kahfi, karena corona ini, keluarganya mengalami kesulitan.

Oleh karena itu, kami juga ingin turut berkontribusi meringankan beban mereka dengan memberikan paket sembako yang berisi beras, gula, dan mie instan. Selain itu juga handsanitizer, vitamin, masker dan poster edukasi langkah-langkah pencegahan corona.

Kami membagikan sembako ke adik-adik yang berada di sekitar sekretariat Bandar Lor, Banjaran dan Banaran. Sebanyak 77 paket untuk 77 KK. “alhamdulillah, pas berase pas entek mbak” (alhamdulillah berasnya kondisinya lagi habis) ucap salah seorang ibu dari siswa yatim dhuafa Yayasan Al-Kahfi kepada salah satu pengurus yang membagikan.

Pada saat kami membagikan sembako, kami melihat banyak adik-adik dan keluarganya tidak menggunakan masker. Barangkali mereka kesulitan membeli masker untuk anggota keluarganya, melihat kondisi ekonomi sekarang. Oleh karena itu kami mengadakan program pembagian masker kepada adik adik yatim piatu dhuafa yayasan al-kahfi beserta seluruh anggota keluarganya, sampai hari ini total ada sekitar 433 masker yang terbagi ke adik-adik di sekretariat Penanggungan, Banaran dan Banjaran dan insyaAllah berikutnya 770 masker untuk adik-adik sekretariat Banaran, karena masih dalam proses pemesanan.

Demikian keseluruhan program bakti sosial Yayasan Al-Kahfi Cabang Kota Kediri dalam rangka melawan covid-19, Insya Allah program ini akan terus berjalan. Harapan kami, semoga melalui langkah kepedulian ini, ketidakseimbangan masyarakat yang disebabkan oleh pandemi corona ini bisa menjadi seimbang kembali. Aamiin aamiin ya rabbal alamin.

Pembagian hand sanitizer, masker dan vitamin ke warga-warga sekitar dan adik-adik binaan Yayasan
 Save as PDF

cheap mlb jerseyscheap nfl jerseyscheap mlb jerseyscheap nhl jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseys