“Yaa Allah Yaa Tuhan kami.. Di tengah situasi yang mencekam ini, kami bersimpuh memohon ampun atas dosa dan kekhilafan yang pernah kami perbuat. Kami lemah tak berdaya Yaa Rabb.. Sedang Engkau yang Maha Kuasa atas diri ini. Palingkanlah wabah penyakit ini dari kami, keluarga kami, rumah-rumah kami hingga seluruh penjuru bumi ini. Yaa Allah peliharalah kami dari segala mara bahaya, Engkaulah sebaik-baik Pemelihara dan Engkaulah yang Paling Penyayang.Ya Allah berikanlah kami kekuatan, ketabahan dan kesabaran untuk melewati masa pandemi ini. Hadirkanlah jalan keluar yang terbaik untuk kesulitan atas musibah ini.Yaa Allah Yaa Tuhan kami… Sesungguhnya kami memohon pada-Mu kebajikan dan keselamatan di dunia maupun akhirat. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin”

Pengurus dan Relawan Yayasan Al-Kahfi Cabang Mojokerto

Dengan adanya arahan Yayasan Al-Kahfi Pusat Surabaya, tentang rencana program Aksi Peduli Melawan Pandemi Covid-19. Pertengahan Maret 2020 kami langsung bersiap dengan membeli disinfektan dan perlengkapan APD (alat pelindung diri) guna melakukan penyemprotan disinfektan ke lingkungan sekitar sanggar Al-Kahfi. Kami memilih bahan disinfektan yang aman bagi manusia dan hewan dan juga sudah teruji di laboratorium microbiologi serta ijin edar dari KEMENTAN RI yang memiliki spektrum luas, mulai dari membasmi jamur, bakteri hingga virus. Keunggulan Rodalon baunya harum sehingga tidak mengganggu pasca semprotan disinfektan dilakukan. 

Disisi lain, kami juga melihat kedisiplinan masyarakat Mojokerto terhadap protocol covid, membuat kami merasa sangat sedih, karena kesadaran masyarakat sangat rendah meskipun pemerintah telah gencar mensosialisasikannya. Padahal Mojokerto telah dikepung daerah zona merah saat itu posisi Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Lamongan saat itu (bulan Maret). Aktifitas warga Mojokerto seperti biasanya (normal) seakan tidak terjadi apa-apa. Menurut kami Ini bahaya laten yang harus diwaspai, hal ini semakin memperkuat motivasi kami pengurus dan relawan untuk mengambil peran aktif dalam perlawanan terhadap pandemic corona ini sebagai bentuk kepedulian kami. Dengan keterbatasan sdm dan dana kami memprioritaskan daerah sekitar sanggar sebagai sasarannya. Adapun langkah-langkah kecil yang telah kami lakukan sebagai berikut:

Sosialisasi Protokol Covid Dan Penyemprotan Disinfektan Di Kota Mojokerto

Aksi sekaligus inspirasi adalah semangat kami saat terjun di warga sekitar sanggar Balongsari Kota Mojokerto. Untuk pertama kalinya tanggal 22 dan 27 Maret 2020 kami melakukan penyemprotan disinfektan dan edukasi pencegahan covid di lingkungan Balongcok, Balongsari Kota Mojokerto. Saat itu belum ada penyemprotan sama sekali di daerah sekitar kami. Saat itu kami langsung bergerak dengan sasaran pertama adalah Masjid Baitur Rahman Empunala dan rumah-rumah warga. Kurang lebih ada 100-150 rumah yang telah kami disinfeksi. Warga sangat antusias sekali dalam proses penyemprotan ini. Alhamdulillah hal ini semakin mempermudah kami untuk melakukan edukasi sosialisasi cara pencegahan Covid-19. Kami meneruskan penyemprotan di Musholla sekitar ada sekitar empat Musholla. 

Penyemprotan di Sooko Indah
Tim bersama Ketua RT Balangcok

Alhamdulillah respons bapak RT/RW dan Bapak Takmir Masjid/Musholla setempat sangat berterima kasih kepada Yayasan Al-Kahfi karena beliau sudah mengajukan permohonan alat penyemprot namun belum ada kabarnya. Yang akhirnya kami mendapatkan kehormatan bisa dimuat di media online GEMA MEDIA yang merupakan media resmi milik Pemerintah Kota Mojokerto. Meskipun (tentu saja) bukan itu tujuan kami namun kami sangat berterima kasih telah dipublish karena dengan begitu harapannya bisa menjadi inspirasi kampung lain di Mojokerto untuk melakukan hal serupa secara mandiri.

Sosialisasi ke warga

Selang dalam waktu seminggu tepatnya tanggal 2 April 2020 kami meneruskan perjuangan lagi melakukan penyemprotan di lingkungan warga kantor Perwakilan Sooko Indah baik Masjid dan rumah-rumah warga di sekitar. Dan Alhamdulillah kegiatan ini bisa menjadi INSPIRASI bagi generasi muda kampung (karang taruna) setempat yang awalnya kurang peduli dengan kondisi pandemic ini namun akhirnya sekarang ikut tergerak melakukan penyemprotan rutin sampai hari ini, mereka melakukan penyemprotan seminggu sekali dengan meminjam alat dan perlengkapan dari kami.

Sosialisasi Protokol Covid Dan Penyemprotan Disinfektan Di Mojosari, Kabupaten Mojokerto

Di Kabupaten Mojokerto, kami juga melakukan aksi penyemprotan khususnya lingkungan sanggar di Desa Seduri Mojosari. Kami memprioritaskan disinfektan di area Masjid, musholla, TPQ dan warga di sekitar sanggar Yayasan. Dimulai hari Jumat 27 Maret 2020, tepat pukul 08:00 kami memulai semprotan disinfektan di area Masjid Al-Falah, Seduri, Mojosari secara menyeluruh dari bagian dalam Masjid, selasar, segala ruangan Masjid, kipas, bedug, lantai 2, kamar mandi, tempat wudhu kemudian menuju parkir depan dan belakang, terakhir keliling bagian luar Masjid. Kami berkeliling satu per-satu rumah bapak/ibu ustaz yang biasanya digunakan untuk tempat mengaji adik-adik mulai dari rumah Ust. Sulis, Ustazah Tari, dan Ustazah Jumroh. Disinfeksi kami lakukan secara menyeluruh juga, dari seluruh ruangan bagian dalam rumah, hingga halaman depan, samping dan belakang rumah.

Sosialisasi Protokol Covid-19 di Mojosari

Esoknya kami lanjut disinfeksi ke Musholla Baitul Muttaqin, Seduri, Mojosari kemudian Musholla Al-Falah, Menanggal, Mojosari secara menyeluruh mulai dari bagian dalam hingga bagian luar sekeliling Musholla. Alhamdulillah akhirnya bisa menjadi Inspirasi bagi seluruh warga RT/RW setempat untuk bergerak bersama mengadakan penyemprotan disinfektan yang lebih massal ke seluruh rumah penduduk khususnya sampai ke tingkat RT/RW. 

Masjid | Penyemprotan disinfektan di Masjid Al Falah, Seduri, Mojosari.

Pembagian Aplikasi Belajar Secara Gratis Untuk Adik-Adik Asuh 

Alhamdulillah, Yayasan Al-Kahfi Mojokerto menjadi salah satu penerima akun gratis yang dipilih secara langsung oleh CSR Perusahaan StarApp Ruang Guru untuk wilayah Jatim. Kami mendapatkan 80 akun gratis untuk diperuntukkan bagi semua adik-adik asuh kami. Akun dibagikan langsung oleh kakak-kakak ke rumah adik-adik satu persatu. Banyak orang tua adik-adik yang meragukan apa benar akun belajar ini dibagikan secara gratis mengingat begitu gencar diiklankan bahwa media pembelajaran ini berbayar ratusan ribu. Bahkan ada juga orang tua adik-adik yang meragukan hingga menolak untuk diberikan akun. Sampai kemudian diyakinkan oleh kakak-kakak melalui bukti pengaktifan voucher pembelajaran yang memang gratis diberikan selama 1 tahun 2 semester ini.

Banyak orang tua yang merasa terharu dan sangat bersyukur anaknya diberikan akun belajar gratis untuk mendukung pemahaman anak-anak mereka terhadap materi pembelajaran sehingga bisa memudahkan anak-anak untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru-guru sekolah. Karena selama ini, orang tua adik-adik tidak bisa mendampingi anak-anaknya belajar karena minimnya wawasan yang dimiliki serta kesibukan mencari nafkah. Ditambah aturan dari pemerintah melarang adanya kegiatan berkerumun yang mengharuskan sanggar harus menghentikan proses pembelajaran. 

Setelah diberikan akun secara gratis dan diajari cara penggunaannya oleh kakak-kakak Al-Kahfi. Adik-adik sangat senang dan antusias. Hampir setiap hari mereka menggunakannya untuk belajar bahkan mengirimkan poin maupun skor dari soal yang berhasil mereka jawab. Dan respons orang tua adik-adik juga tidak kalah membahagiakannya juga, mereka mengucapkan banyak terima kasih dengan ekspresi terharu dan merasa sangat dibantu. Ada juga orang tua adik-adik yang rela membelikan anaknya hp bekas dengan uang seadanya supaya anaknya bisa belajar menggunakan ruang guru.

Kami tidak hanya memberikan akun secara gratis, namun juga mengajari adik-adik mulai dari pembuatan email, mengunduh/mendownloud aplikasi, proses pengisian akun, proses verifikasi/pengaktifan voucher, cara penggunaan ruang guru mulai dari mengganti kelas, kurikulum, mata pembelajaran, step by step pembelajaran, dan lain sebagainya. Untuk paket kuota internetnya alhamdulillah adik-adik sudah terbantu oleh Pemerintah Daerah Mojokerto.

Belajar | Bekerjasama dengan StarApp Ruang Guru untuk wilayah Jatim. 80 akun gratis diperuntukkan bagi adik-adik asuh Yayasan Al-Kahfi Cabang Mojokerto

Pembagian Paket Sehat (Sembako, Susu, Buah-Buahan Dll)

Untuk meringankan beban keluarga adik-adik asuh dalam kondisi pandemi seperti ini (terdampak). Kami juga membagikan sejumlah paket Gizi Sehat yang mungkin bisa membantu sedikit beban dan untuk menjaga imunitas mereka. Pandemi ini sangat berimbas terhadap sektor perekonomian cukup besar di semua kalangan. Orang tua adik-adik pun banyak berprofesi sebagai pedagang kecil maupun karyawan pabrik yang harus bekerja di shift bahkan dirumahkan. Pembagian paket gizi sehat ini juga bertujuan untuk memberikan dorongan motivasi agar adik-adik bisa fokus belajar tanpa terpengaruh oleh kondisi perekonomian keluarga.

Tidak jarang anak-anak yang melepaskan belajarnya hanya karena niat mulia mereka ingin membantu meringankan beban perekonomian orang tua dengan turut bekerja yang pada akhirnya membuat semangat menuntut ilmu berkurang bahkan hilang sama sekali. Kami semua berharap ini semua tidak menimpa adik-adik. Dan alhamdulillah, orang tua adik-adikpun mendukung dan sejalan dengan visi yang ingin kami wujudkan. Respons orang tua maupun adik-adik sangat bersyukur mendapatkan sembako yang begitu banyak dari Al-Kahfi dan merasa sangat terbantu.

Pembagian sembako dilakukan dengan mengedepankan aspek ketaatan terhadap protokol kesehatan. Adik-adik dibagi menjadi beberapa kelompok dan datang sesuai dengan waktu yang diberikan. Setiap kelompok terdiri dari 3 adik-adik, wajib memakai masker, sesampainya di sanggar wajib mencuci tangan dengan sabun, melakukan jaga jarak aman minimal 1 meter, dan secara bergantian mengambil sembako. Satu kelompok dengan kelompok yang lainnya diberikan jedah waktu 10 menit untuk datang atau tiba di sanggar untuk menghindari kerumunan selama proses pembagian sembako. Dan alhamdulillah semua berjalan lancar tanpa adanya hambatan.

Asih | Pembagian Paket Sehat untuk meringankan beban keluarga adik-adik asuh Yayasan Al-Kahfi Cabang Mojokerto

Bantuan Dan Support Untuk Garda Depan Tim Medis 

Pandemi covid-19 merupakan peristiwa yang besar dan membahayakan bagi seluruh manusia di bumi ini, terutama bagi tim medis yang bersentuhan langsung dengan pandemi covid-19 dan sekaligus menjadi garda terdepan dalam masa pandemi ini. Tugas dan tanggung jawab ini membuat tim medis sangat berisiko untuk terinveksi covid-19, oleh karena itu kebutuhan akan APD, vitamin dan juga alat kesehatan lainnya untuk melindungi dan menguatkan imunitas mereka sangatlah penting. Pengorbanan dan dedikasi tim medis yang tidak ternilai hingga mengorbankan nyawanya demi masyarakat ini patut untuk kita dukung, suport dan apresiasi sebesar-besarnya. Untuk itu Al-Kahfi Cabang Mojokerto dengan sumber daya yang ada memberikan dukungan dan semangat untuk tim medis dari RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo salah satu rumah sakit rujukan pemerintah untuk penanganan covid-19 di Mojokerto. Dukungan kami berupa APD baju Hazmat sebanyak 50 pcs (bisa dipakai ulang), handscoon latex 6 box, Masker N95 15 pcs, Handsanitizer 10 liter, susu bearbrand 4 pack/dus, parcel buah dan biskuit roma 2 kardus.

Support kami ini tidaklah besar jika dibandingkan dengan perjuangan dan pengorbanan tim medis, hanya langkah kecil ini yang bisa kami berikan. Ketika kami memberikan secara langsung kepada pihak rumah sakit, mereka sangatlah antusias, ramah dan menghargai setiap dukungan yang diberikan, salah satu relawan Al-Kahfi Cabang Mojokerto juga sempat berbincang dengan suster yang menyambut kami perihal keadaan APD tim medis yang seadanya, kondisi rumah sakit dan penanganan pasien covid-19 di RSUD tersebut. Dr. Velly koord. bantuan bersama melawan covid-19 RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo, “Terima kasih banyak bantuannya.. segala bentuk bantuan membuat tim RSU kita semangat dalam menangani pasien covid-19, Semoga kita semua dan keluarga selalu dalam lindungan Allah.”

Support | Simbolisasi Penyerahan Bantuan APD (Baju Hazmat, Sarung Tangan dan Suplemen) ke RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Mojokerto

Pembagian Masker, Vitamin Dan Jamu Empon-Empon Serta Pembuatan Wastafel Untuk Masjid Dan Musholla Sekitar Sanggar

Kian hari jumlah pasien positif Covid di Mojokerto semakin bertambah banyak saja. Untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat sekitar yayasan, yang menjadi tempat bermain, belajar, berkumpul, dan beraktifitas sehari-sehari kami. Maka yayasan Al-Kahfi membagikan vitamin, masker,dan jamu yang di dalamnya juga diselipkan tata cara penggunaan masker kain yang benar dan pentingnya selalu menjaga protocol kesehatan. Tidak hanya itu saja, namun yayasan Al-Kahfi juga mengajak para karang taruna RW untuk melakukan penyemprotan rutin di semua jalan, pekarangan, dan rumah-rumah warga. Warga merespons dengan sangat baik dan antusias, terutama diberikannya vitamin gratis yang keberadaannya sempat langka di sejumlah apotik. Dan banyak warga juga yang mengucap syukur karena diberikan suplemen vitamin secara cuma-cuma mengingat sudah ada warga juga yang positif terkena corona namun berhasil sembuh.

Selain itu juga, kami berharap tempat ibadah di sekitar lingkungan yayasan menjadi tempat yang aman melakukan ibadah terbebas dari penyebaran covid 19. Karena itu kami memasang wastafel portable yang sengaja kami desain dan buat sendiri. Ada 6 wastafel yang kami tempatkan di Masjid dan Musala lengkap dengan sabun cuci tangannya serta poster tata cara mencuci tangan dengan sabun yang benar untuk memutus rantai penyebaran covid 19. Ikhtiar ini semata-mata ingin melindungi adik-adik dan warga sekitar dari bahaya penyebaran dan penularan virus Covid 19.

Imunitas | Pembagian Masker, Vitamin Dan Jamu Empon-Empon terutama kepada orang-orang tua

Penutup

Demikian sekilas langkah kecil kami dari Mojokerto. “Sebuah Langkah Kecil, Dari Kami Untuk Negeri Dalam rangka Bersama Melawan Covid-19 ” itulah kiranya ungkapan yang bisa kami sampaikan, semoga dengan adanya banyak langkah kecil seperti kami untuk negeri ini dalam melawan Covid-19 maka insya Allah negeri ini bisa bertahan sampai vaksin covid ini ditemukan. Tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang senantiasa mendukung berlangsungnya program-program aksi peduli lawan Covid yang kami jalankan. Semoga kita semua sehat selalu dan dalam lindunganNya. Dan semoga pandemic covid 19 ini segera cepat berakhir..Aamiin Ya Rab bal ‘Alamiin. 

 Save as PDF

cheap mlb jerseyscheap nfl jerseyscheap mlb jerseyscheap nhl jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseys