“Terima kasih kepada Yayasan Al-Kahfi, semoga tetap selalu menjadi terdepan dan bermanfaat bagi lingkungan disini dan secara nasionalnya…” (Bapak Ketua RT 39 RW 06 Kelurahan Sukabangun, Kecamatan Sukarami, Palembang)

Sebagaimana info perkembangan dari gugus percepatan penanganan COVID-19  Sumatera Selatan bahwa semakin kian meningkat, termasuk di kota Palembang yang menjadi jantung perekonomian Bumi Sriwijaya ini per tanggal 07 September 2020 sebanyak 2.680 yang terkonfirmasi kasus positif Covid-19. Dari lonjakan angka kasus Covid-19 ini yang meningkat drastis inilah membuat segenap pengurus Yayasan Al-Kahfi Cabang Palembang juga turut mengadakan bakti sosial “Bersama Melawan Corona” guna membantu program pemerintah setempat dalam menangani wabah Covid-19 ini. Kami sangat yakin dengan bersama kita semua kuat menghadapinya, sebab masalah ini bukan masalah satu orang saja tapi masalah bersama.

Meski di tengah keterbatasan sdm yang dimiliki Yayasan Al-Kahfi Cabang Palembang tidak menyurutkan semangat mengabdi untuk negeri di Bumi Sriwijaya ini. Dengan pertimbangan tersebut Yayasan Al-Kahfi Cabang Palembang melakukan Bakti Sosial Bersama Melawan Corona dengan berbagai aksi kepedulian guna melawan Covid-19. Diantaranya seperti penyemprotan disinfektan ke area kantor Yayasan Al-Kahfi,serta ke tempat-tempat umum di area lingkungan sekitar kantor seperti Masjid, Langgar, sekolah-sekolah terdekat seperti TK Bina Ananda, SMK N 4 Palembang serta ke pemukiman warga serta memberikan sosialisasi secara visual terkait pentingnya menjaga kebersihan, edukasi gaya hidup sehat, himbauan senantiasa mencuci tangan, berjarak saat komunikasi serta senantiasa menggunakan masker setiap keluar dari rumah. Adapun serangkaian sosialisasi tersebut dirangkum dalam satu poster bertemakan “Jaga Diri Yuk” yang kemudian dibagikan serta ditempelkan di setiap rumah warga.

Tidak luput juga aksi peduli dengan pembagian masker kain kepada anak-anak binaan Yayasan serta warga kampung dan para pekerja harian yang dijalanan serta pembagian sembako kepada mereka yang terkena dampak ekonomi adanya wabah Covid-19 ini serta pemberian paket gizi secara rutin ke anak-anak binaan Yayasan Al-Kahfi Cabang Palembang yang berisikan vitamin C, buah, serta 2 buah kotak susu.

Penyemprotan Disinfektan

Sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 ini maka Yayasan Al-Kahfi Cabang Palembang juga melakukan penyemprotan disinfektan yang bekerja sama dengan pihak birokrasi dan bagian kepengurusan masjid maupun langgar setempat serta pemuda-pemudi lingkungan RT 39 dan 40 yang tidak kalah semangatnya untuk membantu. Bahkan salah seorang pemudi bernama Tiara seorang mahasiswi UNSRI mengatakan “kalau tidak karna Al-Kahfi tidak mau terlibat kegiatan kampung”. Atas dukungan inilah yang menguatkan langkah kami menjalankan bakti sosial ini. Adapun titik penyemprotannya ke tempat-tempat umum seperti masjid, musala, TK setempat dan pemukiman warga RT 39 dan 40 yang sesuai dengan jangkauan dan kapasitas kami dan akhirnya dapat melakukan penyemprotan di 150 titik.

Alhamdulillah, bakti sosial ini mendapatkan respons positif dari pihak birokrasi yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Ketua RT 39 RW 06 Kelurahan Sukabangun, Kecamatan Sukarami, Palembang “Terima kasih kepada Yayasan Al-Kahfi, semoga tetap selalu menjadi terdepan dan bermanfaat bagi lingkungan disini dan secara nasionalnya…”

Disinfeksi | Penyemprotan disinfektan di Mushalla Langgar Nur Islam Jl. Sersan Sani Lorong Sukamulya I RT39 RW 40 Kel.Sukabangun Kec.Sukarami, Palembang
Disinfeksi | Penyemprotan disinfektan di area kantor perwakilan Al-Kahfi Cabang Palembang.
Disinfeksi | Penyemprotan disinfektan di area Masjid Atqo, Jl.Sukamulya Raya RT 40 RW 06 Kel.Sukabangun Kec.Sukarami, Palembang.
Sekolah | Penyemprotan Disinfektan di TK Bina Ananda
Peduli | Penyemprotan di rumah warga sekitar

Sosialisasi Gaya Hidup Sehat

Mengingat proses penularan virus Covid-19 ini melalui droplet dan juga sangat mudah menyerang tubuh yang memiliki imunitas yang rendah, serta ditambah lagi belum ditemukannya obat untuk mengobati virus ini. Maka dari itu, penting bagi kita semua untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga kebersihan, serta melakukan gerakan kesehatan lainnya. Maka dari itu, Yayasan Al-Kahfi Cabang Palembang juga mengadakan sosialisasi himbauan kepada warga sekitar agar menjaga kebersihan lingkungan, menjaga daya tahan tubuh, membiasakan cuci tangan, menggunakan masker, membiasakan berjemur, mengonsumsi makanan yang bergizi, dan beberapa hal lainnya yang terangkum dalam poster “Jaga Diri Yuk” yang dibagikan, ditempel di setiap rumah. Sosialisasi ini juga dilakukan bersamaan dengan penyemprotan dan telah menempelkan sebanyak 150 rumah warga dan tempat umum setempat serta setiap kali berkunjung ke kantor Yayasan Al-Kahfi senantiasa untuk mensosialisasikan upaya-upaya pencegahan Covid-19. Serta kami juga menyediakan tempat cuci tangan, membiasakan cek suhu sebelum masuk kantor dan menjaga ketat jaga jarak ketika komunikasi di area kantor Yayasan.

Social Distancing | Membiasakan menjaga jarak ketika di Kantor Yayasan.

Pembagian Masker

Seiring dengan gencarnya arahan pemerintah setempat, agar setiap warga yang beraktivitas di luar rumah harus menggunakan masker, bahkan arahan tersebut tidak lagi bersifat himbauan belaka namun juga sudah sampai ada ketentuan yang berlaku jika tidak menggunakan masker akan dikarantina selama 1×24 jam di Asrama Haji Palembang, sebab disadari dampak tidak menggunakan masker akan relatif lebih mudah tertular ataupun menularkan.

Maka dari itu, Yayasan Al-kahfi Cabang Palembang juga turut membantu gerakan pemerintah untuk warga agar senantiasa menggunakan masker dengan membagikan 100 masker kain gratis kepada anak-anak binaan, warga sekitar serta para pekerja yang sehari-harinya di jalanan. 

Adapun pembagian masker kain untuk warga melalui kerjasama dengan Bapak RT setempat, sementara pembagian kepada para pekerja jalanan langsung dilakukan oleh rekan-rekan pengurus Yayasan Al-Kahfi Cabang Palembang terjun ke lapangan. Harapannya, dengan pembagian masker gratis ini dapat melindungi diri dari virus Covid-19 ini.

Pembagian Paket Sembako

Di tengah kondisi pandemi global ini, tidak hanya dampak terhadap kesehatan hingga kehilangan nyawa dan jatuh korban namun juga ekonomi menjadi salah satu sektor yang terdampak adanya Covid-19 . Terlebih lagi kondisi anak-anak binaan Yayasan Al-Kahfi Cabang Palembang berasal dari ekonomi menengah ke bawah yang rata-rata berprofesi sebagai pedagang kaki lima, buruh cuci harian, tukang becak, tukang bangunan, pengumpul barang bekas dan pekerjaan harian lainnya yang ikut terkena dampak pandemi global ini. Bahkan tidak jarang juga ada yang dirumahkan sementara sehingga semakin menambah kesulitan yang dihadapi saudara kita. Serta luka yang mendalam yang dirasakan para pekerja yang mengandalkan hidup dari berdagang yang sangat sepi tanpa pelanggan

Maka dari itu, Yayasan Al-Kahfi juga ingin turut andil meringankan beban ekonomi yang dialami keluarga anak binaan dengan menghadirkan paket sembako, yang nantinya akan dibagikan kepada 70 anak yatim, piatu, duafa serta kepada mereka yang harus bekerja di tengah wabah seperti tukang jahit keliling, pengumpul barang bekas, penjual makanan yang sudah tua renta,dsb. 

Adapun paket sembako yang akan dibagikan berupa beras, minyak goreng, susu kaleng, sarden, mie instan, telur, kecap. Dan dalam proses pembagian sembako pun dibagi menjadi 2 tim untuk kecepatannya. Satu tim beranggotakan 3 orang membagikan di area kantor Yayasan Al-Kahfi Cabang Palembang dan satu tim lainnya beranggotakan 2 orang membagikan ke rumah-rumah anak binaan yang jauh dari Yayasan.  

Dalam pembagian sembako ini juga tetap mengikuti protokol kesehatan demi pencegahan Covid-19 ini yakni dibuat sistem bergantian, dan tetap adanya pengecekan suhu tubuh, cuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki kantor, serta adanya jaga jarak dan penggunaan masker saat pembagiannya. Dari serangkaian proses pembagian ini juga tidak luput dari doa dan harapan “ Semoga Yayasan Al-Kahfi selalu ada di tengah kita semua,” ungkapan salah satu wali dari anak binaan Yayasan Al-Kahfi Cabang Palembang.

Peduli | Pemberian bantuan sembako kepada anak binaan Yayasan Al-Kahfi Cab. Palembang
Peduli | Penyerahan bantuan sembako kepada mereka yang harus bekerja diluar rumah demi mencari nafkah ditengah wabah.

Pembagian Paket Gizi 

Sebagaimana yang kita ketahui, virus Covid-19 ini akan paling rentan bila tubuh dalam keadaan imunitas rendah. Terlebih lagi bagi saudara-saudara kita yang ekonomi menengah ke bawah yang mana dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan pangan masih kesusahan terlebih lagi untuk memenuhi nutrisi yang layak seperti buah-buahan, susu, dsb. Maka dari itu, Yayasan Al-Kahfi Cabang Palembang membagikan paket gizi kepada anak-anak yatim, piatu, duafa, serta anak-anak binaan Yayasan Al-Kahfi secara rutin yang berisikan 2 buah kotak susu, buah-buahan dan vitamin C yang dikemas dalam 1 kemasan dan secara rutin dibagikan untuk 70 anak. Semoga paket gizi dapat menyehatkan anak-anak bangsa serta dapat memutus rantai penyebaran Covid-19.

Semoga serangkaian kegiatan bakti sosial “Bersama Melawan Corona Di Bumi Sriwijaya” dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 dan membuat dunia kita, bangsa kita, tanah kelahiran kita dapat pulih kembali. Bersama kita kuat menghadapinya.

 Save as PDF

cheap mlb jerseyscheap nfl jerseyscheap mlb jerseyscheap nhl jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseys