Sejak Maret, Covid-19 ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai Pandemi. Bersamaan dengan itu, angka pasien positif di Indonesia sudah sangat tinggi. Kami di Pekalongan saat itu menghadapi 1 pasien positif Corona yang dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19, RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan (Jl. Veteran No.31, Dukuh, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan). RS. ini hanya berjarak +3 km dari Kantor Yayasan. Tentu hadir rasa cemas dan khawatir karena berarti virus sudah di dekat kami. Di sisi lain, lingkungan kami merupakan masyarakat kurang mampu, di mana pemahaman tentang kesehatan masih kurang dan masih bergelut untuk pemenuhan kebutuhan. Sehingga masih banyak yang tidak menerapkan rekomendasi pencegahan virus baru yang cepat menular ini. 

Tidak lama kemudian, Yayasan Al-Kahfi Pusat memberikan arahan untuk mengadakan Bakti Sosial Melawan Corona untuk Masyarakat. Arahan ini terasa menyentuh bagi kami, karena di kondisi seperti ini, kita memerlukan ikhtiar untuk bersama melawan corona sekaligus meringankan beban yang ditanggung Pemerintah dan Masyarakat. Menindaklanjuti itu, kami lantas mengadakan Program Penyemprotan Disinfektan ke Rumah Warga dan Fasilitas Umum, Memasang Wastafel di beberapa titik untuk memudahkan Cuci Tangan, Mensosialisasikan Gaya Hidup Sehat, Mensosialisasikan Pemutusan Rantai Penyebaran Covid-19, Membagikan Suplemen untuk Warga, dan Memberikan Paket Suplemen untuk Petugas Medis di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan serta membagikan Paket Bantuan untuk Siswa Yatim, Piatu dan Duafa.

Pengurus Yayasan Al-Kahfi Cabang Pekalongan Bersama Ketua RT 04 dan Ketua RW 15 Kelurahan Pasikratonkramat

Penyemprotan Disinfektan ke Rumah Warga dan Fasilitas Umum

Penyemprotan kami lakukan pada Rabu (1/04), Kamis (2/04), Jum’at (3/04), Sabtu (4/04), dan Senin (6/04). Penyemprotan ini meliputi wilayah terdekat kantor Yayasan Al-Kahfi Cabang Pekalongan di Panjang Wetan dan Pasirkratonkramat. Yakni RT 01 RW 02, RT 02 RW 02, RT 03 RW 02 Panjang Wetan, RT 05 RW 03 & RT 06 RW 03 Panjang Wetan, RT 04 RW 03 Kandang Panjang, KB Mawar Melati dan Musola Al-Faruq di JL WR Supratman Gg. 12, Masjid Al-Mubarok di Jl. WR. Supratman, dan RT 04 RW 15 & RT 02 RW 15 Pasirkratonkramat. Total ada 120 rumah warga dan 3 Fasilitas Umum yang kami semprot disinfektan. Dalam penyemprotan ini kami didampingi Ketua RT, Ketua RW, dan Takmir Masjid terkait. Untuk tempat umum (Masjid, Musola, Paud) selain menyemprot kami juga membantu mengepel ruangan pasca penyemprotan. Pengepelan dilakukan setelah SDM beristirahat dan sembari ruangan didiamkan sesuai anjuran.

Penyemprotan Disinfektan di Masjid Al-Mubarok Kelurahan Panjang Wetan dan Rumah Warga

Sosialisasi Gaya Hidup Sehat & Memutus Rantai Penyebaran Corona, serta Pembagian Suplemen ke Warga

Wilayah sosialisasi ini sama dengan wilayah penyemprotan di Panjang Wetan dan Pasirkratonkramat. Kami melaksanakan pada Kamis (2/04), Jumat (3/04), dan Senin (6/04). Dua hari sebelum melakukan sosialisasi, tim berkoordinasi dengan Ketua Yayasan Al-Kahfi Cabang Pekalongan, Moch. Nur Gunarso, tentang bagaimana isi pesan dan media sosialisasi yang bisa dekat ke warga. Mengingat untuk sosialisasi Gaya Hidup Sehat dan Pemutusan Rantai Penyebaran Corona banyak menggunakan istilah medis yang bisa jadi sangat sulit dipahami warga. Dari hasil koordinasi ini, tim memutuskan menggunakan media pamflet A5 dan stiker A6 yang akan dibagikan ke tiap rumah warga, pamflet A3 yang akan dipasang di mading kampung, media banner 1 x 1.5 m dan standing banner yang akan dipasang di kantor Yayasan, memasukan Bahasa Daerah untuk mengganti istilah medis yang sukar dipahami oleh orang awam, serta memakai animasi dan slogan bahasa daerah untuk membangkitkan kewaspadaan warga terhadap Covid-19 ini. 

Kami mensosialisasikan dengan langsung datang ke rumah warga. Awalnya sempat khawatir apakah aman, mengingat kita justru diarahkan untuk social/physical distancing. Mengatasi kekhawatiran itu, kami lantas mengetatkan aturan dengan mewajibkan menggunakan masker dan tetap menjaga jarak fisik 1-2 meter dengan warga bagi tim sosialisasi. 

Saat sosialisasi pada Kamis (2/04), kami juga sempat kesulitan karena wilayah Panjang Wetan hari itu digenangi banjir akibat hujan deras pada malam sebelumnya. Setelah melewati banjir pada satu RT, tim lantas memutuskan untuk menghentikan dulu dan melanjutkan keesokannya karena khawatir justru akan menurunkan imunitas tubuh SDM sebab jalanan masih tergenang air karena banjir.

Mensosialisasikan Gaya Hidup Sehat, Memutus Rantai Corona, dan Membagikan SKM ke Warga dan Siswa Asuh

Dalam sosialisasi ini, tim menjelaskan secara singkat tentang gaya hidup sehat dan apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19, memberikan pamflet dan stiker untuk penjelasan lebih detailnya, membagikan Susu Kental Manis 560 g sebagai suplemen penunjang daya tahan tubuh, dan mendoakan “Semoga sehat terus nggih, Pak/Bu”. Total kami membagikan pamflet, stiker, dan susu kental manis ke 192 rumah warga. 

Kami juga menitipkan 100 stiker dan pamflet sosialisasi ini ke Kantor Kelurahan Panjang Wetan, Pekalongan Utara untuk dibagikan ke wilayah selainnya. Pemberian ini bersamaan dengan melaporkan keterlaksanaan kegiatan Bakti Sosial Bersama Melawan Corona sebagai bentuk sinergisitas kami dengan pemerintah daerah. Saat berkunjung ke Kantor Kelurahan Panjang Wetan kami memberikan 1 botol disinfektan merk Rodalon 1 liter serta 1 botol sabun cuci tangan 250 ml yang bisa digunakan untuk Kantor Kelurahan pada Senin (6/04), yang diterima langsung oleh Bapak Lurah, Pak Karyoto. Beliau mengucapkan terima kasih atas sumbangsih kami untuk warga sekitar dan saling menguatkan untuk bersama menjaga lingkungan tetap sehat dan terhindar dari virus Covid-19.

Media Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Memberi Dukungan untuk Tenaga Medis di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan

Selain dua program di atas, kami juga menyiapkan program peduli tenaga medis. Petugas medis di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan merupakan Pahlawan Garda Terdepan dalam mengatasi virus ini di Pekalongan. Kesehatan mereka merupakan kunci penanganan pandemi. Atas jasa itu, kami ingin mengucapkan terima kasih dan mengirimkan 100 paket suplemen kesehatan bagi mereka. Kami datang dan memberikan paket tersebut pada Jumat (3/04). Paket suplemen tersebut berisikan 1 botol Madu TJ 250 g, 4 tablet Vitacimin 500 mg, 1 Ultra Sari Kacang Hijau 250 ml, 1 Susu Bear Brand 189 ml, 1 botol Cimory Yogurt Drik 250 ml, 1 buah Apel Fuji, 1 buah Jeruk, dan Kartu Ucapan “Doa dan Dukungan Kami semua untuk Para Pahlawan Kesehatan. Semoga Sehat dan Kuat untuk Bersama Melawan Corona”.

Memberikan Paket Suplemen Kesehatan untuk Tenaga Medis di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan

Kedatangan kami disambut Bagian Informasi RS. Pihak RS. juga langsung membantu proses penurunan paket bantuan dari Viar. Usai semua bantuan diturunkan, tim dan beberapa pihak RS. melakukan foto bersama. Pihak rumah sakit membalas pemberian paket untuk tenaga medis ini dengan memberikan kartu ucapan terima kasih: “Dengan tidak mengurangi rasa hormat, kami mengucapkan Terima Kasih kepada semua yang telah memberikan Doa, Dukungan, dan Bantuan kepada kami. Semoga segala kebaikan dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa”. Kartu ini berwarna dasar biru dan berlogo serta berstempel RSUD Kraton.

Memasang Wastafel untuk Gerakan Rajin Cuci Tangan

Program terakhir, yakni pemasangan wastafel di area warga dan fasilitas umum. Pemasangan ini untuk mendukung gerakan cuci tangan sebagai salah satu langkah pencegahan Covid-19, sehingga memudahkan warga untuk rajin cuci tangan. Pemasangan ini kami lakukan sejak Jumat (10/04). Beberapa titik yang kami pasang yakni di area RT 02 RW 02 Panjang Wetan, di KB Mawar Melati dan Musola Al-Faruq Jl. WR. Supratman Gg. 12, di Masjid Al-Mubarok Jl. WR. Supratman (2 wastafel), di Masjid Al-Ikhlas Jl. Angkatan 66 Pasirkratonkramat.

Pemasangan dibantu langsung oleh Ketua RT, Ketua RW, Takmir Masjid, serta beberapa warga yang swadaya memasangkan wastafel portabel yang sudah kami sediakan. Selain wastafel portabel, kami juga menyiapkan sabun cuci tangan, poster cara cuci tangan yang benar, dan membiayai pemasangan pipa sebagai saluran airnya. Dengan wastafel di beberapa titik ini, semoga warga tidak kesulitan untuk rajin cuci tangan.

Salah Satu Wastafel yang Dipasang di KB Mawar Melati, Panjang Wetan

Membagikan Paket Bantuan Untuk Siswa Yatim, Piatu dan Duafa

Adik-adik kami menjadi perhatian utama, bagaimana menjaga dan membantu keluarga mereka menghadapi situasi yang sulit seperti sekarang ini. Dengan sumber daya yang kami miliki, segera kami siapkan 70 paket bantuan untuk siswa asuh kami yang terdiri dari: Beras, Susu, Masker, Handsanitizer dan snack. Saat kami antarkan bantuan itu ke tempat mereka, raut bahagia seketika terpancar dari wajahnya. Beberapa dari mereka langsung membuka bingkisan yang kami berikan seperti adik Via, Faza, dan Alis yang memakan snack di dalam rumahnya dengan riang gembira. Juga adik Dina, Rahma, Ajeng, dan Dimas yang suka dengan masker dan handsanitizernya. Bahkan kesan surprise dari orang tua siswa asuh langsung disampaikan kepada para relawan yang membagikan paket bantuan itu. “Terima kasih Al-Kahfi” kalimat itu yang senantiasa terucap dari mereka yang menerima paket bantuan dari kami. Mungkin yang bisa kami berikan untuk mereka tidak seberapa nilainya tapi sangat berharga untuk menumbuhkan optimisme dan tambahan energi untuk bertahan menghadapi pandemi covid-19 yang kita tidak bisa memprediksi sampai kapan situasi ini akan normal kembali.

Kebahagiaan Warga adalah Kebermaknaan Bagi Kami

Dalam melaksanakan program-program Bakti Sosial Bersama Melawan Corona ini, kami mendapat banyak ucapan terima kasih dari warga Panjang Wetan maupun Pasirkratonkramat. Bahkan ada warga keturunan Tionghoa yang sampai terpukau karena Yayasan Al-Kahfi mau terjun langsung untuk sosialisasi pencegahan Covid-19. Mereka juga terkejut karena merasa diperhatikan oleh Yayasan Al-Kahfi yang memberi sosialisasi dan suplemen ke rumahnya. 

Tetapi, juga ada beberapa warga yang menolak penyemprotan disinfektan ke rumahnya, karena menganggap cairan berbahaya. Kami lantas menjelaskan bahwa cairan ini aman dan efektif membunuh bakteri dan virus, namun tidak memaksakan untuk menyemprot rumahnya jika tetap menolak. Meski demikian, mayoritas warga banyak yang memuji dan mengucapkan terima kasih karena Al-Kahfi mau menyemprot disinfektan sampai ke dalam rumahnya, di mana sebelumnya belum ada pihak manapun yang melakukan penyemprotan sampai ke daerahnya padahal pasien positif Covid-19 sudah sampai Pekalongan. Salah satu ucapan kami terima dari Ibu Puspa, Warga RT 4 RW 03 Kandang Panjang “Maturnuwun Mbak, Mas.. alhamdulilah untungnya ada Al-Kahfi, mau nyemprot rumah-rumah sampe ke dalamnya”. Saat kami sosialisasi sembari menutup dengan doa semoga sehat, juga banyak warga lanjut usia langsung menampakan raut wajah bahagia dan mengucapkan “Amiin, amiin, nggih, Ya Allah matursuwun, Mbak”. 

Ucapan terima kasih juga kami terima dari Ketua RT, Ketua RW, dan Takmir Masjid terkait karena Yayasan Al-Kahfi mau memperhatikan warga di wilayahnya serta peduli terhadap fasilitas bersama. Atas rasa terima kasih, ada juga warga yang ingin memberikan apresiasi dengan membelikan minuman es dan memberikan masker untuk kami. Pemberian tersebut kami tolak dengan halus, sebab sejak awal kami berkomitmen untuk membantu mengatasi persoalan pandemi virus ini dan meringankan kesulitan yang dihadapi masyarakat. Melihat respons warga yang bahagia saja sudah merupakan kebermaknaan bagi kami dalam menjalankan Bakti Sosial Melawan Corona. 

Semoga Pandemi Covid-19 ini segera usai, mereka yang positif bisa segera diberikan kesembuhan dan kembali sehat lagi, masyarakat juga bisa segera beraktivitas normal lagi. Aamin.

 Save as PDF

cheap mlb jerseyscheap nfl jerseyscheap mlb jerseyscheap nhl jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseys