Terima kasih kepada Al Kahfi Rungkut, ini menjadi rahmat bagi kami, masih ada pihak yang peduli pada kami untuk pertama kali”, demikian ucap salah satu anggota kepolisian Polsek Rungkut pagi itu.

Surabaya, tempat tinggal kami yang kasus positif dan angka kematian sangat tinggi. Berdasar data Pemerintah Provinsi Jawa Timur pertambahan jumlah pasien terkonfirmasi positif tanggal 7 September 2020 ada 85 orang dalam sehari. Sejak bulan Maret hingga sekarang, pasien yang terkonfirmsi positif sudah menyebar diseluruh bagian kota Surabaya termasuk Surabaya Timur, wilayah kantor kami berada. Virus ini begitu cepat menyebar dan mematikan. Jumlah pasien positif dan kematian akibat Covid-19 masih terus bertambah setiap harinya . Hal ini tentu sangat berdampak dan menguras energi berbagai pihak: pemerintah, tenaga medis, polisi dan TNI, sekolah-sekolah, dan seluruh masyarakat. Banyak tenaga medis yang mengalami kelelahan bahkan tercatat lebih dari 100 tenaga medis yang telah gugur. Pemerintah juga membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dengan menerjunkan pihak kepolisian dan TNI. Banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi wabah ini, tanpa campur tangan banyak pihak termasuk seluruh masyarakat Indonesia mustahil wabah ini akan segera berakhir.

Melihat keadaan yang mengkhawatirkan tersebut, Yayasan Al-Kahfi Perwakilan Rungkut merasa tergerak untuk ikut serta berkontribusi menanggulangi wabah Covid-19. Terlebih lagi, adanya himbauan dari kantor pusat untuk melaksanakan “Program Bakti Sosial Melawan Corona”, maka kami segera mengambil langkah kontribusi untuk menanggulangi Covid-19. Langkah ini juga sebagai bentuk kepedulian kami pada negeri karena banyak pihak yang terdampak. Berikut serangkaian Program Bakti Sosial yang telah kami laksanakan:

Dukungan Tenaga Medis di Rumah Sakit Islam Jemursari dan Rumah Sakit Royal Surabaya

Sungguh luar biasa jasa tenaga medis dalam mengabdikan dirinya untuk menangani pasien Covid-19. Mengingat tenaga medis yang berhadapan langsung dengan pasien Covid-19 dan penggunaan APD lengkap selama berjam-jam ini tentunya mereka membutuhkan suplemen. Oleh karena itu, kami memberikan nutrisi atau suplemen kesehatan yang spesifiknya berupa susu, madu, dan vitamin. 

Kami juga mendata beberapa rumah sakit yang akhirnya memutuskan untuk memberikan bantuan kepada 2 rumah sakit rujukan penanganan Covid-19, yaitu RSI Jemur Sari dan RS Royal Surabaya. Posisi rumah sakit tersebut berada di radius yang tidak terlampau jauh dari kantor kami berada. Jumlah paket bantuan yang kami berikan totalnya adalah 100 paket, yang masing-masing rumah sakit mendapat sekitar 50 paket. 100 paket bantuan tersebut terdiri dari 96 box madu/960 sachet, 5 box vitamin C atau 500 tablet hisap, dan 20 karton susu kotak sekitar 480 kotak susu.

Awalnya kami sempat mengalami kesulitan dalam mencari madu dan vitamin C sebab terjadi kelangkaan di pasaran, tapi Alhamdulillah berhasil kami dapatkan. Perlu diketahui juga, kami memilih bentuk-bentuk suplemen dengan karakter kecil atau praktis karena pertimbangan agar mudah dan cepat dikonsumsi oleh tenaga medis. Apalagi tenaga medis yang dalam situasi kepadatan menangani pasien maka, suplemen yang dapat dikonsumsi adalah yang praktis.

Bantuan kami kirimkan pada tanggal 30 Maret 2020. Saat di lokasi, kami disambut oleh Ibu Wulan selaku perwakilan dari RSI Jemursari, “Terima kasih kepada Yayasan Al Kahfi, yang telah peduli membantu tenaga medis yang ada disini dan semoga teman-teman di Yayasan Al Kahfi sehat selalu”. Senang sekali mendengarnya dan tak lupa kami juga turut mendoakan para tenaga medis agar diberikan kesehatan oleh Allah dan dapat bersabar dalam menangani pasien positif Covid-19. 

Selanjutnya kami mengirimkan bantuan ke RS Royal yang diterima oleh Ibu Fani selaku Humas RS Royal Surabaya, setelah serah terima bantuan selesai, ibu Fani memberikan sepucuk surat di dalam amplop yang isinya bertuliskan “Terima Kasih atas dukungan dan bantuan terhadap rumah sakit kami.. kami berharap agar dukungan dan bantuan yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi RS Royal Surabaya dalam menangani pasien COVID-19. Semoga kita semua diberi kesehatan , perlindungan dan keselamatan”.

Support | Pengiriman paket bantuan ke RSI. Jemur Sari sebagai bentuk dukungan kepada tim medis yang telah berjuang di garda terdepan menyelamatkan pasien-pasien Covid-19

Penyemprotan Disinfektan ke Rumah Warga dan Fasilitas Umum & Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat

Satu minggu pasca pengadaan bakti sosial dukungan tenaga medis, kami berlanjut mempersiapkan program selanjutnya yaitu penyemprotan disinfektan di sekitar kantor Yayasan Al-Kahfi Perwakilan Rungkut. Awalnya rencana kami hanya fasilitas umum saja, namun karena ada masukan dari warga dan dibantu oleh pengurus dan pemuda RW akhirnya menyasar ke seluruh rumah warga Rungkut Harapan. 

Sebelum berangkat menuju rumah para warga dan fasilitas umum, terlebih dahulu kami berkumpul di rumah salah satu pemuda RW. Selain untuk menyiapkan kesiapan alat penyemprot serta APD yang digunakan, juga dilaksanakan briefing pembagian sasaran rumah warga yang akan didisinfeksi dan berdoa bersama untuk kelancaran kegiatan. 

Proses penyemprotan berjalan lancar. Penyemprotan dilakukan dua kali, pertama kami di blok A, B, C, D, E, F dan penyemprotan kedua di blok G, H, I J, K, L, kurang lebih sekitar 600 rumah warga. Kami bersama para pemuda Rungkut Harapan melakukan penyemprotan secara berkala setiap 2 minggu sekali hingga selesai tanggal 2 Mei 2020. Banyak warga yang memberikan respons positif dengan adanya penyemprotan disinfektan yang sampai masuk kedalam rumah-rumah, bahkan ada yang sudah menanti-nantikan. Warga tersebut juga terharu dengan keikhlasan kami karena bekerja tanpa pamrih.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga dan fasilitas-fasilitas umum disekitar kantor sekretariat, kami juga melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 dengan mengingatkan untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Ada 2 cara sosialisasi yang kami lakukan, yang pertama adalah pemasangan banner di depan kantor sekretariat Yayasan Alkahfi Perwakilan Rungkut yang berisikan tentang kunci-kunci pencegahan covid-19 dan yang kedua kami mendatangi rumah warga satu persatu untuk memberikan sosialisasi atau mengingatkan tentang pola hidup bersih dan sehat diantaranya mengingatkan untuk sering mencuci tangan, menjaga daya tahan tubuh, menggunakan masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan lingkungan. Meskipun tidak semua warga bisa kami datangi karena kendala kesibukan, banyak tanggapan yang positif dari warga. Sebagian besar merasa senang dan mengucapkan terima kasih karena telah di ingatkan, bahkan ada warga yang antusias menunjukkan tempat cuci tangan yang mereka buat sendiri dirumah agar memudahkan orang mencuci tangan ketika masuk. Alhamdulillah, kami sangat bersyukur karena warga disekitar kantor kami telah banyak yang memiliki kesadaran untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Disinfeksi | Upaya untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19 salah satunya adalah dengan menggalakkan penyemprotan disinfektan terutama di lokasi-lokasi yang masih digunakan oleh banyak orang: Pos kampling hingga pemukiman penduduk.
Edukasi 3M | Upaya lainnya yang dilakukan oleh Pengurus dan Relawan Yayasan Al-Kahfi Cabang Surabaya Kantor Perwakilan Rungkut adalah melakukan sosialisasi tentang 3M: Menggunakan masker, Mencuci tangan selama 20 detik, serta Menjaga jarak. Sekaligus juga dilakukan pembagian masker gratis kapada warga disekitar lokasi Rungkut Harapan.

Bantuan Alat Penyemprot ke Wilayah Rungkut Harapan 

Adanya rencana penyemprotan yang akan dilakukan secara berkala di lingkungan RW sekitar kantor, kami berfikir bahwa warga juga membutuhkan tambahan alat penyemprot agar penyemprotan yang dilakukan bisa cepat selesai. Tekad kami pun sudah bulat, apapun yang dibutuhkan untuk melawan covid-19 akan kami berikan semampunya. Maka kami segera berkoordinasi dengan pengurus kampung dan Alhamdulillah niat tulus kami disambut baik oleh pengurus RT dan RW. Penyerahan bantuan alat semprot disinfektan elektrik diterima langsung oleh Bapak Ketua RW, dan beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Al-Kahfi yang turut memberikan kontribusi untuk kelancaran program penyemprotan disinfektan di wilayah Rungkut Harapan.

Disinfektan | Penyerahan alat penyemprotan disinfektak kepada Ketua RW di lingkungan Rungkut Harapan.

Pembagian Masker 

Masker dapat melindungi kita agar tidak tertular Covid-19 ataupun menularkan Covid-19. Saat ini kebutuhan masker sangat tinggi karena pemerintah juga memberikan arahan untuk menggunakan masker setiap keluar rumah, dan masker kain hanya bisa digunakan selama maksimal 4 jam. Demikian pentingnya keberadaan masker, maka kami tergerak untuk membantu masyarakat agar tidak kekurangan masker. Pada tanggal 2 Mei 2020, kami melakukan pembagian masker gratis untuk warga disekitar kantor sekretariat yang belum menggunakan masker ketika keluar rumah. Salah satu nya adalah kami masih menjumpai anak-anak yang bermain (bersepeda) sebagaian tidak menggunakan masker. Kami sangat khawatir dengan anak-anak tersebut , maka kami memberikan masker kepada mereka. Ketika sedang melakukan penyemprotan di rumah salah satu warga, beliau menyarankan kami memberikan masker kepada beberapa tukang bangunan yang sedang merenovasi rumah di dekat rumahnya. Alhamdulillah mereka antusias ketika menerima masker yang kami berikan. 

Berbagi dan mendapatkan sambutan yang baik merupakan salah satu kekuatan tersendiri untuk kami terus berkontribusi dan peduli terhadap apa yang sedang terjadi pada negeri ini.

Masker | Pembagian masker juga diberikan pada bapak-bapak yang bekerja di sektor informal, tukang bangunan, yang berada di lokasi Rungkut Harapan.

Dukungan pada Polsek dan Babinsa Rungkut

Tugas baru pihak kepolisian ketika covid-19 ini mewabah di Indonesia adalah sebagai Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Mereka bertugas patroli ke wilayah rawan, menyiapkan ruang isolasi pasien positif, serta melakukan pendampingan pada keluarga pasien. Dengan kata lain, pihak kepolisian terjun langsung ke lapangan dan berhadapan dengan mereka yang berpotensi rawan terkena virus mematikan ini. Hal ini membuat kami tergerak untuk memperhatikan kondisi mereka, terlebih di sekitar kantor sekretariat kami ada Kantor Polsek Rungkut.

Pada tanggal 12 Mei 2020 kami mendatangi Kantor Polsek untuk melakukan perizinan. Kami disambut dengan baik oleh Petugas Kepolisian yang sedang bertugas siang itu. Sore hari mereka mengonfirmasi bahwa kami bisa mendatangi Kantor Polsek keesokan hari. Sore itu juga kami menyiapkan suplemen apa saja yang bisa mensupport kerja keras mereka untuk memutus rantai penularan covid-19.

Kami segera menyiapkan buah jeruk sekitar 10 kilogram, masker sebanyak 50 buah, susu kotak 4 karton sejumlah total 96 kotak, madu sachet serta handsanitizer 2 botol masing-masing 500 ml. Kami juga membuatkan minuman sehat wedang pokak. Bahan-bahan untuk membuat minuman sehat wedang pokak kami beli secepat mungkin karena ada kekhawatiran pasar sudah tutup ketika sore hari. Pagi harinya kami menyiapkan 50 botol minuman pokak yang masing – masing berisi 330 ml.

Jam 10.00 WIB, kami sudah siap dan telah berada di kantor Polsek Rungkut. Ketika sampai, kami disambut dengan antusias para personil kepolisian. Sebelum acara penyemprotan dimulai, bapak-bapak Polisi mengajak kami mengikuti apel pagi yang biasa mereka lakukan ketika akan menjalankan tugas. Di akhir, ketika melakukan serah terima beberapa barang yang kami bawa salah seorang pihak kepolisian mengatakan, “Terima kasih kepada Al-Kahfi Rungkut, ini menjadi rahmat bagi kami, masih ada pihak yang peduli pada kami untuk pertama kali.” Seluruh peserta apel pagi menunduk, diluar dugaan kami. 

SDM Penyemprotan pun juga siap dengan semua APD dan alat penyemprotan. Seperti biasa, mereka dibantu dengan SDM lain menyiapkan alat penyemprot dengan mengisi air dan cairan disinfektan yakni rodalon sesuai dengan takaran yang disarankan. Semua ruangan yang ada kami lakukan penyemprotan disinfektan dengan didampingi pihak kepolisian.

Sambutan baik serta antusiasme pihak kepolisian benar – benar menjadi semangat kami untuk menggali pihak-pihak atau tempat mana saja yang akan kami datangi. Kami bertekad untuk terus berbagi setiap hari, dengan segenap jiwa raga, serta kemampuan yang kami miliki.

Selain berkolaborasi dengan Polsek, kami juga berkolaborasi dengan Babinsa Rungkut. Babinsa merupakan salah satu elemen yang memiliki peran penting dalam penanganan dan pencegahan Covid-19. Oleh karena itu, kami tergerak untuk memberikan bantuan berupa suplemen kepada babinsa untuk menjaga daya tahan tubuh anggota babinsa agar tetap bisa menjalakan tugasnya dengan prima dan tidak tertular Covid-19. Kami memberikan bantuan suplemen tersebut kepada salah satu koramil yang terdekat dengan kantor kami, yaitu Koramil Rungkut.

Alhamdulillah, kami disambut baik oleh personil Koramil yang sedang bertugas saat itu. Kami memberikan paket suplemen berupa 10 kilogram jeruk, 4 kilogram jambu kristal, 50 buah masker, 4 karton susu kotak, 40 madu sachet, serta 4 botol handsanitizer dengan ukuran 250 ml tiap botol. Selain itu, kami juga membuat minuman sehat wedang pokak sebanyak 50 botol yang masing-masing berisi 330 ml.

Setelah serah terima dilakukan, kami sempat berbincang dengan salah satu personil Koramil Rungkut. “Saya atas nama instansi kami ucapkan banyak-banyak terimakasih, semoga barokah” Ujar salah satu personil koramil yang menerima kedatangan kami pada siang itu.

Kolaborasi | Pandemi ini menuntut kita semua untuk saling bekerjasama, bahu-mebahu dengan berbagai pihak untuk bersama-sama mengahdapinya. Untuk itu, Pengurus dan para relawan bekerja sama dengan pihak Polsek dan Babinsa yang berada di lingkungan Rungkut.

Dukungan dan Penyemprotan di Sekolah-sekolah

Kantor kami yang berada di daerah Rungkut, Surabaya memang dekat dengan salah satu SMA Negeri yakni SMA Negeri 17 Surabaya. Dikenalkan oleh salah satu rekan kami melakukan perizinan kepada pihak sekolah dan keesokan harinya kami langsung melakukan penyemprotan disinfektan. Selain itu, kami juga melakukan penyemprotan disinfektan ke beberapa sekolah yang lain diantaranya SMA Negeri 16 Surabaya, SMA Negeri 20 Surabaya, SMA Negeri 14 Surabaya, SMA Negeri 10 Surabaya, SMA & SMK IPIEMS Surabaya.

Selain melakukan penyemprotan, kami juga memberikan beberapa barang pendukung pola hidup bersih dan sehat untuk masing-masing sekolah.

Program penyemprotan disinfektan di tujuh sekolah yang ada di Surabaya Timur berjalan lancar. Butuh waktu 3 minggu (4 – 20 Mei 2020) untuk menyiapkan sekaligus melaksanakan program penyemprotan disinfektan dan memberikan beberapa barang pendukung pola hidup bersih dan sehat.

Sekolah | Dukungan dan Penyemprotan disinfektan di SMAN 10.
Sekolah | Penyerahan handsanitizer, masker, & wedang pokak kepada Kepala Sekolah SMAN 14.
Sekolah | Penyerahan handsanitizer, masker, & wedang pokak kepada Kepala Sekolah SMAN 16.
Sekolah | Penyerahan handsanitizer, masker, & wedang pokak kepada Kepala Sekolah SMAN 17.
Sekolah | Penyerahan handsanitizer, masker, & wedang pokak kepada Kepala Sekolah SMAN 20.
Sekolah | Penyerahan handsanitizer, masker, & wedang pokak kepada Kepala Sekolah SMA IPIEMS.

Pembagian Sembako pada Satpam dan Pasukan Kuning Perumahan Rungkut Harapan

Satpam dan pasukan kuning perumahan Rungkut Harapan merupakan pihak yang turut berkontribusi dalam menjaga pola hidup sehat dan bersih di lingkungan sekitar sekretariat kami. Kesehatan mereka pun ingin kami perhatikan dengan memberikan sembako yang berisi beberapa bahan makanan serta suplemen tambahan.

Apresisasi | Meskipun situasi sedang mengalami pandemi, namun ada peran-peran sosial yang tidak bisa di tinggalkan, diantaranya: bagian kebersihan dan keamanan lingkungan. Untuk itu, dukungan terhadap mereka adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja mereka yang masih bekerja meskipun di tengah situasi sulit seperti ini.
 Save as PDF

cheap mlb jerseyscheap nfl jerseyscheap mlb jerseyscheap nhl jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseys