“Titip salam ke pemilik Yayasan Al-Kahfi ya… Tolong sampaikan bahwa DKM Musholla Al Fatah & jama’ah nya sangat berterima kasih atas kepeduliannya pada lingkungan terutama fasilitas umum untuk ibadah..”

[Bapak Ahmad Sopian, Ketua DKM Al-Fatah, Kec.Batuceper Kota Tangerang]

Wabah Covid-19 menjadi permasalahan masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sejak diumumkannya ada 2 warga negara Indonesia yang positif corona di awal bulan Maret 2020, menjadi awal dari tersebarnya virus corona ini hingga berpengaruh pada berbagai sektor masyarakat. Hingga saat ini 7 september 2020 tercatat kasus Covid-19 yang terkonfirmasi sebanyak 194.109 , sembuh 138.575 , dan meninggal 8.025. Angka yang cukup besar untuk durasi penyebaran yang terjadi kurang lebih dalam kurun waktu 6 bulan. Hal ini pun juga yang terjadi di Provinsi Banten, menjadi provinsi yang memiliki sumbangsih kasus Covid-19 yang tidak sedikit yaitu terkonfirmasi 3.077, sembuh 2.272, meninggal 146. Persebarannya pun banyak terjadi di Tangerang raya, khususnya Kota Tangerang dengan rincian kasus Covid-19 dengan update terakhir 07 September 2020 pukul 08.50 WIB sebagai berikut: terkonfirmasi 936 (dirawat 142, sembuh 741, meninggal 53). Jumlah yang tidak sedikit hingga mampu memengaruhi berbagai sektor masyarakat. Dengan banyaknya kasus dan menjadi zona merah persebaran kasus Covid-19, Pemerintah kota/kabupaten Tangerang Raya melakukan penerapan PSBB sejak tanggal 18 April 2020 sampai saat ini.

Tentu saja dengan paparan data yang di update oleh Pemerintah Provinsi Banten, infocorona.bantenprov.go.id Kota Tangerang menjadi peringkat teratas dalam jumlah kasus yang mana sebelumnya masih dibawah Tangerang yang selainnya. Zona merah pun tak bisa dipungkiri, berbagai upaya Pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona telah dilakukan. Namun bukan berarti upaya yang telah dilakukan tidak menimbulkan efek pada sektor yang selainnya. Yang paling terasa adalah di sektor ekonomi, dimana Kota Tangerang sendiri menjadi kota industri yang telah memberikan lahan pekerjaan bagi warga nya pun kini banyak pabrik-pabrik dan perusahaan terpaksa melakukan PHK besar-besaran. Selain itu juga tidak sedikit dari warga Tangerang yang juga merupakan perantauan dari berbagai wilayah di Indonesia untuk mencari nafkah di kota industri ini. Namun, efek dari pendemi ini sungguh sangat luar biasa. 

Sejalan dengan misi dari Yayasan Al-Kahfi khususnya cabang Kota Tangerang hadir di tengah masyarakat untuk ikut membantu mereka keluar dari permasalahan ekonomi, moralitas, pendidikan dan lain sebagainya. Dalam situasi yang seperti ini Yayasan Al-Kahfi Cabang Kota Tangerang tergerak untuk support Pemerintah dalam melawan Covid-19. Yayasan yang dikelola oleh para pemuda ini siap dan semangat untuk turut serta dalam menekan persebaran virus corona di Kota Tangerang dengan seoptimal mungkin dan sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Adapun kontribusi yang dilakukan Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang untuk membantu upaya Pemerintah dalam menekan jumlah persebaran virus corona serta mencegah perkembang biakkannya di Kota Tangerang sebagai berikut:

Penyemprotan Disinfektan

Program ini dilakukan dengan tujuan untuk memutus rantai persebaran Covid-19 dengan menjaga fasilitas-fasilitas umum yang bisa di akses oleh banyak orang. Oleh karena itu Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang menjalankan prorgam ini baik di internal (sekretariat) yayasan maupun bekerja sama dengan pihak external yang berada dalam satu wilayah. Dalam program ini yang telah dilakukan dan telah mendapatkan manfaat adalah 3 tempat ibadah (masjid dan musala), 2 sekolah (SMA Negeri), rumah ± 50 adik-adik asuh Yayasan Al-Kahfi, dan lingkungan RT.

Penyemprotan di masjid dan musala dilakukan dengan berkoordinasi bersama RT dan DKM. Total ada 2 musala dan 1 masjid yang merupakan tempat ibadah di sekitar sekretariat yayasan baru dan lama. Di lingkungan sekretariat yang baru, ada 1 masjid dan 1 musala yaitu Masjid Jamik al Falah dan Musala al Fatah. Dalam pelaksanaannya dilakukan secara berkala sejak dimulai di akhir maret hingga menjelang bulan Ramadan setiap seminggu 2 kali. Selama masa penyemprotan ini direspons positif oleh masing-masing DKM, seperti “DKM Musala Al Fatah & jamaah nya sangat berterima kasih atas kepeduliannya pada lingkungan terutama pasilitas umum untuk ibadah”, Bapak Sopian selaku DKM Al Fatah RT 02, Kel. Batusari, Kec. Batuceper Kota Tangerang. Senada dengan DKM al Fatah “Terima kasih atas sumbangsih nya terhadap fasum di wilayah saya. Semoga amal perbuatan temen-temen Yayasan Al-Kahfi mendapatkan ganjaran pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.. aamiin”, Bapak Ahmad selaku Ketua RT 02, Kel. Batusari, Kec. Batuceper Kota Tangerang yang disampaikan melalui pesan singkat Whatsapp. Sedangkan di lingkungan sekretariat yang lama, ada 1 musala yaitu Musala Nurul Hidayah yang merupakan tempat aktivitas ibadah dan mengaji anak asuh Yayasan Al-Kahfi Cabang Kota Tangerang.

Masjid. Penyemprotan disinfektan di Masjid Al Falah, RW 01, Kel. Batusari, Kec. Batuceper

Yayasan Al-Kahfi Cabang Kota Tangerang yang memiliki program pembinaan moral remaja, tak lupa dengan sekolah yang telah menjadi tempat bekerjasama selama bertahun-tahun. Kepedulian terhadap tempat dimana dibimbingnya moralitas, intelegensi serta spiritual tak luput dari program penyemprotan disinfektan. Meskipun aktivitas sekolah dilburkan, namun nyatanya masih ada guru dan karyawan yang menggunakan fasilitas sekolah baik itu untuk menjaga kebersihan dan keamanan sekolah, administrasi sekolah, dan lain-lain.

Pengurus yang ditunjuk sebagai penanggung jawab dalam kerjasama dengan sekolah langsung menghubungi pihak sekolah untuk dilaksanakan penyemprotan di areal sekolah. Sekolah yang merasakan manfaat ini ada 2 yaitu SMA Negeri 6 Kota Tangerang dan SMA Negeri 14 Kota Tangerang. Kehadiran Yayasan Al-Kahfi dengan program penyemprotan disinfektan ini disambut baik oleh masing-masing sekolah. Seperti yang disampaikan oleh Waka Sarana dan Prasarana SMA Negeri 6 Kota Tangerang, Bapak Nana Sutisna S.Pd. dalam terstimoni nya menyampaikan “Terima kasih kepada Yayasan Al-Kahfi yang telah memberikan bantuan dan sumbangannya untuk SMA Negeri 6 Kota Tangerang. Sukses selalu untuk Al-Kahfi, sekali lagi terima kasih atas bantuan dan kepeduliannya terhadap sekolah dalam rangka memerangi virus corona. Semoga virus corona di SMA Negeri 6 Kota Tangerang terbasmi dan mati, sehingga sekolah dan kantinnya tetap sehat”.

Kelas Sekolah. Penyemprotan disinfektan di SMA Negeri 14 Kota Tangerang
Ruang Baca. Penyemprotan disinfektan juga dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Tangerang

Generasi muda adalah aset bangsa, begitupun dengan anak asuh Yayasan Al-Kahfi Cabang Kota Tangerang. Dalam rangka memutus persebaran virus corona Yayasan Al-Kahfi tak lupa untuk melakukan penyemprotan di rumah anak asuh yayasan yang berjumlah kurang lebih 50 rumah. Dalam pelaksanaannya juga dilakukan koordinasi dengan RT setempat yaitu RT-02 dan RT-01 Kel. Karanganyar, Kec. Neglasari Kota Tangerang. Ternyata program sosial ini disambut baik dan pelaksanaannya pun tidak hanya rumah anak asuh melainkan juga rumah-rumah warga di RT 02 dan RT 01. Hal ini juga dilakukan kerjasama dengan para pemuda RT setempat untuk membantu melakukan penyemprotan di wilayah RT 01 dan 02.

Terima kasih sudah disemprot disinfektan di wilayah saya”, kata Bapak Eko Selaku Ketua RT 02 Ke. Karanganyar, Kec, Batuceper. Total kurang lebih ada 250 rumah warga yang merasakan manfaatnya. Selain rumah-rumah warga juga jalan akses kampung serta tempat posyandu tak lupa menjadi obyek semprot yang merupakan tempat umum.

Lorong Kampung. Penyemprotan disinfektan di Rumah adik-adik asuh Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang
Disinfeksi. Penyemprotan disinfektan di Rumah adik-adik asuh Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang
Kampung. Penyemprotan disinfektan di lingkungan warga RT 01, Kel. Karanganyar, Kec. Neglasari

Support Tenaga Medis

Tenaga medisi kini menjadi seorang pahlawan bagi masyarakat, kehadiran dan tenaga mereka sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, kesehatan dan mendapatkan tubuh yang fit serta sehat sangat dibutuhkan. Melihat begitu penting nya peran mereka pada masa pandemi saat ini, maka Yayasan Al-Kahfi cabang Kota Tangerang tergerak untuk memberikan support baik moril maupun materiil dengan seoptimal mungkin. Adapun fasilitas kesehatan yang telah diberikan bantuan sebagai bentuk support terhadap tenaga medis yaitu: 1. Puskesmas Neglasari; 2. Puskesmas Batuceper; 3. Puskesmas Jurumudi Baru.

Adapun bentuk bantuan yang diberikan pada fasilitas kesehatan yang menerima bantuan adalah: 3 Paket parcel buah; 90 susu bear brand; 600 tablet vitamin C; 3 dus masker medis; 6 dus sarung tangan; 90 pcs biskuit sehat.

Imunitas. Paket bantuan support tenaga medis berupa vitamin, sarung tangan, masker, buah dan biskuit sehat
Tim Medis. Penyerahan paket bantuan vitamin, sarung tangan, masker, buah, dan biskuit sehat kepada tenaga medis puskesmas Jurumudi Baru
Tim Medis. Penyerahan paket bantuan vitamin, sarung tangan, masker, buah, dan biskuit sehat kepada tenaga medis puskesmas Neglasari
Tim Medis. Penyerahan paket bantuan vitamin, sarung tangan, masker, buah, dan biskuit sehat kepada tenaga medis puskesmas Batuceper
 Save as PDF

cheap mlb jerseyscheap nfl jerseyscheap mlb jerseyscheap nhl jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseyscheap jerseys