Walikota Kediri: Terima Kasih Al Kahfi

Pengurus Yayasan Al Kahfi bersama Gus Ab di Kantor Yayasan Al Kahfi Kediri Pengurus Yayasan Al Kahfi bersama Gus Ab di Kantor Yayasan Al Kahfi Kediri

Tahun Baru Hijriyah 1434 H disambut Yayasan Al Kahfi untuk menyambung komitmennya dalam meningkatkan masyarakat, melalui pendidikan dan ekonomi.

Komitmen tersebut diwujudkan dalam Pengajian dan Santunan terhadap lebih dari 200 peserta, ahad lalu (2/12). Walikota Kediri dr. H. Samsul Azhar. Sp. PD turut terlibat dalam pengajian yang diadakan di Kantor Yayasan Al Kahfi Kediri di Banaran, Kediri. Bertemakan Peran Pendidikan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak, pengajian ini dipandu oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Kediri, KH. Abu Bakar Abdul Jalil, atau yang biasa dipanggil Gus Ab oleh publik. Hadir pula Ketua Yayasan Al Kahfi Pusat Suwari, SH.

Pembukaan karya adik binaan
Peserta terhibur penampilan adik-adik
Ketua Al Kahfi Suwari, SH

Didapuk membuka acara, Ketua Al Kahfi Pusat Suwari, SH. menyampaikan bahwa pendidikan dan ekonomi adalah dua hal dasar yang harus dibangun untuk mewujudkan Indonesia makmur dan sejahtera. Dua hal tersebut pula yang menjadi komitmen Al Kahfi untuk turut membantu pembangunan pemerintah Republik Indonesia. "Visi Al Kahfi adalah mewujudkan Indonesia sejahtera dengan jalan mengentaskan kemiskinan melalui program-program santunan sosial, dan mencerdaskan bangsa melalui pendidikan non formal seperti ini. Hal ini sejalan dengan Pancasila tentang kesejahteraan dan keadilan sosial," ungkap Suwari. "Program pendidikan dan santunan seperti ini dan program-program sosial lainnya, akan terus dinyalakan Al Kahfi sebagai wujud kecintaan terhadap bangsa dan masyarakat Indonesia agar tidak terjebak dalam dekadensi moral dan ekonomi," jelas Suwari. "Pendidikan dan santunan ekonomi menjadi peran Al Kahfi bagi masyarakat Indonesia," sambungnya.

Gus Ab menyampaikan, peran orang tua sangat krusial dalam pendidikan anak, mengingat zaman sekarang ini dia sebut sebagai zaman edan. Pengaruh internet dan media sosial dengan sangat cepat mengubah kebiasaan moral dan agama. Lingkungan kadang tidak cukup menolong perkembangan mereka. Orang tua perlu mengarahkan anak ke lingkungan yang benar. “Al Kahfi itu seperti Wali Songo. Keagamaan juga kesejahteraan,” sambung Gus Ab. Al Kahfi tidak hanya memberikan agama, tetapi juga kesejahteraan ekonomi maupun pendidikan bagi siapapun, anak ataupun orang tua, kata Gus Ab yang juga Ketua MUI Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

Sambutan kedatangan Walikota Kediri
Sambutan Ketua Yayasan Al Kahfi
Sambutan Walikota dr. H. Samsul Azhar, Sp. PD

Senada dengan Gus Ab, Walikota Kediri dr. H. Samsul Azhar, Sp. Pd menyampaikan pentingnya pendidikan. “Pendidikan adalah gerbang menuju kemakmuran,” kata beliau. “Bahkan ayat pertama dalam Al Quran menyampaikan tentang pentingnya membaca,” lanjutnya. Walikota yang akrab disapa Pak Dokter tersebut mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Al Kahfi yang sudah berdedikasi dalam pendidikan dan penyantunan di Kota Kediri. Kehadiran Al Kahfi di Kota Kediri menurutnya berkah bagi pembangunan Kota Kediri, serta program-program pemerintah khususnya dalam bidang pendidikan dan sosial.

Hadir pula dalam acara tersebut Ketua Al Kahfi Suwari SH, dan perangkat warga. Ketua Al Kahfi Kediri, Andik Cahyono mengungkapkan sangat senang acara berjalan lancar dan mendapat dukungan dari masyarakat Kediri termasuk Walikota. Andik mengungkapkan, pendidikan anak harus didukung oleh orang tua. Karena itu Al Kahfi memunculkan program baru yaitu tausiyah bagi para orang tua yang akan diadakan setiap bulan, dengan pengajian ini sebagai permulaannya. Andik melanjutkan, harapannya, Al Kahfi bersama para orang tua dan masyarakat Kediri bersama-sama menyiapkan generasi yang baik bagi bangsa dan masyarakat.

Tausiyah Khas Gus Ab Al Kahfi berbagi sembako
Pengurus bersama Walikota dan Gus Ab

Dalam acara tersebut, tampil bakat-bakat cilik anak binaan Al Kahfi Kediri dalam seni menyanyi, puisi dan mengaji. Mereka seakan menunjukkan bahwa bimbingan kita orang tua, akan menjadikan bakat mereka menjadi semakin nyata. Al Kahfi juga berbagi sembako dengan masyarakat. Tak hanya itu, acara ini juga menjadi ajang pemberian hadiah bagi siswa-siswa binaan Al Kahfi yang berprestasi dalam akademik dan non akademik. Semua ini memberi pesan bagi kita semua untuk memperhatikan perkembangan anak. Anak adalah investasi masa depan, masa depan dunia dan akhirat.

Last modified onFriday, 07 December 2012 01:05
Rate this item
(20 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel