ESA Training Hadir di Klaten

Pengurus Yayasan Al Kahfi Klaten bersama Pembina dan Wakil SMK 1 Klaten di Kantor Yayasan Al Kahfi Klaten Pengurus Yayasan Al Kahfi Klaten bersama Pembina dan Wakil SMK 1 Klaten di Kantor Yayasan Al Kahfi Klaten

Mengiringi ESA di Surakarta yang juga diikuti pelajar dari kota dan kabupaten lain di sekitarnya, Klaten mengadakan ESA pada 13 dan 14 Desember 2012.

“ESA ini merespon antusiasme masyarakat Klaten terhadap ESA di Surakarta, selain juga banyak pihak yang mendorong ESA segera dilakukan secara mandiri di Klaten,” dijelaskan Bapak Zainal Arif, Ketua Yayasan Al Kahfi Klaten. ESA Edisi Klaten ini diselenggarakan dengan kerjasama SMK Negeri 1 Klaten, dan dihadiri 186 siswa dari 9 sekolah di Klaten. Antusiasme yang sangat luar biasa mengingat target acara ini tak lebih 100 peserta. Sekolah-sekolah yang hadir antara lain SMAN 1 Klaten, SMAN 2 Klaten, SMAN 3 Klaten, SMKN 2 Klaten, SMKN 3 Klaten, SMK Muhammadiyah 1, SMK Muhammadiyah 2, Man Klaten dan Man Karanganom, selain tentu saja tuan rumah SMKN 1 Klaten.

Pembina Agama Suryawan, S.Pd.I
Pemuka drs. H Subiyanto
Wakasek Kesiswaan, drs. Agus Sunarto, MPd

Hal ini sangat disyukuri oleh drs. H Subiyanto, selaku tokoh masyarakat Klaten yang merupakan pengurus Ikatan Jamaah Haji Klaten. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Di tengah minimnya kegiatan kajian keislaman untuk remaja, SMKN 1 dan Yayasan Al Kahfi mengadakan kegiatan yang saya harapkan tidak berhenti kali ini saja. Namun berkelanjutan setelahnya,” tuturnya.

Acara yang mengambil waktu jeda pasca ujian tersebut, dibuka oleh pembina agama Suryawan, S.Pd.I dan Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan, drs. Agus Sunarto, MPd. Bapak Agus menyampaikan kegiatan semacam ini sangat bagus, selain mampu memberikan back up terhadap kejiwaan para pelajar yang akhir-akhir ini sering diberitakan tawuran, juga membekali spiritual dan pengendalian emosional. “Setidaknya, hal-hal negatif pada remaja bisa diredam,” pungkasnya. Sedangkan Wakil Kepala Sekolah Suryawan menekankan bahwa kegiatan ini harus berkelanjutan dan mengalir ke sekolah-sekolah lain di Klaten.

Pendaftaran peserta ESA
Forum ESA
Antusiasme remaja Klaten

Ketua Yayasan Al Kahfi Cabang Klaten Zaenal Arief menuturkan kegiatan ini telah diselenggarakan beberapa kali di Klaten. Namun baru pertama kali ini ESA diselenggarakan secara besar. Zaenal melanjutkan animo remaja Klaten yang haus akan wawasan keilmuan keagamaan dan spiritual sangat tinggi. “Berkali-kali para remaja Klaten yang pernah mengikuti kegiatan ini di Universitas Muhammadiyah Surakarta, mendorong kegiatan ini diadakan sehingga remaja Klaten lain bisa mendapatkan ilmu yang sama,” lanjutnya. Hal inilah yang mendorong dirinya beserta anak-anak muda Klaten lain mengadakan ESA se-Klaten. Zaenal sangat berterima kasih atas dukungan SMKN 1 Klaten dalam acara ini. “Jangan sampai remaja di Kabupaten Klaten terjerumus kepada tindakan negatif seperti tawuran dan terorisme,” tutup Zaenal.

Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi, bahwa banyak sekali generasi emas di Indonesia yang perlu diarahkan ke dalam pendidikan sosial yang baik sehingga tidak terjebak dalam pengaruh-pengaruh negatif yang tidak bertanggung jawab.

Last modified onThursday, 20 December 2012 13:18
Rate this item
(5 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel