Al Kahfi Cirebon, 4 Tahun Mengawal Generasi Muda Produktif dan Bertanggung Jawab

Pengurus Al Kahfi dan Ketua MUI Cirebon Drs. K.H. Sholihin Uzer dalam Peresmian Sekretariat Baru Yayasan Al Kahfi Cirebon Pengurus Al Kahfi dan Ketua MUI Cirebon Drs. K.H. Sholihin Uzer dalam Peresmian Sekretariat Baru Yayasan Al Kahfi Cirebon

Manusia mempunyai sifat seperti tanah yakni jujur dan dermawan. Jujur berarti menyampaikan realitas sesungguhnya akan mendorong pribadi yang amanah dan kerja keras. Sedangkan dermawan adalah bermanfaat untuk orang lain dan lingkungan.

Demikian ikhtisar yang disampaikan oleh ketua MUI Kota Cirebon, Drs. K.H Sholihin Uzer dalam acara launching sekretariat baru Yayasan Al Kahfi Kota Cirebon pada 10 Maret 2013, di Galunggung Permai Cirebon. Tema yang diangkat dalam acara tersebut yaitu ‘Merajut Cita Merangkai Asa Anak Bangsa’. Saat ini banyak terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh anak-anak remaja, akibat pengaruh negatif modernisasi. Yayasan Al Kahfi hadir untuk membentuk moral anak bangsa agar mereka tidak mudah terbawa arus modernisasi, tetapi dapat merespon dengan adaptif, selektif dan produktif. “Saat ini pengaruh negatif arus modernisasi sangat besar terhadap pembentukan moral anak, tidak pandang usia atau latar belakang, semuanya mengikuti pengaruh tersebut karena tersedia di internet, televisi dan media-media lainnya,” jelas Uzer. “Sementara itu, orang tua tidak bisa mengawasi anaknya selama berada diluar rumah. Tetapi dengan adanya Al Kahfi para orang tua bisa memberi kepercayaan agar putra putrinya bisa mengikuti pembelajaran disini,” lanjutnya.

Sholihin Uzer sangat mendukung dan mengapresiasi program Al Kahfi yang diorientasikan membenahi masyarakat, khususnya permasalahan moral dan pendidikan. Dalam permasalahan moral bukanlah permasalahan yang mudah namun semua itu butuh proses dan keseriusan yang tak pernah luntur dalam menangani permasalahan bersama ini. Sebab bagaimanapun juga kelak remaja dan anak-anak ini yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Dalam tausiyahnya Uzer mencontohkan bahwa tanah itu jujur dan dermawan sebagaimana sebuah pohon. Jujur karena jika kita menanam pohon mangga maka akan tumbuh pohon mangga. Maka tanamlah kebaikan dan budi pekerti pada generasi remaja sekarang maka kelak akan menjadi pribadi yang berkualitas. Mangga yang dermawan, satu pohon mangga akan menghasilkan banyak buah, banyak daun yang akan memberikan manfaat dan kemashalatan. Sama dengan manusia yang harus menjadi pribadi yang bermanfaat bagi lingkungan, baik pemikiran, prilaku dan juga material.

Rini Sugiarti, selaku Ketua Yayasan Al Kahfi Kota Cirebon menandaskan bahwa Cirebon merupakan tempat untuk berkarya dan berdedikasi. Rini mengajak segenap pengurus dan generasi muda dan semua kalangan untuk bersama mendukung pembangunan generasi muda Islam yang berkarya dan bermoral. Rini juga menyampaikan terima kasih pada masyarakat, para pendidik, aparat pemerintah dan semua kalangan yang terus mendukung perjalanan 4 tahun Al Kahfi di kota Cirebon, sehingga program-program pembinaan moral dan penyantunan sosial dapat berjalan dengan baik. “Semoga siswa binaan ini kelak akan menjadi pribadi-pribadi yang jujur dan dermawan sehingga mampu membangun dan bermanfaat di masyarakat, dan dapat memberi bukan hanya sekedar menerima baik bantuan maupun ilmu pengetahuan,” pungkas Rini.

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 100 undangan, terdiri dari orang tua siswa binaan, warga sekitar dan siswa binaan, serta perangkat setempat. Penampilan siswa binaan Al Kahfi menyemarakkan acara pembukaan sekretariat baru tersebut, dari qiroah dan saritilawah dan musikalisasi puisi. Acara puncak peresmian dilaukan oleh perwakilan kelurahan dan dilanjutkan ‘Al Kahfi berbagi’. Program ini memberikan santunan beasiswa untuk yatim, piatu dan dhuafa, serta pembagian sembako untuk warga jompo sekitar. Memberi sesuatu pada masyarakat itu tidak harus menunggu sesuatu yang besar. Semua bisa dimulai dari dari hal kecil, karena tidak akan tercipta hal besar jika tidak dimulai dari yang kecil. Semoga pesan dari Al Kahfi di kota gemah ripah loh jinawi ini menginspirasi perubahan di berbagai tempat di Indonesia.

Last modified onTuesday, 31 January 2017 17:29
Rate this item
(3 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel