Yayasan Al-Kahfi Cab Surakarta Mengadakan Pengobatan Gratis Dan Pembagian Sembako

KEGIATAN RUTIN: Yayasan Al Kahfi Surakarta Menambah Cakupan Warga Dalam Bakti Sosial Tahun 2013 KEGIATAN RUTIN: Yayasan Al Kahfi Surakarta Menambah Cakupan Warga Dalam Bakti Sosial Tahun 2013

Minggu (05/05/13), suasana ramai terlihat di halaman SD Tegalharjo 1 Jebres, Surakarta.

Tampak banyak warga Jebres berkumpul di tempat tersebut untuk mengikuti acara Pengobatan Gratis dan Bakti Sosial yang diadakan oleh Yayasan Al-Kahfi cabang Surakarta. Kegiatan yang juga bekerja sama dengan Mahasiswa VAGUS Fakultas Kedokteran UNS ini juga dihadiri oleh Lurah Tegalharjo dan Camat Kecamatan Jebres. Kegiatan semacam ini merupakan program rutin dari Yayasan Al-Kahfi cabang Surakarta sebagai bentuk partisipasi dan kontribusi aktif dalam memberikan manfaat bagi masyarakat.

Dalam acara yang bertema “Kampung Lansia Sehat” ini, Yayasan AL-Kahfi telah mendatangkan tim medis yang bertugas secara penuh untuk membantu warga mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Acara ini mendapat sambutan hangat dari warga sekitar. Lebih dari 200 warga lansia terlihat antusias dalam mengikuti pengobatan gratis ini. Warga yang hadir tidak hanya mendapatkan bantuan berupa sembako sehari-hari tetapi juga bisa mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan secara gratis. Ada beberapa fasilitas layanan kesehatan yang sudah disiapkan oleh panitia bagi warga yang berkunjung yaitu meliputi: fasilitas cek gula darah, cek kadar kolesterol, cek tingkat asam urat, dan penyakit lansia lainnya.

Pemeriksaan Umum dan Pengobatan Gratis
Pembagian Sembako Bagi Masyarakat Lansia

Acara ini memang diprioritaskan bagi warga lansia di daerah Jebres. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah warga yang termasuk lansia di Kecamatan Jebres cukup banyak dan mengingat lansia adalah usia yang relatif rentan dalam hal kesehatan. Di sisi lain perhatian akan kesehatan para lansia ini juga relatif kurang diprioritaskan. Padahal dengan penangan dan fasilitas yang menunjang, beberapa permasalahan kesehatan lansia dapat diselesaikan. Acara ini diwujudkan juga sebagai bentuk partisipasi Yayasan AL-Kahfi Surakarta dalam memperingati hari Lansia Nasional yang akan jatuh tanggal 29 Mei nanti.

“Acara bakti sosial seperti ini sering kami adakan setiap tahunnya bagi masyarakat. Namun untuk kali ini agak sedikit berbeda, dimana dalam bakti sosial kali ini kami tambahkan pengecekan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga Jebres”, tutur Rokhmad Bagus Prasetyo sebagai Ketua Yayasan Al Kahfi cab. Surakarta pada saat acara. Beliau berharap acara seperti ini bisa dirasakan oleh masyarakat daerah lain di Surakarta kedepannya.

Kerjasama dengan Fakultas Kedokteran UNS Seorang Nenek Dibantu Panitia Menuju Tempat Berobat

Dalam penjelasannya, Rokhmad Bagus yang juga merupakan Ketua Yayasan Al Kahfi cab. Surakarta menjelaskan bahwa semangat yang dibawa oleh Al-Kahfi adalah memberikan kontribusi dan manfaat bagi masayarakat. Semangat ini diwujudkan dalam bentuk program-program rutin dan insidentil yang membantu kehidupan masayarakat tahap demi tahap, seperti: bantuan pendidikan, santuan, pembinaan pendidikan, PHBI, Bakti sosial dan program-program kemasyarakatan yang lainnya.

Di lain kesempatan, Lurah Tegalharjo memberikan apresiasi positif kepada Yayasan Al-Kahfi cabang Surakarta sebagai pemrakarsa kegiatan ini. Dalam sambutan yang disampaikan di awal acara beliau berterima kasih kepada Al-Kahfi karena telah membantu masyarakat khususnya lansia dengan mengadakan acara bakti sosial & pengobatan gratis semacam ini. Beluai berharap acara yang bermanfaat bagi masyarakat ini bisa diadakan lagi kedepannya.

Warga Menanti Pengobatan Gratis
Panitia Bakti Sosial Yayasan Al Kahfi Surakarta

Tidak hanya itu, Camat kecamatan Jebres, Sri Wirasti juga menyempatkan diri untuk hadir disela waktunya saat sidak PNS di wilayah Tegalharjo. Dalam sambutan singkatnya beliau menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada Yayasan Al Kahfi dan penyelenggara acara serta menyampaikan dukungannya terhadap acara seperti ini. Semoga acara semacam ini dapat terus diadakan.

Last modified onFriday, 14 June 2013 08:48
Rate this item
(4 votes)
  • sulistyo utomo

    Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
    Sebelumnya saya minta maaf,saya mau tanya apakah Yayasan Al-Kahfi Cab Surakarta dalam menggalang dana ada orang/petugas yang datang dari rumah ke rumah(door to door)?Terima Kasih.
    Wassalam

    posted by sulistyo utomo Monday, 05 August 2013 03:43 Comment Link

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel