Yayasan Al-Kahfi Cabang Cirebon, Bentengi Generasi Muda dengan Seminar Anti Radikalisme

Maraknya fenomena gerakan radikal yang sangat dekat dengan dunia remaja, mendorong Yayasan Al-Kahfi Cabang Cirebon untuk turut serta mengantisipasinya. Keikutsertaan tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan bertajuk “Seminar Anti Radikalisme (Wujudkan Generasi Muda Bebas Radikalisme)”. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ketua Yayasan Al-Kahfi Cabang Cirebon, Alifa, “Hal ini kita ketahui bersama ya bahwasanya radikalisme semakin ke sini semakin marak dan ini sasarannya remaja. Nah, kenapa remaja? Karena remaja tahapnya mencari jati diri, kemudian ditawari gagasan yang menggelorakan jiwa mudanya. Sehingga mudah sekali remaja itu terkena. Maka dari itu, remaja yang masih labil ini harus kita beri bekal yang baik. Maka, pada momen inilah kami memberikan bekal itu”.

Bertempat di Studio Kaliandra Graha Pena Radar Cirebon, acara diselenggarakan pada Senin, 19 Desember 2016. Peserta seminar itu sendiri terhitung mencapai kurang lebih 200 orang yang terdiri dari siswa-siswi dari SMA Negeri, SMK Negeri, SMA/SMK Swasta dan juga Madrasah Aliyah, sebut saja misalnya dari SMAN 7, 8 dan 9. Tidak hanya diikuti oleh pelajar SMU/SMK Negeri dan Swasta, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh bapak/ibu guru pendamping dari masing-masing sekolah.

2. Liputan Seminar Anti Radikalisme Cirebon 3. Liputan Seminar Anti Radikalisme Cirebon

Untuk pembicara, Yayasan Al-Kahfi Cabang Cirebon mempercayakan kepada Ketua MUI Kota Cirebon, Drs. K.H. Sholihin Uzer dan juga Ketua Yayasan Al-Kahfi Pusat, Suwari, S.H., M.Kom.I.

Acara yang didukung oleh Dinas Pendidikan, MUI, dan Kementerian Agama Kota Cirebon tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari Dinas Pendidikan Kota Cirebon, pemaparan dan tanya jawab materi, Kuis Kebangsaan, serta lagu-lagu dari Al-Kahfinita (grup musik milik Yayasan Al-Kahfi).

4. Liputan Seminar Anti Radikalisme Cirebon 5. Liputan Seminar Anti Radikalisme Cirebon

6. Liputan Seminar Anti Radikalisme Cirebon

7. Liputan Seminar Anti Radikalisme Cirebon

8. Liputan Seminar Anti Radikalisme Cirebon

Kegiatan yang diselenggarakan mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB tersebut menarik minat peserta meskipun memiliki susunan acara yang padat. Hal ini seperti yang tampak terlihat dari respon audiens yang begitu antusias menyimak sesi demi sesi acara, dimana tidak terlihat peserta yang mengantuk ataupun bosan. Pihak panitia penyelenggara sendiri dalam sesi wawancara mengakui bahwa memang acara pada pagi hari itu sengaja didesain lain dari biasanya. Tujuannya tidak lain agar peserta bisa optimal menangkap pesan-pesan yang disampaikan oleh para narasumber.

“Ini sebuah pengenalan pencegahan anti radikalisme, dikonsep dengan semi entertain yang tidak membosankan. Jadi, kalau seminar saja itu mungkin anak SMA bosan ya. Maka dari itu untuk acara ini kita kemas dengan semi entertain, agar timbul antusiasme. Membawakan pesan-pesannya sendiri lewat lagu, pertanyaan-pertanyaan kuis kebangsaan, itu yang membuat menarik acara ini. Ditambah lagi penyampaian materi narasumber yang dibawakan secara fresh”, jelas Alifa.

10. Liputan Seminar Anti Radikalisme Cirebon 9. Liputan Seminar Anti Radikalisme Cirebon

11. Liputan Seminar Anti Radikalisme Cirebon

Di samping mendapatkan sambutan hangat dari peserta, seminar anti radikalisme tersebut juga mendapatkan respon yang baik dari beberapa pihak. Salah satu contohnya adalah dari Ketua MUI Kota Cirebon yang menyampaikan kesan, himbauan dan harapannya setelah diadakannya seminar anti radikalisme tersebut.

“Siswa itu memiliki wawasan tentang radikalisme, sehingga nanti kalau ada bujukan, ajakan, mereka bisa langsung menolak, dengan pengertian yang benar tentang Islam dan radikalisme”, jelas K.H. Sholihin Uzer.

“Belajar agama Islam dengan baik, benar, sungguh-sungguh, jangan sampai sepotong-sepotong, nanti keliru.” Mudah-mudahan Cirebon khususnya dan Indonesia umumnya akan terhindar daripada kegiatan-kegiatan yang bersifat radikal, keinginan-keinginan yang memaksa pada radikalisme”, tambahnya.

12. Liputan Seminar Anti Radikalisme Cirebon

13. Liputan Seminar Anti Radikalisme Cirebon

14. Liputan Seminar Anti Radikalisme Cirebon

Last modified onTuesday, 24 January 2017 07:51
Rate this item
(5 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel