Pengajian Akbar dan Pasar Murah Yayasan Al-Kahfi Cabang Klaten

Panitia pengajian Yayasan al-Kahfi Cabang Klaten berfoto bersama dengan tokoh masyarakat dan perwakilan warga penerima paket sembako pasar murah. Panitia pengajian Yayasan al-Kahfi Cabang Klaten berfoto bersama dengan tokoh masyarakat dan perwakilan warga penerima paket sembako pasar murah.

Minggu, 24 Desember 2017, merupakan hari yang luar biasa bagi Yayasan Al-Kahfi Cabang Klaten. Adanya dukungan dari masyarakat Bareng, Klaten Tengah, Klaten dan para Dermawan, telah mendukung kelancaran kegiatan Pengajian Akbar dan Pasar Murah di aula Masjid Raya Kabupaten Klaten. Kegiatan ini diadakan dalam rangka mengajak masyarakat Klaten untuk bersama-sama membangun masyarakat yang lebih sejahtera.

Berangkat dari semangat tersebut, Pengajian Akbar yang diadakan pihak Yayasan Al-Kahfi Cabang Klaten mengangkat tema: ”Bersama Al-Kahfi Membangun Masyarakat yang Sejahtera”, dimana memiliki makna yakni mengajak masyarakat Klaten untuk senantiasa membantu masyarakat yang kurang mampu. Seusai pengajian akbar, kegiatan ditutup dengan kegiatan pasar murah berupa paket sembako murah kepada masyarakat dengan tingkat ekonomi yang rendah. Hal ini sebagai wujud keikutsertaan Yayasan Al-Kahfi Cabang Klaten dalam membangun masyarakat yang lebih sejahtera.

Sebanyak 250 paket sembako murah disediakan oleh pihak Yayasan Al-Kahfi Cabang Klaten untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat yang membutuhkan. Setiap paketnya terdiri dari: 2,5 kg beras, 1 liter minyak goreng, dan 0,5 kg gula pasir, yang jika ditotal senilai Rp 43.000, (sesuai harga pasar umumnya). Pada kegiatan pasar murah ini, Yayasan Al- Kahfi Cabang Klaten hanya menjual kepada warga dengan harga yang relatif sangat murah yaitu Rp. 20.000,-. Selain itu pihak Yayasan Al-Kahfi Cabang Klaten juga memberikan 100 paket minyak 1 liter kepada masyarakat usai pengajian akbar di aula Masjid Raya Kabupaten Klaten secara gratis.

Kegiatan Pengajian Akbar dan Pasar Murah ini diikuti oleh kurang lebih 400 warga Bareng, Klaten Tengah, Klaten dan sekitarnya. Masyarakat sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut, sampai-sampai mereka datang 30 menit lebih awal sebelum acara dimulai.

klaten2
Ibu-ibu jamaah pengajian dari berbagai tingkat usia antusias melakukan pendaftaran sebelum kegiatan Pengajian Akbar dan Pasar Murah dimulai.
klaten3
Bapak-bapak jamaah pengajian dari berbagai tingkat usia antusias melakukan pendaftaran sebelum kegiatan Pengajian Akbar dan Pasar Murah dimulai.

Hal yang membuat kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar mulai dari persiapan hingga selesai, dikarenakan bentuk kerjasama dari para relawan Yayasan Al-Kahfi Cabang Klaten yang terdiri dari siswa-siswi binaan dari SMA/SMK kabupaten Klaten. Melalui kegiatan ini siswa-siswi binaan diharapkan dapat belajar akan makna kepedulian terhadap sesama serta kerjasama dalam rangka membangun masyarakat yang lebih sejahtera.

Pengajian Akbar dan Pasar Murah dimulai dengan pembukaan oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Tilawatil Qur’an. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia yang mengatakan, ”Kegiatan Pengajian Akbar dan Pasar Murah ini, semoga memberikan kita semua tambahan ilmu pengetahuan tentang Agama Islam yang lebih mengajarkan tentang kebersamaaan dan bentuk keikutsertaan Yayasan Al-Kahfi Cabang Klaten untuk membangun masyarakat yang lebih sejahtera."

Kegiatan Pengajian Akbar dan Pasar Murah dihadiri langsung oleh Bapak Drs. H. Subiyanto selaku Wakil Ketua II MUI Kabupaten Klaten sekaligus menjadi pengisi dalam kegiatan Pengajian Akbar tersebut. Dalam tausiyah-nya beliau berpesan kepada jamaah, ”Bahwa Islam itu adalah agama kebersamaan yang dibentuk dari persaudaraan dan kebersamaan.” Selain itu beliau juga menyampaikan untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada kita selaku umat manusia.

klaten4
Bapak Drs. H. Subiyanto, Wakil Ketua II MUI Kabupaten Klaten memberikan tausiyah kepada jammah pengajian akbar.

Selain Bapak Drs. H. Subiyanto, kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Aiptu Supriyanto selaku Babinkamtibmas Kelurahan Bareng, Kabupaten Klaten dan Bapak Solikin selaku perwakilan dari Babinsa Keluranan Bareng, Kabupaten Klaten. Pada kesempatan tersebut Bapak Aiptu juga memberikan sambutan pada pembukaan acara. Dalam sambutanya beliau berpesan, “Untuk remaja kabupaten Klaten seharusnya dapat melakukan kegiatan yang positif seperti yang telah dilakukan oleh para remaja dari Yayasan Al-Kahfi, bukan melakukan kegiatan yang negatif seperti minum-minuman keras atau menggunakan narkoba.”

klaten5
Bapak Aiptu Supriyanto selaku Babinkamtibmas Kelurahan Bareng memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Pengajian Akbar dan Pasar Murah.
klaten6 klaten7
klaten8 klaten9
Warga antusias mengantri pada tiap sudut stand penukaran paket sembako Pasar Murah.

Hampir kurang lebih 3 jam kegiatan pengajian Akbar dan Pasar Murah Yayasan Al-Kahfi Cabang Klaten berlangsung lancar. Alhamdulillah, segala puji syukur pada Allah SWT atas suksesnya acara ini. Tidak lupa kami juga berterima kasih pada para relawan Yayasan Al-kahfi Cabang Klaten, seluruh dermawan dan masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut. Akhirnya, semoga kegiatan ini bisa menjadikan jembatan yang bisa membangun kepedulian antara masyarakat mampu dengan yang kurang, serta para remaja dapat memiliki tanggungjawab sosial, sehingga menjadi para penerus bangsa yang peduli terhadap kondisi masyarakat di sekitarnya. Untuk itu melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi cerminan sebagaimana yang diajarkan dalam Islam agar manusia dapat bekerja sama dalam membantu antar sesama.

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel